IMPLEMENTASI KEGIATAN BOARDING SCHOOL DALAM PENGEMBANGAN SIKAP KEBERAGAMAAN PESERTA DIDIK

Faizah Indrawati, Wahidin Wahidin

Abstract


Penelitian ini memiliki tujuan untuk memberikan wawasan tentang sistem pembelajaran boarding shcool MTs 1 Purworejo serta pengembangan sikap keberagamaan peserta didik boarding shcool MTs 1 Purworejo. Corak penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Data penelitian dikemas dengan beberapa cara; contohnya observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik triangulasi dilakukan dengan menggunakan triangulasi metode; yaitu meneliti kembali informasi hasil wawancara dengan dokumentasi dan pengamatan. Hasil penelitian ini memberikan gambaran bahwa: Pertama, sistem pembelajaran boarding shcool MTs 1 Purworejo yang memiliki kemiripan dengan sistem pembelajaran pesantren. Kedua, kegiatan peningkatan perilaku keberagamaan di asrama MTs 1 Purworejo untuk peserta didik antara lain dilihat dari segi ritus, ketaatan, pengetahuan, serta pendalaman agama. Ketiga, pelaksanaan desain pembelajaran dilakukan dengan merutinkan ibadah sunnah, seperti sholat sunnah, puasa sunnah, muhadloroh yang dapat mencetak peserta didik agar siap membimbing dan berbaur di lingkungan masyarakat sebagai seorang pembicara, seorang qori’, maupun sebagai ustadz/ustadzah, kegiatan yang selanjutnya yaitu dengan melatihan pengabdian di masyarakat saat bulan Ramadhan tiba.

 


Keywords


Boarding School; Sikap Keberagamaan; Santri

Full Text:

PDF

References


Anggraeni, Aisyah. 2020. “Menegaskan Manusia sebagai Objek dan Subjek Ilmu Pendidikan”. Jurnal PPKn dan Hukum. 15 (1): 65.

Azzet. 2011. Urgensi Pendidikan Karakter di Indonesia. Yogyakarta: Arruz Media.

Jalaluddin. 2008. Psikologi Agama (Memahami Perilaku Keagamaan dengan Mengaplikasikan Prinsip-Prinsip Psikologi). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Mujiati, Umi dan Andi Triyanto. 2017. Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Teman Sebaya terhadap Perilaku Keberagamaan Siswa di SMA Muhammadiyah 1 Kota Magelang. Tarbiyatuna. 8 (1): 71-73.

Mushfi Bali, M, dan Mohammad Fajar Sodik. 2019. Implementasi Nilai-Nilai Pendidikan Pesantren dalam Meningkatkan Ketahanan Mental Santri. Palapa. 7 (1): 4.

Najihaturrohmah. 2017. Implementasi Program Boarding School dalam Pembentukan Karakter Siswa di SMA Negeri Cahaya Madani Banten Boarding School Pandeglang. Tarbawi. 3 (2): 209-210.

Noer, Ali, Syahrani Tambak, dan Harun Rahman. 2017. Upaya Ekstrakulikuler Kerohanian Islam (ROHIS) dalam Meningkatkan Sikap Keberagamaan Siswa di SMK Ibnu Taimiyah Pekanbaru. At-Thariqah. 2 (1): 27.

Rizkiani, Anisa. 2012. Pengaruh Sistem Boarding School terhadap Pembentukan Karakter Peserta Didik (Penelitian di Ma’had Arqam Muhammadiyah Daerah Garut). Jurnal Pendidikan Universitas Garut. 6 (1): 14.

Sholikhun, Muhamad. 2018. Pembentukan Karakter Siswa dengan Sistem Boarding School. Wahana Islamika: Jurnal Studi Keislaman. 4 (1): 51.

Suryana, Emis dan Maryamah. 2013. Pembinaan Keberagamaan Siswa Melalui Pengembangan Budaya Agama di SMA Negeri 16 Palembang. Ta’dib. 18 (2): 176.

Sutrisno. 2017. Implementasi Pendidikan Karakter di Pondok Modern Muhammadiyah Boarding School (MBS) Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah. 6 (5): 509.

Tafsir, Ahmad. 2012. Ilmu Pendidikan Islami. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Zulianingsih, Arni. 2019. Strategi dan Pendekatan Guru Pendidikan Agama Islam dalam Pembinaan Keberagamaan Remaja. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam. 2 (1): 76.




DOI: https://doi.org/10.34001/tarbawi.v19i2.3519

Article Metrics

Abstract view : 93 times
PDF - 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View Tarbawi Stats

INDEX BY: