Pola pembiasaan guru dalam pembelajaran tahfidz Al-quran pada santri di pondok pesantren Al-mujahidin desa Ciptodadi kecamatan Suka Karya kabupaten Musi Rawas provinsi Sumatera Selatan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis Pola Pembiasaan Guru dalam Pembelajaran Tahfizd al Qur’an di Ponpes Al Mujahidin. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: Pertama, Bagaimanakah pola pembiasaan Guru dalam pembelajaran al Qur’an di pondok pesantren Al-Mujahidin? Kedua, Apa sajakah yang menjadi factor pendorong pada pola pembiasaan Guru dalam pembelajaran al Qur’an di pondok pesantren Al-Mujahidin? Ketiga, Bagaimanakah cara mengatasi hambatan yang dihadapi dalam melaksanakan pola pembiasaan Guru dalam pembelajaran al Qur’an di pondok pesantren Al-Mujahidin? Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pola pembiasaan yang diterapkan guru dalam pembelajaran tahfiz di pondok pesantren Al-Mujahidin menggunakan beberapa tahapan, yaitu tahap tahsin, tahfidz dan talaqqi. Faktor pendorong dari pola pembiasaan guru dalam pembelajaran tahfidz al Qur’an di pondok pesantren al Mujahidin. Dan Cara mengatasi hambatan yang dihadapi dalam melaksanakan pola pembiasaan Guru dalam pembelajaran al Qur’an di pondok pesantren al Mujahidin yaitu Kurangnya alokasi menjadi hal yang menghambat dari proses berjalannya pembiasaan pembelajaran tahfizh santri di pesantren al Mujahidin ini. Sebagai langkah untuk mengatasi hambatan tersebut adalah, mencari solusi dari permasalahan tersebut telah dirumuskan bersama oleh pihak sekolah. Hasil akhir dari kegiatan ini perlu dikaji ulang sejauh mana tingkat keberhasilan itu membawa dampak bagi proses pembelajaran di pondok pesantren al Mujahidin dalam jangka panjang.
Keywords
References
Ali, H. G. (2014). Prinsip-prinsip Pembelajaran dan Implikasinya Terhadap Pendidik dan Peserta didik. Jurnal Al-Ta’dib Tanggung, 6(1), 31–42.
Anggraeni, C. E. & M. S. (2021). Metode Pembiasaan Untuk Menanamkan Karakter Disiplin dan Tanggung jawab Di Ra Daarul Falaah Tasikmalaya. Jurnal PAUD Agapedia, 5(1), 100–109.
Budi, M. H. S., & Richana, S. A. (2022). Manajemen Strategi Pembelajaran Tahfidz Al-Qur’an dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan Santri di Pesantren. Dirasah, 5(1), 167–180.
Dariyanto, D. (2022). Prinsip Pembelajaran Dalam Al-Qur’an. ZAD Al-Mufassirin, 4(1), 82–109. https://doi.org/10.55759/zam.v4i1.36
Fathah, M. U. A. F. (2021). membenarkan bacaan yaitu Tahsin . Tahsin merupakan kata dari bahasa Arab yang asal katanya. 20(2), 188–202. https://doi.org/10.18592/jiiu.v
Fitri, R., & Ondeng, S. (2022). Pesantren Di Indonesia: Lembaga Pembentukan Karakter. Jurnal Al-Urwatul Wutsqa, 2(1), 42–54. https://journal.unismuh.ac.id/index.php/alurwatul
Generasi, M., & Ani, Q. U. R. (2020). MANAJEMEN PEMBELAJARAN TAHFIZH AL-QUR’AN DALAM MENCETAK GENERASI QUR’ANI (Studi Kasus Program Intensif Tahfizhul Qur’an di Institut Daarul Qur’an) Khoirun Nidhom. 3(2). https://doi.org/10.24853/tahdzibi.3.2.83-102
Herawati. (2018). Memahami proses belajar anak. IV, 27–48.
Illahi, N. (2020). Peranan Guru Profesional Dalam Peningkatan Prestasi Siswa Dan Mutu Pendidikan Di Era Milenial. Jurnal Asy-Syukriyyah, 21(1), 1–20. https://doi.org/10.36769/asy.v21i1.94
Ilyas, M. (2020). Metode Muraja’ah dalam Menjaga Hafalan Al-Qur’an. AL-LIQO: Jurnal Pendidikan Islam, 5(01), 1–24. https://doi.org/10.46963/alliqo.v5i01.140
Iwan, A. (2019). IMPLEMENTASI KEGIATAN MENGHAFAL AL-QURAN. 4(1), 55–64. https://doi.org/10.15575/isema.v3i2.5281
Marwiyati, S. (2020). Penanaman Pendidikan Karakter Melalui Pembiasaan. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 8(2), 152. https://doi.org/10.21043/thufula.v8i2.7190
Warisno. (2022). Life Skill Kemandirian Santri Putri Di Pondok Jati Agung Lampung Selatan. 01(04), 50–59.
Yullah, R. (2015). Metode Pembelajaran Tajwīd Didayah Jabal Nur Kecamatan Dewantara Kabupaten Aceh Utara. Jurnal Ilmiah Didaktika, 15(2), 244. https://doi.org/10.22373/jid.v15i2.583
DOI: https://doi.org/10.34001/tarbawi.v20i1.5562
Article Metrics
Abstract view : 127 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.
Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
INDEX BY: