UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP DASAR PERKALIAN DENGAN MENERAPKAN MODEL PBL (Problem Based Learning) BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN TOLKAMA (Botol Perkalian Matematika) PADA PESERTA DIDIK KELAS II SEKOLAH DASAR

Syailin Nichla Choirin Attalina, Saidatul Irfana

Abstract


Beberapa permasalahan sering ditemui dalam kegiatan belajar mengajar matematika, salah satunya yaitu sulitnya guru menyampaikan sebuah materi serta sulitnya peserta didik memahami materi yang disampaikan oleh guru, dalam mata pelajaran matematika hasil belajar yang diperoleh peserta didik cenderung rendah, hal ini dikarenakan kurangnya  pemahaman konsep dasar matematika oleh peserta didik. Dengan adanya permasalahan tersebut maka dibutuhkanlah suatu model pembelajaran yang sesuai dengan karakter peserta didik dan sesuai dengan materi yang diajarkan. Selain penggunaan model pembelajaran, bantuan alat untuk menunjang proses belajar mengajar seperti media pembelajaran juga dapat meningkatkan pemahaman konsep dasar matematika. Model pembelajaran PBL (Problem Based Learning) yang berbantuan media pembelajaran TOLKAMA (Botol Perkalian Matematika) dapat mengatasi permasalahan tersebut sehingga mampu meningkatkan pemahaman peserta didik kelas II SD terkait konsep dasar perkalian.


Full Text:

PDF

References


Buku

Isjoni. 2013. Cooperative Learning. Bandung: Alfabeta.

Ngalimun. 2012. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Rusman. 2013. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Rayandra Asyar. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajran. Jakarta: Gaung Persada Press.

Wahidmurni. 2017. Metodologi Pembelajaran IPS. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Jurnal

Fahrudin, Ahmad Gilang dkk. 2018. Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Realistic Mathematic Education Berbantu Alat Peraga Bongpas. Jurnal Pendidikan Matematika. 1 (1): 16-20.

Febriyanto, Budi, dkk. 2018. Peningkatan Pemahaman Konsep Matematis Melalui Penggunaan Media Kantong Bergambar pada Materi Perkalian Bilangan Di Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas. Vol 4. No 2.

Virgiana dan Wasitohadi. 2016. Efektivitas Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Ditinjau dari Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 5 SDN 1 Gadu Sambong - Blora Semester 2 Tahun 2014/2015. Scholaria. 6 (2): 100 – 118.




DOI: https://doi.org/10.34001/jtn.v2i2.1501

Article Metrics

Abstract view : 1142 times
PDF - 2483 times

Creative Commons License
Jurnal Tunas Nusantara is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Currently this Journal is Indexed by

1 Google Scholar3 Garuda7 moraref5 BASe