MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM (PAI) BERBASIS QUANTUM TEACHING DI SMP SE-KABUPATEN JEPARA

Khalimatus Sadiyah

Abstract


 

Pendidikan agama merupakan usaha yang tersistematisir sebagai upaya mentransfer niai-nilai religius ? dalam hal ini yang digarap meliputi aspek kognitif,  afektif,  dan  aspek  psikomotorik  ?  kepada  peserta  didik  telah gagal. Kegagalan ini dikarenakan pendidikan belum mampu menelorkan SDM yang kritis, kreatif dan inovatif serta keluhuran budi penuh etika- moral. Selama ini proses pembelajaran baru dapat menyentuh aspek kognitif dan afektif dan  jauh  terhadap  pencapaian  ranah  psikomotorik. Yang terakhir ini sangat esensial bagi umat religius: berkaitan dengan kepekaan manusia dalam kehidupan sosial kemasyarakatan.   Melihat kenyataan  ini,  maka  pendidikan  Islam perlu  mendapat  perhatian  yang serius dalam menuntut pemberdayaan yang harus disumbangkannya, dengan usaha menata kembali keadaannya, terutama yang ada di Indonesia. Keharusan ini, tentu dengan melihat keterkaitan dan peranannya dalam usaha pendidikan bangsa Indonesia yang mayoritas muslim, sehingga perlu ada terobosan seperti perubahan model dan strategi pelaksanaannya dalam menghadapi perubahan zaman. Salah satunya dengan menggunakan model pembelajaran Quantum Teaching.

 

 

Kata kunci: model pembelajaran, pendidikan agama Islam (PAI), quatum teaching


This study aims to: (1) determine the effectiveness of the learning model used Quantum Teaching for PAI secondary teachers in Jepara; (2) determine any obstacles that PAI secondary teachers face in learning PAI; and (3) know how the efforts of PAI secondary teachers in solving these problems. This study was conducted in five (5) schools in the district of Jepara, namely SMPN 2 Jepara, SMPN 1 Batealit, Islam Pecangaan SMP, SMP Ma'Arif Tegal Sambi, and junior Kholiliyah Bangsri. Subjects in this study were PAI teachers who taught VII grade in Jepara. Source of data is derived from PAI teachers and learners of Class VII secondary school. Data collection techniques used were observation, questionnaires, interviews, and documentation. While the data collection tools were questionnaires, observation sheets, photographs of activities, and instructional videos. To test the validity of the data the researchers used a technique of triangulation. The data analysis used descriptive analysis techniques. The  results  showed  that  the  model  of  Quantum Teaching learning was  very  effectively  applied  in  PAI  learning  because  it  could improve the learning outcomes of students.

 

 

Keywords: learning model, Islamic education (PAI), quantum teaching.

 





DOI: https://doi.org/10.34001/tarbawi.v12i1.301

Article Metrics

Abstract view : 397 times
FULL TEXT PDF - 7522 times ABSTRAK PDF - 103 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View Tarbawi Stats

INDEX BY: