Desain Metode Tazkirah Dalam Membentuk Karakter Peserta Didik

Risal Qori Amarullah, Raden Muhammad Yasin Fadillah, Aan Hasanah, Bambang Samsul Arifin

Abstract


Pendidikan merupakan pilar terpenting untuk memajukan generasi muda bangsa dalam hal perkembangan intelektual anak. Perkembangan intelektual inilah yang akan membentuk kepribadian atau karakter anak. Mengingat pentingnya karakter dalam membangun sumber daya manusia yang tangguh, maka pendidikan karakter harus dilakukan dengan baik. Untuk mewujudkan hal tersebut tentunya diperlukan model yang tepat dalam membentuk karakter siswa. Penelitian ini menggunakan penelitian kepustakaan yang berfokus pada perancangan metode tazkirah dalam membentuk karakter siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah mengumpulkan informasi dari artikel jurnal dan buku-buku yang berkaitan dengan metode tazkirah dan teori terkait lainnya.Hasil penelitian ini berkaitan dengan desain metode tazkirah dalam membentuk karakter siswa yaitu: 

Keywords


Design; Tazkirah; Character

Full Text:

PDF

References


Aan Hasanah, Bambang Samsul Arifin. 2021. “Landasan Teori Pendidikan Karakter Berbasis Pendidikan Agama Islam.” BESTARI 31–42.

Agus, Zainul Fitri. 2012. Reinventing Human Character: Pendidikan Karakter Berbasis Nilai&Etika DiSekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Amarullah, Risal Qori. 2023a. Metode Pendidikan Dalam Al-Qur’an (Teori Dan Praktik Dalam Pembelajaran). Bogor: 2023.

Amarullah, Risal Qori. 2023b. Qudratu Insanin Dalam Pendidikan : Telaah QS. An-Nahl Ayat 78. Bogor: CV. Grup Abdi Fama.

Cahyono, Guntur. 2017. “Pendidikan Karakter Perspektif Al-Qur’an Dan Hadits.” AL-ASTAR, Jurnal Ahwal Al-Syahsiyah Dan Tarbiyah.

Kamaliah, Lailatul. 2018. “Bentuk-Bentuk Internalisasi Karakter Religius Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Di Madrasah Aliyah Annuriyyah Rambipuji Jember.”

Lawrence Kohlberg. 1995. Tahap-Tahap Perkembangan Moral. Yogyakarta: Kanisius.

Lickona, Thomas. 2019. Pendidikan Karakter: Panduan Lengkap Mendidik Menjadi Pintar & Baik. Nusamedia.

Lickona, Thomas. 2022. Masalah Karakter (Karakter Pribadi): Bagaimana Membantu Anak Mengembangkan Penilaian Yang Baik, Integritas, Dan Kebajikan Penting Lainnya. Bumi Aksara.

Parsons, Les. 2019. Bullied Teacher Bullied Student.

Putra, Purniadi. 2017. “"Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran Aqidah Akhlak (Studi Multi Kasus Di MIN Sekuduk Dan MIN Pemangkat Kabupaten Sambas).” Al-Bidayah: Jurnal Pendidikan Dasar Islam 9(2):147–56.

Risal Qori Amarullah, Dian Fitriana, Erih. 2023. Perkembangan Keberagamaan Peserta Didik. Bogor: CV. Grup Abdi Fama.

Risal Qori Amarullah. 2023. “Kebenaran Ilmiah.” Edusifa 9(1):26–35.

Saputra, Ridwan Cahya, and Dhany Efita Sari. 2019. “‘Metode Pembelajaran Perspektif Al–Qur’an Yang Efektif Untuk Pembelajaran Generasi Milenial.’” Seminar Nasional Pendidikan.

Suwartini, Sri. 2017. “‘Pendidikan Karakter Dan Pembangunan Sumber Daya Manusia Keberlanjutan.’” Trihayu: Jurnal Pendidikan Ke-SD-An 4(1).




DOI: https://doi.org/10.34001/tarbawi.v20i1.5246

Article Metrics

Abstract view : 436 times
PDF - 116 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View Tarbawi Stats

INDEX BY: