KECENDERUNGAN MAHASISWA DALAM PEMILIHAN STRATEGI PENGAJARAN BERBICARA DI KELAS PENGAJARAN MIKRO
Abstract
Penelitian ini ditujukan untuk mencari tahu kecenderungan mahasiswa dalam pemilihan strategi pengajaran dalam rangka pengembangan keterampilan berbicara di kelas pengajaran mikro. Data diperoleh dari hasil angket dan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Populasi dari penelitian ini adalah mahasiswa baik dari semester 6 maupun diatasnya yang sedang menempuh mata kuliah pengajaran mikro. Dari data yang diperoleh, diketahui bahwa sebagian besar mahasiswa telah menerapkan praktik pembelajaran siswa mandiri. Hal ini terlihat dari kecenderungan untuk menggunakan media ajar elektronik baik berupa gambar maupun video, penggunaan instruksi sederhana, teknik konfirmasi pertanyaan, media ajar yang otentik, pengajaran bahasa inggris baik formal dan informal, diskusi kelompok, model evaluasi, serta penguatan untuk mendorong motivasi siswa dalam berbicara. Disamping itu, diketahui bahwa penerapan pendekatan saintifik menjadi salah satu ciri utama dalam penyusunan rangkaian kegiatan pengajaran bahasa Inggris. Hasil dari penelitian ini diharapkan bisa menjadi pertimbangan untuk pengembangan model perkuliahan yang telah dilakukan dan membuka wawasan terhadap perkembangan yang terjadi di dunia pendidikan saat ini.
Kata kunci : strategi, pengajaran, berbicara
This research is aimed at finding out the students? tendency in applying teaching strategies to improve students? speaking skill in micro teaching class. The data was collected through questionnaire and document in the form of lesson plan. The population covers all sixth semester stduents taking microteaching class. From the collected data, it was found out that most stduents applied student centred learning. It was indicated by the use of electronic teaching media, simple instruction, questioning teachnique, authentic teaching material, formal, informal englisgh teaching, group discussion, evaluation model, and teaching reinforcement to encourage students to speak. Besides, it was also figured out that most students applied scientific method in constructing their teaching models. The result of this research is expected to be a consideration for improving the current teaching model and provide a new notion about the development in the education field.
Keywords : strategy, teaching, speaking
DOI: https://doi.org/10.34001/tarbawi.v12i1.302
Article Metrics
Abstract view : 242 timesFULL TEXT PDF - 349 times PDF - 67 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
INDEX BY: