OPTIMALISASI PEMBELAJARAN DARING MASA PANDEMI COVID-19 MELALUI APLIKASI EDMODO BAGI SISWA SEKOLAH DASAR
Abstract
Mewabahnya Corona Virus Disease atau lebih dikenal dengan COVID-19 membuat pengalaman baru dalam dunia pendidikan. Pemerintah mengeluarkan kebijakan untuk meliburkan siswa dan menggantinya dengan Belajar Dari Rumah (BDR). Sistem pembelajaran dalam jaringan (daring) atau online menjadi satu-satunya pilihan yang harus dijalankan oleh guru agar siswa tetap memperoleh pembelajaran meskipun berada dirumah. Siswa usia Sekolah Dasar belum sepenuhnya menguasai media internet, oleh karena itu guru dituntut untuk mendesain pembelajaran daring yang ringan dan efektif agar seluruh siswa dapat mengaksesnya dengan mudah. Pembelajaran daring melalui WA dianggap menjenuhkan oleh sebagian besar siswa. Penelitian ini menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut. Edmodo dipilih sebagai media pembelajaran daring yang efektif karena merupakan aplikasi gratis yang mudah diakses oleh guru berisi berbagai fitur yang dapat digunakan dalam memfasilitasi pembelajaran meliputi Assignment, Quiz, File and Link, Library, Gradebook, Award Badge, Polling, dan Parent Code. Siswa dapat dengan mudah mengakses edmodo seperti bermain social media, selain itu orang tua juga dapat memantau perkembangan belajar putra-putrinya. Optimalnya pembelajaran daring melalui aplikasi Edmodo dibuktikan dengan antusiasme siswa saat pembelajaran daring berlangsung dan meningkatnya hasil belajar.
Kata Kunci: Edmodo, Pembelajaran Daring, Sekolah Dasar
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Z., Rumansyah, Arizona, K. (2020). Pembelajaran online berbasis proyek salah satu solusi kegiatan belajar mengajar di tengah pandemi covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 2620-8326. https://doi.org/10.29303/ jipp.v5i1.111. (Diakses pada 11 November 2020)
Adit, A. (2020). 12 Aplikasi Pembelajaran Daring Kerjasama Kemendikbud, Gratis!. https://edukasi.kompas.com/read/2020/03/22/123204571/12-aplikasi-pembelajaran-daring- (Online) Tersedia : kerjasama-kemendikbud-gratis?page=all. (Diakses : 25 November 2020)
Dewi, Wahyu Aji Fatma. (2020) Dampak Covid-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar Edukatif Jurnal Ilmu Pendidikan Vol 2 No 1 April 2020. (Online) Tersedia : https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/89. (Diakses : 12 November 2020)
Menteri Pendidikan. (2020). Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat CoronaVirus (COVID-19)
Sari, Nilam, dkk. 2019. Efektivitas Penggunaan E-Learning Berbasis Edmodo Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematika. Jurnal Curere 3 (2). (Diakses 2 November 2020)
DOI: https://doi.org/10.34001/jtn.v2i2.1497
Article Metrics
![](https://siakad.unisnu.ac.id/assets/images/icon-graph.png)
![](https://siakad.unisnu.ac.id/assets/images/icon-pdf.png)
Jurnal Tunas Nusantara is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
We are Proud Member of
Currently this Journal is Indexed by