PENINGKATKAN KOMPETENSI GURU SEKOLAH DASAR DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN STANDAR PROSES PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI KOLEGIAL TEKNIK KUNJUNGAN ANTAR KELASWardanaWardana

Wardana Wardana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (a) mengetahui peningkatan kompetensi guru dalam mengimplementasikan standar proses pembelajaran dan
pembelajaran kooperatif kolaboratif dalam rencana pelaksanaan
pembelajaran setelah kunjungan antar kelas. (b) mengetahui peningkatan
kompetensi guru dalam mengimplementasikan standar proses
pembelajaran dan pembelajaran pembelajaran koperatif kolaboratif dalam
pelaksanaan pembelajaran setelah kunjungan antar kelas. Penelitian
tindakan ini dilakukan dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu: perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Sasaran penelitian ini adalah Guru Kelas 5 tahun pelajaran 2016/2017. Dari hasil analisis didapatkan bahwa kompetensi guru dalam mengimplementasikan standar proses pembelajaran dan pembelajaran kooperatfi kolaboratif dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran mengalami peningkatan yaitu siklus I (61,67%), siklus II (75,00%), sedangkan kompetensi guru dalam mengimplementasikan pembelajaran kooperatif kolaboratif dalam Pelaksanaan Pembelajaran mengalami peningkatan yaitu siklus I (65%), siklus II (75,56%). Simpulan dari penelitian ini adalah supervisi kolegial lewat kunjungan antar kelas dapat berpengaruh positif terhadap peningkatan kompetensi guru dalam mengimplementasikan standar proses dan pembelajaran kooperatif kolaboratif dalam rencana pelaksanaan pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran.

 

The aims of this research are: (a) Want to know the improvement of teacher competence in implementing learning process standard and cooperative cooperative learning in learning plan after class visit.
(b) Want to know the improvement of teacher competence in implementing learning process standard and cooperative learning cooperative learning in learning implementation after class visit. This action research is conducted two cycles, each cycle consists of four stages, namely: planning, action implementation, observation and reflection. The target of this research is the Class 5 Teachers of the year 2016/2017. From the analysis results obtained that the competence of teachers in implementing learning process standard and cooperative cooperative learning in the Learning Implementation Plan has increased that is cycle I
(61.67%), cycle II (75.00%), while teacher competence in implementing cooperative cooperative learning in Implementation of Learning has increased that is cycle I (65%), cycle II (75,56%). The conclusion of this research is that collegial supervision through classroom visits can positively influence the improvement of teacher competence in implementing collaborative cooperative process standard and learning in the implementation plan of learning and implementation of learning.


Keywords


Standar proses, Supervisi Kolegial, Kunjungan antar kelas

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.34001/tarbawi.v15i1.721

Article Metrics

Abstract view : 348 times
PDF - 401 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View Tarbawi Stats

INDEX BY: