KECENDERUNGAN MAHASISWA DALAM PEMILIHAN STRATEGI PENGAJARAN BERBICARA DI KELAS PENGAJARAN MIKRO

Dodi Siraj Muamar Zain

Abstract


Penelitian ini ditujukan  untuk mencari tahu kecenderungan  mahasiswa dalam pemilihan strategi pengajaran dalam rangka pengembangan keterampilan  berbicara  di  kelas pengajaran  mikro.  Data  diperoleh  dari hasil angket dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa baik dari semester 6 maupun diatasnya yang sedang menempuh mata kuliah pengajaran mikro. Dari data yang diperoleh, diketahui bahwa sebagian besar mahasiswa telah menerapkan praktik pembelajaran siswa mandiri. Hal ini terlihat dari kecenderungan untuk menggunakan media ajar elektronik baik berupa gambar maupun video, penggunaan instruksi sederhana, teknik konfirmasi pertanyaan, media ajar yang otentik, pengajaran bahasa inggris baik formal dan informal, diskusi kelompok, model evaluasi, serta penguatan untuk mendorong motivasi siswa dalam berbicara. Disamping itu, diketahui bahwa  penerapan  pendekatan  saintifik  menjadi  salah  satu  ciri  utama dalam penyusunan rangkaian kegiatan pengajaran bahasa Inggris. Hasil dari penelitian ini diharapkan bisa menjadi pertimbangan untuk pengembangan model perkuliahan yang telah dilakukan dan membuka wawasan terhadap perkembangan yang terjadi di dunia pendidikan saat ini.

 

Kata kunci    : strategi, pengajaran, berbicara


This research is aimed at finding out the students? tendency in applying teaching strategies to improve students? speaking skill in micro teaching class. The data was collected through questionnaire and document in the form of lesson plan. The population covers all sixth semester stduents taking microteaching class. From the collected data, it was found out that most stduents applied student centred learning. It was indicated by the use of electronic teaching media, simple instruction, questioning teachnique,   authentic   teaching   material,   formal,   informal   englisgh teaching, group discussion, evaluation model, and teaching reinforcement to encourage students to speak. Besides, it was also figured out that most students applied scientific method in constructing their teaching models. The result of this research is expected to be a consideration for improving the current teaching model and provide a new notion about the development in the education field.

 

 

Keywords     : strategy, teaching, speaking



Full Text:

FULL TEXT PDF PDF


DOI: https://doi.org/10.34001/tarbawi.v12i1.302

Article Metrics

Abstract view : 242 times
FULL TEXT PDF - 349 times PDF - 67 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View Tarbawi Stats

INDEX BY: