Analisis Kualitas Layanan di Perpustakaan Universitas Islam Nahdlatul Ulama (Unisnu) Jepara
Abstract
Keberadaan suatu perpustakaan tak lepas dari bagaimana perpustakaan mengelola kegiatan pelayanan informasi, sehingga dalam setiap kegiatan pelayanan informasi haruslah memperhatikan aspek kualitas pelayanan. Namun Perpustakaan UNISNU Jepara dipersepsikan oleh mahasiswa berupa komentar mengenai kualitas pelayanan perpustakaan yang belum sesuai dengan harapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas layanan di Perpustakaan UNISNU Jepara dengan menyebarkan kuesioner kepada 100 mahasiswa yang mengunjungi perpustakaan UNISNU Jepara yang mengakses layanan perpustakaan. Sampel tersebut ditentukan berdasarkan rumus slovin dan pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Hasilnya menunjukkan bahwa secara umum kualitas layanan di Perpustakaan UNISNU Jepara dinilai Baik. Namun demikian, berdasarkan pada hasil analisis IPA (Kartesius Importance Performance Analysis) terhadap aspek kualitas layanan yang perlu diprioritaskan utamanya pada variabel pelayanan, melalui kemudahan prosedur pelayanan, kecepatan pelayanan, keadilan mendapatkan pelayanan, dan keamanan pelayanan sehingga dapat berdampak pada kenyamanan pengguna layanan Perpustakaan UNISNU Jepara. Dalam upaya untuk meningkatkan kualitas layanan Perpustakaan UNISNU Jepara, juga harus memperhatikan keluhan dan masukan dari pengguna Perpustakaan UNISNU Jepara.
Keywords
kualitas layanan; perpustakaan; kepuasan; harapan
Article Metrics
Abstract view : 141 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Jurnal Rekognisi Manajemen