METODE PEMBELAJARAN QIRA’AH PERSEPEKTIF TEORI KOGNITIF SOSIAL ALBERT BANDURA (Studi Kasus SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta)

Muhammad Afif Amrulloh, Bintang Rosyadah

Abstract


Abstract:

Kemahiran membaca menjadi salah satu komponen dalam keterampilan berbahasa Arab dan menjadi tujuan utama dalam pembelajaran bahasa Arab di SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta. Berbagai upaya untuk mewujudkan tujuan tersebut telah dilaksanakan, seperti kelengkapan sarana prasarana, membaca al-Qur’an sebelum memulai pelajaran dan mata pelajaran bahasa Arab masuk dalam intra dan ekstrakurikuler. Akan tetapi, kemampuan membaca siswa kelas IX b siswa sekolah tersebut belum sepenuhnya baik. Berdasarkan fakta tersebut peneliti ingin mengetahui implementasi metode pembelajaran qira’ah siswa kelas IX b SMP Muhammadiyah 2 Yogyakarta dengan empat konsep dalam teori pembelajaran Albert Bandura. Penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan jenis penelitiannya adalah kualitatif, bersifat deskriptif dalam pembelajaran qira’ah dengan teori kognitif sosial Albert Bandura. Analisis yang digunakan adalah analisis deskriptif. Peneliti menggunakan metode pengumpulan data secara triangulasi yang menggabungkan berbagai teknik pengumpul data. Sedangkan jenis penelitian ini termasuk penelitian lapangan (field research). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran qira’ah di kelas tersebut menggunakan empat konsep pembelajaran teori kognitif sosial Albert Bandura mencakup atensi, retensi, produksi dan motivasi. Penerapan konsep tersebut memberikan dampak terhadap kelancaran pembelajaran qira’ah.

Keywords: Albert Bandura, Kognitif, Maharah Qira’ah

References


Sri lesatari, L.Ade, MD.Sumantri dan KD.Suartama, “Pengaruh Model Pembelajaran Bandura Terhadap Kinerja Ilmiah dan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SD,” Jurnal Mimbar PGSD Jurusan PGSD, Universitas Pendidikan Ganesha, Vol. 2, No. 1, Tahun 2014.

Syamsuddin Asyrofi, Metodologi Pengajaran Bahasa Arab; Konsep dan Implementasinya, Yogyakarta: OMBAK, 2016.

Dale H.Schunk, Learning Theories An Educational Perspective terj.Eva Hamdiah dan Rahmat Fajar, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.

Helmawati, Pendidik Sebagai Model, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2016.

John W.Santrock, Psikologi Pendidikan terj. Tri Wibowo, Jakarta: Kencana, 2004.

Dale H Schunk, Paul R.Pintrich dan Judith L.Meece, Motivasi Dalam Pendidikan; Teori, Penulisan dan Aplikasi. Jakarta: PT. Indeks, 2012.

Syaiful Mustofa, Strategi Pembelajaran Bahasa Arab Inovatif, Malang: Uin Maliki Press, 2011.

Sugiyono, Memahami Penulisan Kualitatif , Bandung: Alfabeta, 2008.




DOI: https://doi.org/10.34001/tarbawi.v9i1.681

Article Metrics

Abstract view : 645 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View Tarbawi Stats

INDEX BY: