Dispensasi Bagi Wanita Hamil Untuk Menikah Dengan Pria Yang Tidak Menghamilinya Dalam Perspektif Maqashid Syariah (Studi Analisis Putusan Pengadilan Agama Tanjung Pinang Nomor 30/Pdt.P/2014/PA.TPI)

Adam Jointer Piliang, Misbahuzzulam Misbahuzzulam

Abstract


Dengan dikabulkannya permohonan dispensasi nikah melalui putusan yang ditetapkan oleh Pengadilan Agama Tanjung Pinang membuat penulis lebih tertarik menelaah setiap pertimbangan sang hakim dengan tinjauan maqashid syariah. Kajian ini ditujukan sebagai upaya guna mendalami hukum positif dan syariat yang tepat untuk kasus menikahi wanita hamil akibat zina dengan lelaki selain calon suami serta mengaitkan setiap pertimbangan hakim saat menerima permohonan dispensasi nikah bagi anak yang mengalami kasus demikian dalam bentuk kajian kualitatif dengan pendekatan teologis normatif dan bersifat deskriptif analitis. Hasil kajian menyatakan bahwa hukum menikahi wanita hamil akibat zina dengan lelaki yang tidak menghamilinya terdapat perbedaan pendapat di antara ulama empat mazhab dan tim perumus KHI lebih condong kepada pendapat membolehkannya sebagaimana pendapat ulama mazhab Syafi’i. Adapun keselarasan putusan hakim dengan maqashid syariah terdapat ada tiga pokok kemaslahatan, yaitu penjagaan terhadap keturunan, agama, dan jiwa.

Keywords


Dispensasi Nikah, Hamil, Maqashid Syariah

Full Text:

PDF

References


Dawud, Sulaiman Abu. Sunan Abi Dawud. Cet. ke-1. Beirut: Dar Ar-Risalah Al-Alamiyah, 2009.

Al-Mubarakfuri, Muhammad Abdurrahman. Tuhfah Al-Ahwudzi. Beirut: Dar Al-Kutub Al-Ilmiyah.

Al-Mudzhiri, Mahmud Bin Al-Hasan. Al-Mafatih Fi Syarh Al-Mashabih. Cet. ke-1. Kuwait: Dar An-Nawadir, 2012.

Al-Muzani, Ismail Bin Yahya. Al-Mukhtasar Min ‘Ilm As-Syafi’i Wa Min Makna Qaulihi. Riyadh: Dar Madarij Li An-Nasyr, 2019.

As-Syathibi, Ibrhim Bin Musa. Al-Muwafaqat. Cet. ke-1. Kairo: Dar Ibn Affan, 1997.

At-Thabari, Muhammad Bin Jarir. Tafsir At-Thabari. Cet. ke-1. Mesir: Dar Hijr Li At-Thiba’ah Wa An-Nasyr Wa Al-I’lan, 2001.

Bukhari, Muhammad Bin Ismail. Shahih Bukhari. Cet. ke-1. Beirut: Dar Thauq An-Najah, 2001.

Ghozali, Abdul Rahman. Fiqh Munakahat. Cet. ke-3. Jakarta: Prenada Media Group, 2008.

Hambal, Ahmad Bin. Musnad Al-Imam Ahmad. Cet. ke-1. Beirut: Mu’assasah ArRisalah, 2001.

Hiban, Muhammad Bin. Shahih Ibn Hiban. Cet. ke-1. Beirut: Dar Ibn Hazm, 2012.

Humaedillah, Memed. Status Hukum Akad Nikah Wanita Hamil dan Anaknya. Jakarta: Gema Insani Pers, 2002.

Nasution, Muhammad Syukri Albani, dan Rahmat Hidayat Nasution. Filsafat Hukum & Maqashid Syariah. Cet. ke-1. Jakarta: Prenada Media, 2020.

Redaksi, Tim. Mausu’ah Al-Fiqh Al-Islami. Mesir: Wizarah Al-Auqaf Wa As-Syu’un Al-Islamiyah, 1966.

Akhiruddin. "Dampak Pernikahan Usia Muda (Studi Kasus Di Desa Mattirowalie Kecamatan Libureng Kabupaten Bone)" dalam Jurnal Mahkamah: Kajian Ilmu Hukum Dan Hukum Islam, Vol. 1, No. 1, 2016: 205-222.

Andriani, Rina, Suhrawardi Suhrawardi, dan Hapisah. "Hubungan Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Remaja Dengan Perilaku Seksual Pranikah." Dalam Jurnal Inovasi Penelitian, Vol.2, No. 10, 2022: 3441-3446.

Ghulam, Zainil. "Implementasi Maqashid Syariah Dalam Koperasi Syariah" dalam Iqtishoduna: Jurnal Ekonomi Islam, Vol. 5, No. 1, 2016: 90-112.

Hariyono, dan Anwarudin. "Tinjauan Kompilasi Hukum Islam Pasal 53 tentang Pernikahan Wanita Hamil di luar Nikah" dalam ACADEMIA: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, Vol. 1, No. 2, 2019.

Kusmidi, Henderi. "Konsep Sakinah, Mawaddah Dan Rahmah Dalam Pernikahan." Dalam El-Afkar: Jurnal Pemikiran Keislaman dan Tafsir Hadis, Vol. 7, No. 2, 2018: 63-78.

Malik, Devisolita, Athanasia Budi Astuti, dan Natalia R. Yulianti. "Pengalaman hidup remaja yang hamil di luar nikah (studi fenomenologi di desa baru kecamatan ibu Halmahera barat)" dalam Cakrawala Jurnal Penelitian Sosial, Vol. 4, No. 2, 2015.

Misrina, dan Sisca Safira. "Hubungan Pengetahuan Dan Sikap Remaja Putri Dengan Perilaku Seks Pranikah Di Sekolah Menengah Atas Negeri 2 Mereudu Kecamatan Meurah Dua Kabupaten Pidie Jaya" dalam Journal of Healthcare Technology and Medicine, Vol 6, No. 1, 2020: 373-382.

Nihayah, Ulfatun. Analisis Pertimbangan Hakim Mengenai Penetapan Dispensasi Nikah Di Pengadilan Agama Kudus Pada Tahun 2018. Disertasi. Kudus: IAIN Kudus, 2021.

Saidah, Fadilatus. "Analisis Dispensasi Nikah Dan Kaitannya Dengan Tingginya Angka Cerai Gugat Di Pengadilan Agama Jepara" dalam Istidal: Jurnal Studi Hukum Islam, Vol. 6, No. 2, 2019: 171-181.

Sarpani, dan Elvi Soeradji. "Talak, Rujuk, dan Iddah dalam Perspektif Al-Qur’an" dalam Transparansi Hukum, 2022.

Wibisana, Wahyu. “Perkawinan Wanita Hamil Diluar Nikah Serta Akibat Hukumnya Perspektif Fikih Dan Hukum Positif" dalam Jurnal Pendidikan Agama Islam-Ta’lim, Vol. 15, No. .1, 2017: 29-35.




DOI: https://doi.org/10.34001/ijshi.v10i1.4877

Article Metrics

Abstract view : 180 times
PDF - 176 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Isti`dal : Jurnal Studi Hukum Islam



 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Creative Commons License

Isti'dal: Jurnal Studi Hukum Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats