Kedudukan guru dalam perspektif pendidikan Islam

Ahmat Miftakul Huda, Ana Maritsa, Difa’ul Husna

Abstract


Guru merupakan peranan yang paling utama dalam berlangsungnya proses pembelajaran karena seorang guru akan mengubah tingkah laku dan meningkatkan kualitas peserta didik menjadi pribadi yang lebih baik. Tugas seorang guru yaitu membimbing, mendidik, dan mengarahkan peserta didik untuk senantiasa bertaqwa kepada Allah SWT. Artikel ini bertujuan untuk mengetahui bahwa guru memiliki kedudukan yang lebih tinggi dan istimewa dalam perspektif Pendidikan Islam. Pendekatan penelitian yang digunakan dalam artikel ini yaitu menggunakan metode kualitatif dengan bentuk penelitian kepustakaan dalam memperoleh data. Penelitian ini menggunakan sumber data kepustakaan berupa buku, jurnal, dan sumber lainnya yang dikumpulkan dari beberapa referensi terkait dengan judul artikel ini. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data yaitu dengan cara mencari sumber referensi yang terkait dengan pembahasan artikel ini, kemudian menganalisis isi dari data – data yang sudah terkumpul. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa guru memiliki kedudukan yang lebih tinggi dalam perspektif Islam. Allah juga akan memberi kedudukan serta derajat yang lebih tinggi kepada orang – orang yang berilmu. Seorang guru mempunyai kewajiban dalam rangka untuk menciptakan anak bangsa menjadi manusia yang cerdas dan memiliki akhlakul karimah.


Keywords


Guru; Kedudukan Guru; Pendidikan Islam; Guru Dalam Pendidikan Islam

Full Text:

PDF

References


Arfandi. (2020). Persfektif Islam Tentang Kedudukan Dan Peranan Guru Dalam Pendidikan. Jurnal Darussalam; Jurnal Pendidikan, Komunikasi Dan Pemikiran Hukum Islam, XI(2), 348–365.

Aslamiyah, S. S. (2013). Pendidikan Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Al Hikmah, 3(2), 231–240.

Asnawi, M. (2012). Kedudukan Dan Tugas Pendidik Dalam Pendidikan Islam. Tribakti: Jurnal Pemikiran Keislaman, 23(2), 36–52.

Azis, A. R. (2019). Ilmu Pendidikan Islam. Yogyakarta: SIBUKU. http://repositori.uin-alauddin.ac.id/13856/1/Ilmu Pendidikan Islam.pdf

Hermawan, I., Ahmad, N., & Suhartini, A. (2020). Konsep Amanah dalam Perspektif Pendidikan Islam. Qalamuna - Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 12(2), 141–152. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i2.389

Hidayat, T., Rizal, A. S., & Fahrudin. (2018). Pendidikan Dalam Perspektif Islam Dan Peranannya Dalam Membina Kepribadian Islami. Jurnal MUDARRISUNA, 8(2), 218–244. https://doi.org/10.22373/jm.v8i2.3397

Idris, S., & ZA, T. (2017). Realitas Konsep Pendidikan Humanisme Dalam Konteks Pendidikan Islam. Jurnal Edukasi: Jurnal Bimbingan Konseling, 3(1), 96–113.

Illahi, N. (2020). Peranan Guru Profesional Dalam Peningkatan Prestasi Siswa Dan Mutu Pendidikan Di Era Milenial. Jurnal Asy- Syukriyyah, 21(1), 1–20.

Iskandar, K. (2017). Profesionalisme Guru Dalam Pendidikan Islam Dan Gambaran Ideal Seorang Pendidik. JALIE: Journal of Applied Linguistics and Islamic Education, 01(01), 21–40.

Juhji. (2016). Peran Urgen Guru Dalam Pendididkan. STUDIA DIDAKTIKA Jurnal Ilmiah Pendidikan, 10(1), 52–62.

Kamal, H. (2018). Kedudukan Dan Peran Guru Dalam Perspektif Pendidikan Islam. Rausyan Fikr, 14(1), 19–29.

Kosim, M. (2008). Guru Dalam Perspektif Islam. Tadris, 3(1), 45–58.

Muhlison. (2014). Guru Profesional (Sebuah Karakteristik Guru Ideal Dalam Pendidikan Islam). Jurnal Darul ‘Ilmi, 02(02), 46–60.

Mustofa, A. (2019). Metode Keteladanan Perspektif Pendidikan Islam. CENDEKIA : Jurnal Studi Keislaman, 5(1), 23–42. https://doi.org/10.37348/cendekia.v5i1.71

Nata, A. (2010). Ilmu Pendidikan Islam (1st ed.). Jakarta: Kencana Prenada Media Group. https://doi.org/10.31219/osf.io/cnga2

Prabowo, S. H., Fakhruddin, A., & Rohman, M. (2020). Peran Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Anak Di Masa Pandemi Covid-19 Perspektif Pendidikan Islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 11(2), 191–207.

Purwaningsih, R. F., & Muliyandari, A. (2021). Profesionalisme Guru Dalam Perspektif Islam. Ngaji: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 61–71.

Rahmadani. (2019). Pendidikan Dalam Perspektif Al-Qur’an. Jurnal Sains Riset (JSR), 9(2), 17–25.

Sa’diyah, H. (2012). Profil Guru Ideal Dalam Pandangan Muhammad ’Athiyah Al-Abrasyi. Tadrîs, 7(2), 178–197.

Saat, S. (2015). Faktor-Faktor Determinan Dalam Pendidikan. Jurnal Al-Ta’dib, 8(2), 1–17.

Saihu. (2020). Konsep Pembaharuan Pendidikan Islam Menurut Fazlurrahman. Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 83–98. https://doi.org/10.36671/andragogi.v2i1.76

Samsudin, M. (2015). Pendidikan Anak Perspektif Islam Dan Barat (Studi Analisis Pendekatan Filosofis dan Ilmu Pendidikan). Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 09(01), 33–58. http://www.journal.uniga.ac.id/index.php/JP/article/download/79/82

Seknun, M. Y. (2012). Kedudukan Guru Sebagai Pendidik. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 15(1), 120–131. https://doi.org/10.24252/lp.2012v15n1a10

Sulaiman. (2019). Hakikat Manusia Sebagai Pendidik Dalam Perspektif Filsafat Pendidikan Islam. Jurnal Auladuna, 01(02), 91–99.

Sutarman. (2017). Guru Dan Peserta Didik Dalam Perspektif Pendidikan Islam. AL-MISBAH, 05(1), 34–50.

Syam, A. R. (2019). Guru dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Era Revolusi Industri 4.0. Tadris, 14(1), 1–19. https://doi.org/10.19105/tjpi.v14i1.2147

Tafsir, A. (1992). Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Tamuri, A. H., & Ajuhary, M. K. A. (2010). Amalan Pengajaran Guru Pendidikan Islam Berkesan Berteraskan Konsep Mu ‘ allim. Journal of Islamic and Arabic Education, 2(1), 43–56.

Umam, M. K. (2020). Dinamisasi Manajemen Mutu Persfektif Pendidikan Islam. Jurnal Al-Hikmah, 8, 61–74.

Welia. (2016). Pelaksanaan Peningkatan Kompetensi Guru Rumpun Pendidikan Agama Islam (Pai) Di Man 2 Kota Bengkulu. Al-Bahtsu, 1(2), 287–297.

Yuliani. (2018). Konsep Pendidikan Islam Dan Barat (Analisis Komparatif Pemikiran Imam az-Zarnuji dan John Dewey). Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 14(2), 1–16. https://doi.org/10.31000/rf.v14i02.897




DOI: https://doi.org/10.34001/tarbawi.v18i2.2273

Article Metrics

Abstract view : 5843 times
PDF - 10107 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View Tarbawi Stats

INDEX BY: