METODE PEMBELAJARAN QIRA’AH PERSEPEKTIF TEORI KOGNITIF SOSIAL ALBERT BANDURA (STUDI KASUS DI SMP MUHAMMADIYAH 2 YOGYAKARTA)

Bintang Rosada, Muhammad Afif Amrulloh

Abstract


Kemahiran membaca menjadi salah satu komponen dalam keterampilan
berbahasa Arab dan menjadi tujuan utama dalam pembelajaran bahasa
Arab di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Berbagai upaya untuk
mewujudkan tujuan tersebut telah dilaksanakan, seperti kelengkapan
sarana prasarana, membaca al-Qur’an sebelum memulai pelajaran dan
mata pelajaran bahasa Arab masuk dalam intra dan ekstrakurikuler. Akan
tetapi, kemampuan membaca siswa kelas IX b siswa sekolah tersebut
belum sepenuhnya baik. Berdasarkan fakta tersebut peneliti ingin
mengetahui implementasi metode pembelajaran qira’ah siswa kelas IX b
SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta dengan empat konsep dalam teor i
pembelajaran Albert Bandura. Penelitian dilakukan dengan menggunakan
pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitiannya adalah kualitatif,
bersifat deskriptif dalam pembelajaran qira’ah dengan teori kognitif sosial
Albert Bandura. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Peneliti
menggunakan metode pengumpulan data secara triangulasi yang
menggabungkan berbagai teknik pengumpul data. Sedangkan jenis
penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research). Hasil dari
penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran qira’ah di
kelas tersebut menggunakan empat konsep pembelajaran teori kognitif
sosial Albert Bandura mencakup atensi, retensi, produksi dan motivasi.
Penerapan konsep tersebut memberikan dampak terhadap kelancaran
pembelajaran qira’ah.

 

Reading skills became one of the components in Arabic skills and became
the main objective in learning Arabic in SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Various efforts to realize these objectives have been implemented, such as
the completeness of infrastructure facilities, reading the Koran before
starting the lesson and the subjects of Arabic language entered in intra and extracurricular. However, the ability to read students in grade IX b school students is not yet fully good. Based on these facts the researcher wanted to know the implementation of learning method of qira'ah student of class IX b SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta with four concepts in Albert
Bandura learning theory. The research was conducted using qualitative
approach. While the type of research is qualitative, is descriptive in learning qira'ah with social cognitive theory Albert Bandura. The analysis used is descriptive analysis. Researchers used a method of collecting data in triangulation that combines various techniques of data collection. While this type of research including field research (field research). The results of this study indicate that the implementation of learning qira'ah in the class using four concepts of learning social cognitive theory Albert Bandura include attention, retention, production and motivation. Application of the concept has an impact on the smoothness of learning qira'ah.


Keywords


Albert Bandura, Kognitif, Maharah Qira’ah

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.34001/tarbawi.v15i1.719

Article Metrics

Abstract view : 1616 times
PDF - 2741 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View Tarbawi Stats

INDEX BY: