DINAMIKA BUDAYA DALAM KONTEKS ADU DOMBA PESPEKTIF SOSIOLOGI PENDIDIKAN ISLAM

Kamil Kamil

Abstract


Penelitian ini menjelajahi dinamika budaya dalam konteks adu hewan domba dari perspektif sosiologi pendidikan Islam. Fokusnya adalah pada eksplorasi nilai-nilai, moralitas, dan dampak pendidikan dari aktivitas budaya ini. Adu hewan domba, sebagai bagian dari warisan budaya, mencerminkan identitas, sejarah, dan nilai-nilai yang diperjuangkan dalam masyarakat. Dalam konteks pendidikan Islam, pemahaman terhadap adu hewan domba menjadi titik awal untuk mengintegrasikan nilai-nilai keislaman dengan praktik budaya lokal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif berbasis literatur untuk menganalisis interaksi adu hewan domba dengan struktur sosial, nilai-nilai keislaman, dan proses pendidikan dalam masyarakat. Hasilnya mengidentifikasi kompleksitas adu hewan domba sebagai fenomena budaya yang tidak hanya mencakup pertarungan fisik, tetapi juga melibatkan nilai-nilai sosial, etika, dan dampaknya terhadap perubahan budaya dalam masyarakat. Pendekatan sosiologi pendidikan Islam dalam konteks adu domba memungkinkan penggalian nilai-nilai budaya lokal, integrasi nilai-nilai agama dalam praktik budaya, serta pemahaman terhadap dampak sosial dan pendidikan dari fenomena budaya ini.


Keywords


Culture; Sheep Fighting; Sociology of Islamic Education

Full Text:

PDF

References


Alzuhdi, F. A. (2023). Nilai Moral Kewarganegaraan dalam Dongeng Mbah Jiwo Seni Membual Para Binatang Karya Sujiwo Tejo Serta Implikasinya Terhadap Pembelajaran Sastra di Sekolah. Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Amarullah, R. Q. (2023). Metode Pendidikan Dalam Al-Qur'an (Teori dan Praktik dalam Pembelajaran). Bogor: CV Abdi Fama.

Ardiansyah, R. N. (2023). Pertunjukan Adu Bagong (Babi Hutan) Di Kabupaten Garut: Studi Pelestarian Budaya Dan Tindak Pidana Penganiayaan Hewan. Fakultas Hukum Universitas Pasundan.

Dwintari, J. W. (2018). Urgensi pendidikan kewarganegaraan berbasis multikultural dalam pembinaan keberagaman masyarakat Indonesia. Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan PKn dan Sosial Budaya.

Idris, M. (2016). Kajian Rekonstruksi “Budaya Siri” Bugis Ditinjau Dari Pendidikan Islam. Istiqra: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam.

Kurniati, E. (2016). Permainan tradisional dan perannya dalam mengembangkan keterampilan sosial anak. Kencana.

Masyhar, A. A. (2023). Relevansi Nilai Sakral dan Profan “Mubeng Punden'Pasangan Pengantin Dengan Nilai Keislaman di Jawa Tengah. Prosiding Syariah dan Hukum.

Masyhar, A. A. (n.d.). Relevansi Nilai Sakral dan Profan “Mubeng Punden” Pasangan Pengantin Dengan Nilai Keislaman di Jawa Tengah. 255-276.

Nafisah, N. (2021). Pendidikan Sosial Bagi Masyarakat dalam Perspektif Al-Qur’an. Jakarta : Institut PTIQ Jakarta.

Nurhuda, D. A. (2023). PENAMAAN DOMBA SEBAGAI MEDIA REKONSTRUKSI SEJARAH DAN BUDAYA: KAJIAN ZOONIMI DI KABUPATEN GARUT . SAWERIGADIN.

Permana, I. G. (2023). Perlindungan Hukum terhadap Hewan Peliharaan (Non Ternak): Ditinjau dari Perspektif Kepastian Hukum. Penerbit NEM.

Putra, A. L. (2023). Pembentukan Karakter Siswa Peduli Lingkungan Berbasis Islam Rahmatan lil Alamin SMP Saim. At-Tajdid: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 492-500.

Saihu, M. (2022). Pendidikan Pluralisme Agama Di Bali (Kajian tentang Integralisasi Agama dan Budaya dalam Dunia Pendidikan sebagai Upaya untuk Meminimalisasi konflik sosial dan Merawat Kebinekaan).

Syadid, D. (2023). Penegakan Hukum Terhadap Tindak Pidana Perjudian Sabung Ayam di Desa Ranulogong Kecamatan Randuagung Kabupaten Lumajang. UIN KH Achmad Siddiq Jembe.

Vindrola-Padros, C. &. (2020). Rapid techniques in qualitative research: a critical review of the literature. Qualitative Health Research.

Violina, I. I. (2023). Tabuik, Warisan Budaya Islam Sumatera Barat. SOSMANIORA: Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora , 234-242.

Zikri, M. (2023). Akhlak terhadap sesama perspektif Syekh Nawawi al-Bantani dalam tafsir Marah Al-Labid. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Zubaidillah, M. H. (2020). Teori ekologi, psikologi dan sosiologi lingkungan pendidikan islam.




DOI: https://doi.org/10.34001/tarbawi.v20i2.6043

Article Metrics

Abstract view : 41 times
PDF - 15 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View Tarbawi Stats

INDEX BY: