DARI BERKAH KE PENDISIPLINAN DIRI: SIGNIFIKANSI MONDOK DALAM PERSPEKTIF INTERAKSIONISME SIMBOLIK

Yusnidha Azzahra Nurul Izza, Achmad Uzair Fauzan

Abstract


Dewasa ini muncul pengarusutamaan pesantren, termasuk dalam bentuk akomodasi dan endorsement Pemerintah untuk memperkuat integrasi pesantren dalam pendidikan nasional. Sebagai bagian dari kebijakan akomodasi ini, penerima beasiswa bidikmisi UIN Sunan Kalijaga diwajibkan untuk mondok di salah satu pesantren mitra Universitas. Salah satu pesantren mitra tersebut adalah Nawesea, yaitu pondok pesantren mahasiswa yang fokus pada pengembangan bahasa asing, peningkatan akademik, dan peningkatan spiritualitas. Penelitian ini bertujuan utuk mengetahui bagaimana persepsi mahasiswi alumni Nawesea tentang pengalaman mondok mereka dan faktor-faktor yang mempengaruhi adanya persepsi tersebut. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara dan pengumpulan dokumen yang sudah ada berupa buku atau penelitian yang terkait dengan penelitian ini. Dengan menggunakan teori Interaksionisme Simbolik dari Herbert Blumer, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswi alumni Nawesea memaknai mondok sebagai pengalaman yang positif namun dengan beragam penjelasan dari sudut pandang subjektif mereka. Dengan merunut pengalaman subyektif mereka, pemaknaan positif tentang mondok ini tumbuh bukan karena adanya kewajiban beasiswa atau tekanan dari struktur, melainkan karena praktik dan interaksi sosial individu santri dengan lingkungan dan sesama santri. Hasil penelitian ini sesuai dengan teori Interaksionisme Simbolik yang menyatakan bahwa fenomena (dalam hal ini pengalaman mondok) memiliki signifikansi positif karena proses reflektif masing-masing individu sebagai hasil dari pemaknaan subjektif mereka terhadap interaksi sosial di sekitarnya.


Keywords


Pengalaman Mondok; Pesantren Nawesea; Pemaknaan Subjektif; Tindakan Reflektif; Interaksionisme Simbolik.

Full Text:

PDF

References


Abdi, Y. H., Rizkiana, A., & Panuju, P. (2021). Pengalaman Spiritual Mahasantri Pondok Pesantren Mahasiswa Ponorogo. Jurnal Mahasiswa TARBAWI: Journal on Islamic Edcation, 5(1).

Abidin, Z., & Satrianingsih, A. (2020). Fikih Berkah (Memahami Hakikat Berkah untuk Meraih Keberkahan Hidup) (I). Alauddin University Press.

Arifin, A. Z. (2015). Menularkan Karisma: Membaca Kembali Weber Melalui Pemimpin Islam Tradisional di Jawa Modern. Jurnal Sosiologi Reflektif, 9(2).

Carter, M. J., & Fuller, C. (2015). Symbolic Interactionism. Sociopedia.Isa. https://doi.org/10.1177/205684601561

Démuth, A. (2013). Perception Theories. Edícia Kognitívne Stúdia.

Djakfar, F. A. (2022). Pemaknaan Barakah Bagi Para Santri Kabulâ di Pesantren Bangkalan. ICoIS: International Conference on Islamic Studies, 1(1).

Fahham, A. M. (2020). Pendidikan Pesantren Pola Pengasuhan, Pembentukkan Karakter, dan Perlindungan Anak (3 ed.). Publika Institute Jakarta. https://repository.ptiq.ac.id/id/eprint/676/1/Pendidikan%20Pesantren%20%5BSusanto%5D.pdf

Fauzi, A. (2017). Persepsi Barakah di Pondok Pesantren Zainul Hasan Genggong Perspektif Interaksionalisme Simbolik. Al-Tahrir, 17(1).

Furqan, A. (2015). Konsep Pendidikan Islam Pondok Pesantren dan Upaya Pembenahannya. UNP Press Padang. http://repository.unp.ac.id/24576/1/Buku%20Pesantren%20full%20OK%202.pdf

Hasa, H. (2021). What is the Difference Between Symbolic Interactionism and Social Constructionism. https://pediaa.com/what-is-the-difference-between-symbolic-interactionism-and-social-constructionism/#google_vignette

Hidayatulloh, I., Putri, R., Naotrue, T., & Riswanda, R. (2018). Persepsi Perkawinan Usia Dini dan Pemberdayaan Gender (Studi Kasus Desa Pancawati Kecamatan Caringin Kabupaten Bogor). Sosioglobal : Jurnal Pemikiran dan Penelitian Sosiologi, 3(1).

Isbah, M. Falikul, & Sakhiyya, Zulfa. (2023). Pesantren in Contemporary Indonesia: Negotiating Between Equity and the Market. Education in Indonesia: Critical Perspectives on Equity and Social Justice. Zulfa Sakhiyya and Teguh Wijaya Mulya (Eds.). Springer.

Kemenag RI. (2023). Tingkat Populasi Pondok Pesntren. PD-PONTREN. https://emispendis.kemenag.go.id/pdpontrenv2/Statistik/Pp

Khoja-Moolji, S. (2014). Constructionist and Poststructuralist Theories. The Social History of the American Family. Ganong L., Coleman M., & Golson, G. Sage.

Kusnadi, A. (2022). Strategi Pengurus Pondok Pesantren dalam Membina Karakter Disiplin Santri di Pondok Pesantren Hidayatul Ikhwan Tenjo Bogor [Skripsi]. Sekolah Tinggi Agama Islam Nida El-Adabi.

Latifah, L. (2018). Internalisasi Nilai-Nilai Etika di Pondok Pesantren Daarun Najaah Jrakah Kec. Tugu Semarang [Skripsi]. Universitas Islam Negeri Walisongo.

Munir, A. (2019, Oktober). Hasil Seleksi Penerima Beasiswa Program Bidikmisi PTKIN UIN Sunan Kaliaga Yogyakarta Tahun 2019 [Pengumuman]. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga.

Nickerson, C. (2023, Februari 26). Agen Sosialisasi Pertama: Keluarga. https://simplysociology.com/first-agent-of-socialization.html

Permatasari, I., & Hudaidah. (2021). Proses Islamisasi dan Penyebaran Islam di Nusantara. Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan dan Inovator Pendidikan, 8(1), 1–9. https://doi.org/10.29408/jhm.v8i1.3406

Ritzer, G., & Stepnisky, J. (2019). Teori Sosiologi (10 ed.). Pustaka Pelajar.

Robbins, S. P. (2003). Perilaku Organisasi (Jilid I). Edisi Alih Bahasa (1 ed.).

Rouf, A. A. A. (2022). Orientalis Plus di Pondok Pesantren Nawesea Yogyakarta (Studi Literatur Pemikiran Prof. Yudian Wahyudi). Jurnal Education and Development Institut Pendidikan Tapanuli Selatan, 10(2), 305–307.

World Population Review. (2024). Muslim Population by Country 2024. https://worldpopulationreview.com/country-rankings/muslim-population-by-country

Yuniar, Y. B. (2023). Pendidikan Pesantren dalam Membentuk Karakter Disiplin dan Mandiri Santri Putri di Pondok Pesantren Habibulloh Banyuwangi [Skripsi]. UIN Kiai Haji Achmad Siddiq.




DOI: https://doi.org/10.34001/tarbawi.v21i1.6582

Article Metrics

Abstract view : 16 times
PDF - 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View Tarbawi Stats

INDEX BY:

                                                            Â