PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN SIMPAN PINJAM UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN BERBAHASA JAWA

Bambang Suprayitno

Abstract


The purpose of this research is generally to improve the writing skill of Javanese language in grade V students SDN 1 Taruman Klambu Grobogan District Semester 1 Year 2015/2016. In specific aims to describe the application of savings and loan learning model in teaching essay writing Java language. The study was conducted over three months from August to October 2015. Subjects were seventeen students. This research method consists of: 1) The type of qualitative research is often called naturalistic research methods because the research is done on natural conditions. Design research through classroom action research designed in two cycles. 2) Research location at SD Negeri 1 Taruman Klambu Grobogan. 3) Data collection is conducted by in-depth interviews, observation, and assessment documents. 4) The data obtained in this study essentially tangible words, sentences or paragarafs, and expressed in the form of narrative that is descriptive. 5) Analysis technique used in this research is descriptive analysis. 6) The validity of the data by means of triangulation of sources and methods. Performance indicator is the increasing of writing skill in Javanese language by 75%. The results showed that based on the data analysis undertaken in this study obtained a conclusion that by applying the learning model Savings and Loan to Improve Writing Skills Javanis languge at Student Class V SDN 1 Taruman Klambu Grobogan 1st Semester Year 2015/2016.

Keywords: Model of savings and loan learning, learning outcomes, writing skills 

Tujuan penelitian ini secara umum untuk meningkatkan keterampilan menulis karangan berbahasa jawa pada siswa kelas V SDN 1 Taruman  Klambu Kabupaten Grobogan Semester 1 Tahun 2015/2016. Secara khusus bertujuan untuk mendeskripsikan  penerapan model pembelajaran simpan pinjam dalam pembelajaran menulis karangan berbahasa Jawa. Penelitian dilaksanakan selama tiga bulan dari bulan Agustus sampai Oktober 2015. Subjek penelitian sebanyak tujuh belas siswa. Metode penelitian ini terdiri dari: 1) Jenis penelitian kualitatif sering disebut metode penelitian naturalistik karena penelitiannya dilakukan pada kondisi yang alamiah. Desain penelitian melalui penelitian tindakan kelas yang didesain dalam dua siklus. 2) Lokasi penelitian di SD Negeri 1 Taruman Klambu Grobogan. 3) Pengumpulan data dilaksanakan dengan cara wawancara mendalam, observasi, dan pengkajian dokumen. 4) Data yang diperoleh dalam penelitian ini pada hakikatnya berwujud kata-kata, kalimat-kalimat atau paragaraf-paragaraf, dan dinyatakan dalam bentuk narasi yang bersifat deskriptif. 5) Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. 6) Validitas Data dengan cara triangulasi sumber dan metode. Indikator kinerja adalah meningkatnya keterampilan menulis karangan berbahasa jawa sebesar 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan analisis data yang dilaksanakan dalam penelitian ini diperoleh suatu simpulan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran Simpan Pinjam dapat Meningkatkan Keterampilan Menulis Karangan Berbahasa Jawa Pada Siswa Kelas V SDN 1 Taruman  Klambu Kabupaten Grobogan Semester 1 Tahun 2015/2016.

Kata kunci: Model pembelajaran simpan pinjam, Hasil belajar, Keterampilan menulis 



Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.34001/tarbawi.v13i2.588

Article Metrics

Abstract view : 329 times
PDF - 161 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View Tarbawi Stats

INDEX BY: