Evaluasi Pembelajaran PAI Berbasis E-Learning Pada Siswa MTS AL-Jami’atul Wasliyah

erma suryani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meneliti, tentang model pembelajaran yang berbasis E-Learning, model inovasi yang di lakukan oleh guru dalam pembelajaran PAI. Penelitian ini di lakukan pada siswa MTS Al-Jami’atul Wasliyah, metode penelitian adalah metode kualitattif, berdasarkan hasil dari penemuan penulis bahwa penerapan pembelajaran PAI di MTS Al-Jami’atul Wasliyah, pembalajaran pendidikan agama islam selama covid-19 tetap melakukan pembalajaran namun mengunakan system daring, kebijakan yang di lakukan sesuai dengan aturan yang di anjurkan oleh pemerintah. Bebrapa ragam dari inovasi belajar dari MTS Al-Jami’atul Wasliyah  yaitu: 1. Inovasi dari pembaljaran yang dari biasanya adalah dengan mengunakan media internet, penerapan metode friendly. Pembelajaran yang di lakukan berbasis pada praktek. 2. Inovasi pada kegiatan ekstra kurikuler, seperti menghafal ayat al-quran, sholat, memandikan jenazah. Namun ada beberapa hambatan dalam pelaksanaanya ialah. 1. Kesalahan bacaan 2. Ketidak tepat dalam pelaksanaan 3. Minimnya pengetahuan siswa terhadap suatu bentuk dan ukuran yang di gunakan. 4. Ketidak siapan siswa dan guru dalam pembelajaran daring ini. Pembelajaran PAI dalam dunia pendidikan sangat penting, pada saat covid-19 para guru dan siswa harus bisa menyesuaikan dengan keadaan sekarang supaya hasil belajar yang didapat sesuai dengan tujuan dari pembelajaran.

Kata kunci: Evalusi, Pembelajaran PAI, E-Learning  

References


Faridatun Nadziroh, (2017), “Analisa Efektifitas Sistem Pembelajaran Berbasis E-Learning Pengarang”, vol 2. No 1

https://riaupos.jawapos.com/pendidikan/07/02/2021/245827/persiapan-guru-dalam-proses-pembelajaran-daring.html

Lilik maftuhati, (2014) “evaluasi pembelajaran anak berkebutuhan khusus (ABK) di kelas inklusif di sd plus darul ulum jombang”, 5(2), 214

Lubis, R. R. (2016). Kompetensi Kepribadian Guru Dalam Persfektif Islam, Studi Pemikiran Nasih ‘Ulwān Dalam Kitab Tarbiyatul Aulād, Tazkiya.

Lubis, R. R., & Nasution, M. H. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter di Madrasah. JIP, Jurnal Ilmiah PGMI.

Masruroh Lubis, Dairina Yusri, Media Gusman, (2020), Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis E-Learning, Journal Of Islamic Education.

Siti lathifatus dun’iyah, media pembelajaran daring berorientasi evaluasi pembalajaran pada mata pelajaran PAI di tingkat pendidikan dasar.




DOI: https://doi.org/10.34001/tarbawi.v20i2.2907

Article Metrics

Abstract view : 42 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View Tarbawi Stats

INDEX BY: