Model pembelajaran kontekstual (contextual teaching and learning) pada mata pelajaran pendidikan agama Islam (PAI) di sekolah menengah kejuruan

Fathurrahman Fathurrahman

Abstract


Model pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI)  di SMK Hisba Buana Semarang merupakan model pembelajaran yang berdasarkan pada pemahaman karakteristik dan komponen pendekatan kontekstual yang diharapkan dapat mengkonstruksi sendiri pengetahuan dan ketrampilan baru ketika siswa belajar di kelas. Penelitian ini dimaksudkan untuk menjawab permasalahan, tentang konsep, pelaksanaan, faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat, dan bagaimana cara-cara yang ditempuh dalam pelaksanaan model pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran PAI di SMK Hisba Buana Semarang. Jenis penelitian lapangan ini bersifat kualitatif, dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi; data yang telah didapat kemudian dianalisis melalui tiga tahapan, yaitu: reduksi, penyajian data, dan verifikasi atau kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Konsep model pembelajaran kontekstual merupakan konsep belajar dimana guru menghadirkan situasi dunia nyata ke dalam kelas. 2) Pelaksanaan model pembelajaran kontekstual dilakukan dengan beberapa komponen CTL, yaitu: kontruktivisme, inquiry, dan questioning. 3) Faktor-faktor yang menjadi pendukung dalam model pembelajaran kontekstual meliputi pengelolaan kelas yang baik, materi pelajaran berpeluang bagi siswa untuk menganalisisnya lebih jauh; sedang faktor yang menjadi penghambat yaitu: kekurangsiapan guru, terbatasnya sarana dan prasarana sekolah. 4) Cara yang ditempuh untuk mengatasi hambatan dalam pelaksanaan model pembelajaran kontekstual pada mata pelajaran PAI di SMK Hisba Buana Semarang adalah guru lebih mendalami pentingnya penggunaan model pembelajaran ini.

Keywords


Model Pembelajaran; Kontekstual (CTL); Pendidikan Agama Islam

Full Text:

PDF

References


Afferi Yanti, Riska dan Masitoh, 2022, Penerapan Model Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Sekolah Menengah Atas, Jurnal Griya Cendikia Universitas Muhamadiyah Kotabumi, Volume 7, No. 2

Afriani, Andri, 2018, “Pembelajaran Kontekstual (Contextual Teaching and Learning) dan Pemahaman Konsep Siswa”, Jurnal Al Muta’aliyah STAI Darul Kamal NW Lombok Timur, Vol. 1 No. 3.

Daradjat, Zakiah dkk, 2000, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara.

Departemen Agama RI, 1971, Al-Qur’an dan Terjemahnya, Jakarta: Yayasan Penyelenggara Penterjemah/Pentafsir al-Qur’an.

Gunawan, Heri, 2012, Kurikulum dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam, Bandung: Alfabeta.

Marimba, Ahmad D., t.th, Pengantar Filsafat Pendidikan Islam, Bandung: PT. Al-Ma’arif.

Peraturan Pemerintah Nomor 22 Tahun 2006, 2006, Tentang Standard Kompetensi dan Kompetensi Dasar, Semarang: Aneka Ilmu.

Rosalin, Elin, 2008, Gagasan Merancang Pembelajaran Kontekstual, Bandung: PT. Karsa Mandiri Persada.

Sanjaya, Wina, 2007, Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan, Jakarta: Kencana.

Suhana, Cucu, 2014, Konsep Strategi Pembelajaran, Bandung: PT, Refika Aditama.

Suprayekti, 2003, Interaksi Belajar Mengajar, Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional, Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Direktorat Tenaga Kependidikan.

Undang-Undang Republik Indonesia UUSPN No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional, Jakarta: 8 Juli 2003

Wahab, Rochidin Fzh, 2004, Sejarah Pendidikan Islam di Indonesia SPPI, Bandung: Al-Fabeta.




DOI: https://doi.org/10.34001/tarbawi.v20i2.5687

Article Metrics

Abstract view : 168 times
PDF - 85 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View Tarbawi Stats

INDEX BY: