GUS DUR, PENDIDIKAN ISLAM DAN LINGKUNGAN: IMPLEMENTASI NILAI-NILAI EKOLOGIS DALAM PENDIDIKAN

Ma'ruf Syifa'udin, Nur Widad Mazaya, Nika Luky Santoso

Abstract


Penilitian ini bertujuan untuk menganalisis Pendidikan islam dan lingkungan: Implementasi nilai-nilai ekologis dalam pendidikan menurut Gus Dur. Penelitian ini akan mengacu pada metode penelitian kepustakaan (Library Research) yang melibatkan pengumpulan data dari berbagai sumber literatur. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa agama dan pendidikan memiliki peran penting dalam menginspirasi keyakinan dan pemahaman seseorang terhadap ekologi. Melalui pendidikan, individu dapat mengubah pandangan mereka, meningkatkan pemahaman ekologi, dan mengadopsi gaya hidup yang ramah lingkungan. Melalui pendekatan pendidikan ini, proses internalisasi dan transfer nilai dapat dilakukan secara sistematis dan berkelanjutan, sehingga tujuan yang ditetapkan dapat tercapai dengan efektif.


Keywords


Gus Dur, Ekologi, Pendidikan Islam.

References


Abdul Gaffar, N. : 07720048. (2011). POTRET PEMIKIRAN KH. ABDURRAHMAN WAHID (STUDI TERHADAP BUKU BIOGRAFI GUS DUR: THE AUTHORIZED BIOGRAPHY OF ABDURRAHMAN WAHID KARYA GREG BARTON DAN BUKU IJTIHAD POLITIK GUS DUR KARYA MUNAWAR AHMAD) [Skripsi, UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA]. https://digilib.uin-suka.ac.id/id/eprint/57927/

As-Sayyidi, N. (2016). Pendidikan Ekologi Perspektif Islam. HIKMATUNA: Journal for Integrative Islamic Studies, 2(2). https://doi.org/10.28918/hikmatuna.v2i2.959

Bagir, Z. A., & Abdullah, I. (2004). Mendefinisikan Kembali Agama di Indonesia, dalam Garin Nugroho, dkk. Para Pemimpi Perubahan.

Bahri, S. (2018). Pemikiran KH. Abdurrahman Wahid Tentang Sistem Pendidikan Pesantren. Edugama: Jurnal Kependidikan Dan Sosial Keagamaan, 4(1), 101–135.

Barton, G. (2003). Biografi Gus Dur ; The Authorized Biograp+C502hy of KH. Abdurrahman Wahid (Soft Cover). Lkis Pelangi Aksara.

Evanirosa, Bagenda, C., Hasnawati, Annova, F., Azizah, K., Nursaeni, Maisarah, Asdiana, Ali, R., Shobri, M., & Adnan, M. (2022). Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research). Penerbit Media Sains Indonesia.

Islam, K. U. A. (1990). Al-Qur’an dan Terjemah. Asy-Syarif.

Muhadjir, N. (1993). Metodologi Penelitian Kualitatif. Rake Sarasin.

Nurcholish, A. (2015). Peace Education & Pendidikan Perdamaian Gus Dur. Elex Media Komputindo.

Nurulloh, E. S. (2019). Pendidikan Islam Dan Pengembangan Kesadaran Lingkungan. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam,[SL], 7(2), 237–258.

Rembangy, M. (2010). Pendidikan Transformatif: Pergulatan kritis merumuskan pendidikan di tengah pusaran arus globalisasi. Teras.

Sardiman, A. S. (2007). Media Pendidikan: Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Raja Grafindo Persada.

Satria, A. (2009). Ekologi Politik Nelayan. Lkis Pelangi Aksara.

Sudijono, A., & Pendidikan, P. E. (2007). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Raja Grafindo Persada.

Syaodih Sukmadinata, N. (2008). Pengembangan Kurikulum Teori dan Praktek. Remaja Rosdakarya.

Syukur, F. (2005). Teknologi Pendidikan. RaSAIL.

Wahid, K. A. (2010). Prisma Pemikiran Gus Dur. Lkis Pelangi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.34001/tarbawi.v20i2.5192

Article Metrics

Abstract view : 111 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View Tarbawi Stats

INDEX BY: