ORIENTASI FREKUENSI MEMBACA AL-QUR?AN DAN MOTIVASI GURU TERHADAP HASIL BELAJAR AL-QUR?AN HADIS SISWA MA SULTAN HADLIRIN

Achmad Slamet

Abstract


Frekuensi membaca al-Qur?an merupakan sarana yang sangat penting untuk mengetahui suatu ilmu, baik ilmu agama maupun ilmu pengetahuan umum. Seorang siswa harus memiliki keterampilan membaca, untuk dapat menemukan prestasi yang hendak dicapai dan untuk mencapai tujuan tersebut, perlu mendapat motivasi dari orang tua dan guru agar dapat berhasil dalam belajar dan mengembangkan ilmu pengetahuan.

Penelitian ini bertujuan untuk menguraikan dan menjelaskan pengaruh dari frekuensi membaca al-Qur?an, dan motivasi yang diberikan guru kepada murid terhadap keberhasilan belajar siswa pada mata pelajaran al-Qur?an Hadist Siswa MA (Madrasah Aliyah) Sultan Hadlirin, Mantingan, Jepara. Dalam penelitian ini, terdiri dari dua buah variabel bebas yaitu frekuensi membaca al-Qur?an dan motivasi guru, dengan sebuah variabel terikat yaitu hasil belajar al-Qur?an Hadits.

Jenis penelitian ini adalah deskriptif korelasional dengan teknis analisis menggunakan analisis regresi berganda. Populasi penelitiannya diambil sampel sejumlah 46 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan Random Sampling, instrumen penelitian menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Uji hipotesisnya dengan cara membandingkan antara nilai dalam koefisien korelasi (rxy) dengan nilai r dalam tabel (r tabel) pada taraf signifikansi 5% maupun 1%. Taraf signifikansi 5% diperoleh: rxy =

0,514 dan rt = 0,297, Maka rxy > rt berarti signifikan.

Dari hasil penelitian diperoleh hasil Frekuensi membaca al-Qur?an siswa MA Sultan Hadlirin dengan nilai rata-rata 69 dalam kategori baik, pada interval  kategori  67-71.  Karena  siswa  sudah  ada  jadwal membaca  al- Qur?an yang dilakukan secara disiplin. Pemberian motivasi oleh guru dilakukan dengan berbagai strategi juga dilakukan dengan baik. Frekuensi membaca Al-Qur?an dan motivasi guru mempunyai pengaruh yang positif terhadap hasil belajar Al-Qur?an Hadits siswa MA Sultan Hadlirin, setelah dibuktikan melalui uji hipotesis menunjukkan adanya signifikansi, baik 5% sebesar 0,297 maupun 1% sebesar 0,384. Artinya, r0 0514 > rt. Dengan demikian hipotesa sebagaimana di atas dapat diterima kebenarannya.

 

 

Kata kunci: frekuensi membaca al qur?an, motivasi guru, hasil belajar al qur?an hadist


Frequency of reading the Koran is a very important means to know a science, both theology and general science. A student must have the skills to read, to be able to find a feat to be achieved and to achieve these objectives, needs to get motivation from parents and teachers in order to succeed in learning and developing science.

This study aims to describe and explain the effect of the frequency of reading the Koran, and the motivation provided by the teacher to the students on the success of students in the subjects of the Qur'an Hadith Students MA (Madrasah Aliyah) Sultan Hadlirin, Mantingan, Jepara. In this study, consists of two independent variables, namely the frequency of reading the Koran and motivation of teachers, with a dependent variable is the result of learning the Qur'an and hadith.

This research is a descriptive correlational analysis techniques using multiple regression analysis. Population research is taken a sample of 46 students. The sampling technique using random sampling, research instruments using questionnaires and documentation. Test the hypothesis by comparing the value of the correlation coefficient (r xy) with r value in the table (table r) at a significance level of 5% and 1%. Significance level of 5% was obtained: r xy = 0.514 and rt = 0.297, then r xy> rt significant meaning.

From the research results Frequency of reading the Koran students MA Sultan Hadlirin with an average value of 69 in both categories, at intervals of 67-71 category. Because students have no timetable reading the Koran is done in the discipline. Motivation by teachers performed with various strategies also performed well. Frequency of reading the Qur'an and motivational  teachers have  a  positive  impact  on  learning  outcomes  of students of the Qur'an Hadith MA Sultan Hadlirin, having proven through hypothesis test showed significance, both 5% at 0.297 and 1% at 0,384. That is, r0 0514> rt. Thus the hypothesis as above can be accepted as true.

 

Keywords: frequency of reading the qur'an, teacher motivation, learning outcomes qur'an hadist





DOI: https://doi.org/10.34001/tarbawi.v12i1.305

Article Metrics

Abstract view : 97 times
FULL TEXT PDF - 620 times ABSTRAK PDF - 50 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View Tarbawi Stats

INDEX BY: