KONFIGURASI PENDIDIKAN BERKARAKTER (EKSPLORASI NILAI-NILAI ISLAMI)
Abstract
Pendidikan karakter didasarkan pada totalitas psikologi yang mencakup seluruh potensi individu manusia (kognitif, afektif, psikomotor) dan fungsi totalitas sosiokultural dalam konteks interaksi dalam keluarga, satuan pendidikan, dan masyarakat. Pada hakekatnya perilaku seseorang yang berkarakter dan fungsi totalitas proses psikologis dan sosial-kultural dalam konteks interaksi (dalam keluarga, satuan pendidikan, dan masyarakat) serta berlangsung sepanjang hayat. Hakikat perdidikan karakter adalah ikhtiar secara total guna membentuk bangsa yang tangguh, kompetitif, berakhlak mulia, bermoral, bertoleran, bergotong royong, berjiwa patriotik, berkembang dinamis, berorientasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang se muanya dijiwai oleh iman dan takwa kepada Tuhan Yang Maha Esa berdasarkan Pancasila.
Kata kunci : Pendidikan Karakter, Nilai Islami
DOI: https://doi.org/10.34001/tarbawi.v9i1.365
Article Metrics
Abstract view : 801 timesFULL TEXT (PDF) - 217 times ABSTRAK (PDF) - 77 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
INDEX BY: