Pengaruh metode scramble dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran sejarah kebudayaan Islam di kelas X MA Makrifatul Ilmi Bbengkulu Selatan

Vina Putri Rahayu, Suhirman Suhirman, Nurlaili Nurlaili

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengaruh metode scramble terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran SKI di kelas X MA Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan. 2) Untuk mengetahui pengaruh minat belajar terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran SKI di kelas X MA Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan. 3) Untuk mengetahui pengaruh metode scramble dan minat belajar terhadap hasil belajar siswa pada pembelajaran SKI di kelas X MA Makrifatul Ilmi Bengkulu Selatan. Jenis Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan angket dan dokumentasi. Adapun hasil penelitian ini adalah 1). Terdapat pengaruh yang signifikan antara metode scramble terhadap hasil belajar sebesar 2,053 dengan tingkat pengaruhnya sebesar 27,5%. 2). Terdapat pengaruh yang signifikan antara minat belajar terhadap hasil belajar sebesar 2,862 dengan tingkat pengaruhnya sebesar 33,2%. 3). Terdapat pengaruh yang signifikan antara metode scramble dan minat belajar terhadap hasil belajar sebesar 13,600 dengan tingkat pengaruhnya sebesar 39,3%.

Keywords


Hasil belajar; metode scramble; minat belajar

Full Text:

PDF

References


Aditya, Dedy, Yusuf, ‘Dedy Yusuf Aditya, ‘Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Resitasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa’, SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1.2 (2016), .

Akdon, Ridwan, Rumus Dan Data Dalam Analisis Statistik (Jakarta: Alfabeta, 2009)

Akrim, Strategi Peningkatan Daya Minat Belajar Siswa (Belajar PAI Mencetak Karakter Siswa) (Yogyakarta: Pustaka Ilmi, 2021)

Amin, Alfauzan, dan Alimni, Pengembangan Bahan Ajar Sejarah Kebudayaan Islam Berbasis Deep Dialog and Critical Thinking Dan Peningkatan Karakter Siswa Madrasah Tsanawiyah, 2019

Ananda, Rusydi, dan Fitri Hayati, Variabel Belajar: Kompilasi Konsep, CV. Pusdikra MJ, 2020

Andi, Setiawan M., Belajar Dan Pembelajaran (Sidoharjo: Uwais Inspirasu Indonesia, 2017)

Anwar, Ali, Statistika Untuk Penelitian Pendidikan Dan Aplikasinya Dengan SPSS Dan Excel,(Kediri, IAIT Press, 2009)

Astuti, Retno, and Risma Sitohang, ‘Penerapan Numbered Heads Together Meningkatkan Minat Belajar IPS Di Kelas V SD Negeri 101896 Tanjung Morawa T.A. 2012/2013’, Jurnal Kewarganegaraan, 21.2 (2013),

Dimyati dan Mujiono, Belajar Dan Pembelajaran (Jakarta: Rineka Cipta, 2006)

Djamaluddin, Ahdar, dan Wardana, Belajar Dan Pembelajaran, (CV Kaaffah Learning Center, 2019)

Eti, Sulastri, 9 Aplikasi Netode Pembelajaran (Majalengka: Guepedia, 2019)

Fauhah, Homroul, and Brillian Rosy, ‘Analisis Model Pembelajaran Make A Match Terhadap Hasil Belajar Siswa’, Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 9.2 (2020)

Gunawan Ce, Mahir Menguasai SPSS (Yogyakarta: CV Budi Utama, 2019)

Hermanto, Bambang, ‘Perekayasaan Sistem Pendidikan Nasional Untuk Mencerdaskan Kehidupan Bangsa’, Foundasia, 11.2 (2020)

Hidayati, Nur Baeti, Metode Pembelajaran Scramble Untuk MENINGKATKAN Aktifitas Dan Hasil Belajar Menulis Kalimat Bahasa Inggris, PT. Nasya (Pekalongan, 2021)

Huda, Miftahul, Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran (Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015)

Iqbal Hasan, Mishabahuddin, Analisis Data Penelitian Dengan Statistik (Jakarta: Bumi Aksara, 2013)

Ismail, Strategi Pembelajaran Agama Islam Berbasis PAIKEM (Semarang: Media Group, 2009)

Munzila, Yulia Hasna, Eni Rohaeni, dan Ahyo Ruhyanto, ‘Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Probing Prompting Pada Mata Pelajaran Ekonomi’, J-KIP (Jurnal Keguruan Dan Ilmu Pendidikan), 3.2 (2022),

Nasution, Mardiah Kalsum, ‘Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa Sekolah Tinggi Agama Islam Swasta Lantaboer Jakarta. Corresspondence: Mardiah Kalsum Nasution, Sekolah Tinggi Agama Islam Swasta Lantaboer Jakarta. E-Mail’, STUDIA DIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Bidang Pendidikan, 11.1 (2017), 9–15

Nurhayanti, Hani, Hendar Hendar, dan Santika Dewi, ‘Hubungan Antara Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (Ski) Pada Kelas Iv Mi Hidayatul Muta’Alimin Kota Bekasi’, Jurnal Tahsinia, 1.2 (2020)

Oktavia. Yenni, Penggaruh Metode Scramble Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Sekolah Dasar Negeri 007 Tembilahan Hilir Kecamatan Tembilahan Kabupaten Indragiri Hilir, Jurnal Pendidikan, 2020

Peliza, Popi, ‘Pengaruh Metode Collaborative Learning Dan Disiplin Siswa Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Al- Qur’an Hadi Ts Siswa Kelas x Pai Man 1 Kota Pagar Alam’, 2019

Pramesti, Getut, Kupas Tuntas Data Penelitian Dengan SPSS 22 (Jakarta: PT. Elex Media Komputindo, 2014)

Prastika, Yolanda Dwi, ‘Pengaruh Minat Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Smk Yadika Bandar Lampung’, Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1.2 (2020)

Priyastama Romi, ‘Buku Sakti Kuasai SPSS (Yogyakarta: Start Up, 2017)

Pulungan Suyuthi, Sejarah Peradaban Islam (Jakarta: Imprint Bumi Aksara, 2017)

Rahman. Abd, 'Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan', Al Uswatul Wutsqa, Kajian Pendidikan Islam, 2.1 (2022)

Rahmat, Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Konteks Kurikulum 2013 (Yogyakarta: Bening Pustaka, 2019)

Raharjo, Sahid, https://www.spssindonesia.com/2014/02/uji-multikolonieritas-dengan-melihat.html diakses pada Senin, 05 Juni 2023

Raharjo, Sahid, https://www.spssindonesia.com/2014/02/uji-linearitas-dengan-program-spss.html Diakses pada Senin, 05 juni 2023

Sahara, Intan Dwi, M Tahir, dan Mansur Hakim, ‘Pengaruh Metode Scramble Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas Iv Di Gugus Iv Kecamatan Mataram Tahun Pelajaran 2018 / 2019 Jurnal Ilmiah Widya Pustaka Pendidikan 10.1 (2022)

Shoimin, Aris, 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013 (Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA, 2014)

Slameto, Buku Dan Faktor-Faktor Yang Mempempengaruhinya (Jakarta: Rineka Cipta, 2010)

Soeparno, dkk, Eksperimen Metode PQRT Dan Metode Membaca Study Terhadap Mahasiswa Jurusan Bahasa Dan Sastra Indonesia (Yogyakarta: PG. Gramedia Pustaka, 1988)

Sudjana, Nana, Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar (Bandung: Sinar Baru Algensindo, 2005)

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif (Bandung: Alfabeta, 2019)

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitataif Dan R&D (Bandung: Alfabeta, 2016)

Sugiyono, Statistik Untuk Penelitian (Bandung: Alfabeta, 2019)

Sulaiman, Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) (Kajian Teori Dan Aplikasi Pembelajaran PAI), (PeNA, 2017)

Sulandari, Analisis Terhadap Metode Pembelajaran Klasikal Dan Metoda Pembelejaran E-Learning Di Lingkungan Badiklat Kemhan, 1 (2020)

Sumardjan, Media Kartu Sekolah Dasar (Semarang: Formaci, 2017)

Sunarto, Ridwan, Pengantar Statistik Untuk Penelitian Sosial Ekonomi (Bandung: Alfabeta, 2007)

Sutikno, M.S, ‘Belajar Dan Pembelajaran Prospect (Bandung, 2009)

Sutisna, Agus dan Aay Farihah Hesya, ‘No Title’, in Metode Pembelajaran Milenial (Bandung: Manggu Makmur Tanjung Lestari, 2019)

Syah, Muhibbin, Psikologi Belajar (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2003)

Yudhi Fachrudin STAI Binamadani, ‘Analisis Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, (2016)

Utami, Anggun Atika Widya, ‘Pengaruh Metode Pembelajaran Mind Map Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SKI Di MIN 15 Jakarta Selatan, (2021)

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 pasal 1 ayat 1.

Yayasan Penyelenggara Penerjemah Al-Quran Dan Terjemahannya, (Solo:Tiga Serangkai, 2018)




DOI: https://doi.org/10.34001/tarbawi.v20i1.5563

Article Metrics

Abstract view : 226 times
PDF - 50 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View Tarbawi Stats

INDEX BY: