NILAI-NILAI BUDAYA SEKOLAH DALAM PEMBINAAN AKTIVITAS KEAGAMAAN SISWA SD NEGERI 9 MENDO BARAT

Muhammad Iqbal Arrosyad, Indah Meilia, Mellisa Ananda, Wiwik Wiwik, Rada Rizki

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai budaya sekolah dalam aktivitas keagamaan yang diterapkan di SD Negeri 9 Mendo Barat dalam bimbingan keagamaan, Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dan kualitatif dengan subjek penelitian kepala sekolah, wakil kepada sekolah, guru sekolah dan siswa. Untuk pengumpulan data digunakan metode pengamatan lapangan dan wawancara. Hasil dari peneltian ini adalah: 1) Budaya harian sekolah yang diterapkan di SD Negeri 9 Mendo Barat pada kegiatan keagamaan, 2) untuk mengetahui nilai-nilai budaya yang telah di kembangkan sekolah untuk menemukan pola pendidikan nilai budaya, 3) budaya harian terlaksana dengan baik pada pembiasaan keagamaan siswa SD N 9 Mendo Barat.

Keywords


Nilai-nilai budaya sekolah, aktivitas keagamaan

Full Text:

PDF

References


Ariyunita, N. (2019). Implementasi dan Pembiasaan Karakter Kepedulian Lingkungan dalam Pembelajaran PAI di MAN Yogyakarta II. Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam, 16(1). https://doi.org/10.34001/tarbawi.v16i1.1003

Asyhari, A. (2015). Profil Peningkatan Kemampuan Literasi Sains Siswa Melalui Pembelajaran Saintifik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni. https://doi.org/10.24042/jpifalbiruni.v4i2.91

Darussalam, A. (2016). 24 | Indahnya Kebersamaan dengan Shalat Jamaah. 4, 24–39.

Keagamaan, A., & Pendahuluan, I. (2018). M. Ma’ruf. 2(2), 393–410.

Kiswati ; Anita Rahmawaty. (2016). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Tingkat Pengembalian Pembiayaan Mudharabah. Equilibrium.

Natsir, M. (2018). Pendidikan spiritual melalui pembelajaran al mahfuzat (kata–kata mutiara arab). Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam, 15(2). https://doi.org/10.34001/tarbawi.v15i2.848

Nurul, J. (2018). Nilai - Nilai Agama Islam. Pedagogik, 1(2), 101–112.

Paud, K. D., Binatang, K., Paud, K. D., Binatang, K., & Kunci, K. (n.d.). Penguatan pendidikan karakter anak usia dini pada buku kumpulan dongeng paud keistimewaan binatang. 307–318.

Rifa’i, M. K. (2016). Internalisasi Nilai-Nilai Religius Berbasis Multikultural Dalam Membentuk Insan Kamil. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 4(1), 116. https://doi.org/10.15642/pai.2016.4.1.116-133

Roncancio R, Ginna & Sáenz G, C. (2016). No Title肯定・否定表現における日本語程度副詞について. IOSR Journal of Economics and Finance, 3(1), 56. https://doi.org/https://doi.org/10.3929/ethz-b-000238666

Sumadi, E. (2018). Anomali pendidikan karakter. Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam, 15(2). https://doi.org/10.34001/tarbawi.v15i2.846

Surur, A. M. (2018). Upaya Menanamkan Nilai Religius Siswa Di Man Kediri 1 Kota Kediri Dengan Ekstrakurikuler Keagaman Tahfidz Al-Qur’an. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 15(1), 42–51. https://doi.org/10.14421/jpai.2018.151-03

Suryana, T. (2011). Konsep dan aktualisasi kerukunan antar umat beragama. Pendidikan Agama Islam -Ta’lim.

Ulfah Hidayati, A. (2017). MELATIH KETERAMPILAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA PADA SISWA SEKOLAH DASAR. Pendidikan Dan Pebelajaran Dasar.

Zamroni, M. (2017). JURNAL DAKWAH, Vol. X No. 2, Juli-Desember 2009 195. Jurnal Pendidikan. https://doi.org/10.1155/2015/146250




DOI: https://doi.org/10.34001/tarbawi.v17i1.1072

Article Metrics

Abstract view : 532 times
PDF - 443 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View Tarbawi Stats

INDEX BY: