MENGAJAR SANTRI DI BALI (Strategi Menerapkan Pendidikan Multikultural Di Pesantren Bali Bina Insani, Tabanan Bali)

Ashif Az Zafi, Nurul Fatimah, Muhammad Hilmi, Salma Nuriya Wahidah, Sirly Amriya Febriyana Sari, Sylma Naima

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keberagaman budaya dan strategi pendidikan multikultural di pesantren Bali Bina Insani. Penelitian menggunakan metode deskriptif deskriptif dengan melakukan penelitian lapangan .Penelitian dilaksanakan di Kabupaten Tabanan Provinsi Bali, tepatnya di Pondok Pesantren Bali Bina Insani pada Maret 2022. Data penelitian diambil melalui wawancara dengan pengurus dan santri sebagai penggerak pendidikan multikultural di pondok pesantren Bali Bina Insani. Dan demi kevalidan data, pengawasan dilakukan dengan mendengarkan pemaparan dari pengurus Yayasan terkait kegiatan-kegiatan di pondok pesantren yang mengimplementasikan pendidikan multikultural. Hasil kajian penelitian ini menunjukkan bahwa untuk memberi pemahaman terhadap keberagaman budaya dan masyarakat yang multikultural santri diajak berperan langsung dalam kegiatan-kegiatan sosial. Pengangkatan guru nonmuslim sebagai pengajar juga merupakan bentuk pemberian pemahaman.


Keywords


pendidikan multikultural; pesantren; toleransi.

Full Text:

PDF

References


(1) Amalia, A. F. (2016, Agustus 2). Internalisasi pendidikan multikutural dalam keluarga radikal di Surabaya Jawa Timur [Conference]. http://digilib.uinsby.ac.id/7404/

(2) Arifin, H. (2021b). Inkulturasi Pendidikan Agama Islam Di Tengah Perbedaan Multikultural Ras, Suku, Dan Agama: Studi Kasus di Yayasan Bali Bina Insani Tabanan Bali. Trilogi : Jurnal Ilmu Teknologi, Kesehatan, Dan Humaniora, 2(1), 81–93. https://doi.org/10.33650/trilogi.v2i1.2864

(3) Fahmi, M. (2019). Pendidikan multikultural sebagai strategi adaptasi Pesantren Bali Bina Insani di daerah minoritas muslim Tabanan Bali [Phd, UIN Sunan Ampel Surabaya]. http://digilib.uinsby.ac.id/39724/

(4) Holil, R. (2020). Eksistensi Pondok Pesantren Bali Bina Insani dalam Mengembangkan Kajian Keislaman di Kampung Hindu Kerambitan Tabanan Bali. [Undergraduate, Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam]. http://digilib.uinkhas.ac.id/3467/

(5) Khairiah. (2020). Multikultural Dalam Pendidikan Islam. IAIN Bengkulu.

(6) Lestari, G. (2015). Bhinnekha Tunggal Ika: Khasanah Multikultural. Jurnal Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, I, 31–37.

(7) Ludji, F., Samiyono, D., & Lattu, I. Y. M. (2020). “Menyama Braya”: Pondasi Utama Relasi Dialog Agama-Agama di Desa Dalung, Bali. Anthropos: Jurnal Antropologi Sosial dan Budaya (Journal of Social and Cultural Anthropology), 5(2), 82. https://doi.org/10.24114/antro.v5i2.14213

(8) Mustaqim. (2020). Manajemen Komunikasi Pendidikan Multikultural Menuju Pendidikan Damai Dan Toleransi. Jurnal Nomosleca, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.26905/nomosleca.v6i1.4037

(9) Purnomo, M. H. (2017). Management Pendidikan Pondok Pesantren. CV. Bildung Nusantara.

(10) Rofiq, A., & Muqfy, H. (2019). Analisis Pendidikan Islam Multikultural Sebagai Pemersatu Bangsa. Indonesian Journal Of Educational Management, 1(1), 134–147.

(11) Rosada, A., Koesoema A, D., Hakyonowati, Antariningsih, K., Rahmawati, E., Indah Permatasari, N., Retno Yuliastuti, P., & Aryaningsih, S. (2019). Pendidikan Multikultural Strategi Mengelola Keberagaman Di Sekolah. PT Kanisius.

(12) Syaifuddin, Fahmi, M., Alfiyah, H., Mualifah, I., & Havera, M. (2019). Strategi Pemasaran Pendidikan Madrasah Tsanawiyah Bali Bina Insani di Daerah Minoritas-Muslim Tabanan Bali. Jurnal Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 7(2), 107–124. https://doi.org/10.15642/jpai.2019.7.2.107-124

(13) Takhdim, M. (2018). Modernisasi Kurikulum Pesantren. IRCiSoD.

(14)Tohir, K. (2020). Model Pendidikan Pesantren Salafi. Scopindo Media Pustaka.

(15) Wakano, A., Kabaqoran, A., Ernas, S., Syarifuddin, Lauselang, H., & Tubaka, A. M. (2018). Pengantar Multikultural. IAIN Ambon Press.




DOI: https://doi.org/10.34001/tarbawi.v19i1.3710

Article Metrics

Abstract view : 152 times
PDF - 85 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View Tarbawi Stats

INDEX BY: