KELUARGA SEBAGAI SUMBER PENDIDIKAN KARAKTER BAGI ANAK
Abstract
Character education can be defined as a process of giving guidance to
learners to develop attitudes and behavior optimally. The first step in
building Character education must be start from the family environment
because the family is the primary and first source for the child to acquire
and build character. Good or bad character of a child is very much needed
by the family environment. The process of character education of children
in the family can be done by parents by using several ways such as
exemplary, habituation, advice and tips and motivation for children. The
attainment of the character education process within the family environment depends on the harmony between parent, child, the means used and the supportive environment.
Pendidikan karakter dapat diartikan sebagai proses pemberian tuntunan
kepada peserta didik untuk mengembangkan sikap dan perilaku secara
optimal. Pendidikan karakter pertama kali harus dilaksanakan di dalam
lingkungan keluarga karena keluarga merupakan sumber utama dan
pertama bagi anak untuk memperoleh dan membentuk serta
mengembangkan karakter. Baik atau buruknya karakter anak sangat
dipengaruhi oleh lingkungan keluarga. Proses pendidikan karakter anak
dalam keluarga dapat dilakukan oleh orang tua dengan menggunakan
beberapa cara antara lain keteladanan, pembiasaan, nasehat dan hukuman serta motivasi terhadap anak. Tercapainya proses pendidikan karakter di dalam lingkungan kelurga bergantung pada keserasian antara orang tua, anak, cara yang digunakan serta lingkungan yang mendukung terjadinya proses pendidikan.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.34001/tarbawi.v14i2.619
Article Metrics
Abstract view : 1666 timesPDF - 28622 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
INDEX BY: