Desain Pendidikan Islam di Pondok Pesantren Sindangsari Al-Jawami Cileunyi Bandung Dalam Menghadapi Generasi Milenial

Haidir Ali, Ibrahim Aji, Muhammad Hilmy Ghazali

Abstract


Pada arus modernisasi, pesantren menghadapi beberapa penghambat terkait segi kepemimpinan pesantren yang masih bersifat yang sentralistik dan hierarkis yang berpusat pada satu orang Kiai; kedua, terdapat kelemahan pada bidang metodologi. Tujuan penelitian ini untuk memperkenalkan desain pendidikan islam di Pondok Pesantren Sindangsari Al-Jawami Cileunyi Bandung dalam menghadapi generasi milenial. Hadirnya sistem pendidikan pada pondok pesantren modern, merupakan keniscayaan dalam sistem pendidikan di Indonesia. Sistem ini dianggap tepat bagi dunia pesantren masa kini untuk mempersiapkan anak didiknya menjadi pribadi yang siap menghadapi tuntutan zaman. Di sisi lain, beberapa pesantren masih mempertahankan gaya tradisional, atau yang dikenal dengan istilah pesantren salaf. Pesantren salaf masih eksis hingga kini karena pertama, peran kiai sebagai penentu kebijakan di pesantren. pondok pesantren Sindangsari Al-Jawami Cileunyi Bandung telah dibuat sedemikian rupa agar dapat menjawab tantangan era milenial. Kehawatiran akan dekadensi moral generasi ini ditawarkan solusinya dengan mempertahankan gaya pembelajaran salafi yang menekankan pada sikap penghormatan kepada guru, sehingga internalisasi nilai-nilai akhlak menjadi tersampaikan dengan baik. Terdapat program khusus di pesantren ini yaitu Corp Dakwah Santri Al-Jawami (CDSA), karya nyata santri, peringatan hari besar, Islam, musyawarah santri, dan Ekstrakurikuler. Maka dari itu untuk peserta didik generasi net ini harus memiliki kemampuan khusus agar tidak tertinggal dari orang-orang lain.

Full Text:

PDF

References


Anshori, Fuad. 1993. Masa Depan Umat Islam Indonesia. Bandung: al -Bayan.1993.

Arif, Mohammad. 2013. “Perkembangan Pesantren di Era Teknologi”. Jurnal Media Pendidikan Vol. 28 No. 2.

Bani, Suddin. 2015. “Kontribusi Pesantren dalam Sistem Pendidikan Nasional”.

AULADUNA, Vol. 2 No. 2.

Bashori. 2017. “Modernisasi Lembaga Pendidikan Pesantren”. Jurnal Ilmu Sosial

Mamangan Volume 6 Nomor 1.

Basyit, Abdul. 2017. “Pembaharuan Model Pesantren: Respon Terhadap Modernitas”. KORDINAT Vol. XVI No. 2.

Depdikbud. 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

Gazali, Erfan. 2018. “Pesantren Di Antara Generasi Alfa dan Tantangan Dunia

Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0”. OASIS: Jurnal Ilmiah Kajian Islam Vol.2, No. 2.

Gulo, W. 2010. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT Grasindo.

Hamruni. 2016. ”Eksistensi Pesantren dan Kontribusinya dalam Pendidikan Karakter”. Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. XIII, No. 2.

Hasan, Muhammad. 2015. “Inovasi dan Modernisasi Pendidikan Pondok Pesantren”.

KARSA: Jurnal Sosial dan Budaya Keislaman Vol. 23 No. 2.

Heriyudanta, Muhammad. 2016. “Modernisasi Pendidikan Pesantren Perspektif

Azyumardi Azra”. Mudarrisa, Jurnal Kajian Pendidikan Islam, Vol. 8, No. 1.

Herman, “Sejarah Pesantren di Indonesia,” Jurnal Al-Ta’dib Vol. 6 No. 2 Juli - Desember 2013.

Ibrahim, Rustam. 2014. “Eksistensi Pesantren Salaf Di Tengah Arus Pendidikan

Modern (Studi Multisitus pada Beberapa Pesantren Salaf di Jawa Tengah)”. Jurnal Analisa Volume 21 Nomor 02.

Iryana, Wahyu. 2015. “Tantangan Pesantren Salaf di Era Modern”. Jurnal ALMURABBI Volume 2, Nomor 1.

Lahmi, Ahmad. 2018. “Millenial Santri in Pesantren Santri, Leisure Time, and Activities

in Cyberspace”. International Journal of Science and Research (IJSR) Volume 7 Issue 4.

Nazir, Moh. 2011. Metode Penelitan. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Prasojo, Sudjoko. 1982. Profil Pesantren. Jakarta: LP3ES.

Putra, Yanuar Surya. 2016. Theoritical Review: Teori Perbedaan Generasi. Among

Makarti Vol.9 No.18.

Shiddiq, Ahmad. 2015.“Tradisi Akademik Pesantren”. Jurnal Tadrîs Volume 10 No 2.

Suhartini, Andewi. 2016. “The Internalization of Islamic Values in Pesantren”. Jurnal Pendidikan Islam Vol. 2, No. 3.

Tolib, Abdul. 2015. “Pendidikan di Pondok Pesantren Modern”. Jurnal Risaalah. Vol. 1, No. 1.

Toni, Hariya. 2016. “Pesantren Sebagai Potensi Pengembangan Dakwah Islam”.

Jurnal Dakwah dan Komunikasi. Vol. 1, No. 1.

Wahana, Heru Dwi. 2015. Pengaruh Nilai-Nilai Budaya Generasi Millennial Dan

Budaya Sekolah Terhadap Ketahanan Individu (Studi Di SMA Negeri 39,Cijantung, Jakarta). Jurnal Ketahanan Nasional, XXI (1).

Wahjoetomo. 1997. Perguruan Tinggi Pesantren Pendidikan Alternatif Masa Depan. Jakarta: Gema Insani Press.

Zuhaerini. 1986. Sejarah Pendidikan Islam. Jakarta: Proyek Pembinaan Prasarana dan sarana Perguruan Tinggi Agama.




DOI: https://doi.org/10.34001/tarbawi.v16i1.998

Article Metrics

Abstract view : 69 times
PDF - 52 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View Tarbawi Stats

INDEX BY: