Pendidikan Karakter Perspektif Ibn Miskawaih

Dhea Alfina Damatussolah

Abstract


Tulisan ini mengkaji tentang pendidikan karakter menurut Ibn Miskawaih. Terdapat berbagai macam pengertian pendidikan karakter menurut berbagai ahli. Ibn Miskawaih memberikan pengertian sendiri dari pendidikan karakter. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif kepustakaan atau literatur. Subyek dalam penelitian ini adalah Ibn Miskawaih. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kajian pustaka literasi. Penelitian ini dilakukan dalam jangka waktu satu minggu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa menurut Ibn Miskawaih pendidikan karakter menjadi landasan utama dalam berperilaku manusia dengan nilai-nilai kemanusiaan. Nilai-nilai kemanusiaan yang hanief (suci) sebagaimana sifat bijaksana, berani, adil dan sebagainya

Keywords


Character Education, Perspective, Ibn Miskawaih

Full Text:

PDF

References


Abidin, Zainal. 2014. “Konsep Pendidikan Islam Ibnu Miskawaih Dan Implikasinya Bagi Pendidikan Karakter Di Indonesia”.Jurnal Tapis 14 (2): 92.

Ahmad Azhar Basyir. 1983. Miskawaih Riwayat Hidup Dan Pemikiran Filsafatnya. Yogyakarta: Nur Cahaya.

Anwar Sanusi. 2016. Metodologi Penelitian Bisnis. Jakarta: Salemba Empat.

Arifin,Yanuar. 2017. Pemikiran-Pemikiran Emas Para Tokoh Pendidikan Islam Dari Klasik Hingga Modern. Yogyakarta: IRCiSoD.

Gunawan, Heri. 2016. Pendidikan Islam Kajian Teoritis Dan Pemikiran Tokoh. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Hariadi, alimatus sa’adah dan m. farhan. 2020. “Pemikiran Ibnu Miskawaih (Religius-Rasional) Tentang Pendidikan Dan Relevansinya Di Era Indsutri 4.0.” Jurnal Penelitian Keislaman 16 (1) : 20–21.

Hariyanto, Hariyanto, and Fibriana Anjaryati. 2016. “Character Building: Telaah Pemikiran Ibnu Miskawaih Tentang Pendidikan Karakter.” Jurnal Pendidikan Islam Indonesia 1 (1) : 111–118.

Ibn Miskawaih. 1997. Menuju Kesempurnaan Akhlak: Buku Daras Pertamai Tentang Filsafat Etika. Edited by Helmi. Bandung: Mizan.

Ibn Miskawaih. 1398. Tahdziib Al-Akhlaq Wa Tahiir A’raaq. Beirut: Manshurat Dar al-Maktabah al-Hayaat.

Labib,Muhsin. 2005. Para Filsof Sebelum Dan Sesudah Mulla Shadra. Jakarta:Al Huda.

Miskawaih, Ibn. Tahzib Al-Akhlaq Wa Tahirul. A:Raq, n.d.

Mubin, Mohammad Sukron. 2020. “Pendidikan Karakter Menurut Ibnu Miskawai Dan Implementasinya Terhadap Pembelajaran Masa Pandemi,.” Reforma: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 9 (2) : 109-111.

Mulia, Harpan Reski. 2019. “Pendidikan Karakter: Analisa Pemikiran Ibnu Miskawaih,.” Jurnal Tarbawi : Jurnal Ilmu Pendidikan, 15 (1) : 67-74.

Nata, Abudin. 2000. Pemikiran Para Tokoh Pendidikan Islam. Jakarta: PT Raja Graafindo Persada.

Ramli. 2015. “Pendidikan Dan Ilmu Pengetahuan Dalam Upaya Mencari Format Pendidikan Yang Islami Kajian Pemikiran Ibnu Miskawaih.” Jurnal Dosen STIU: Almujtama’ Pamekasan 01 (1) : 174.

Setiawan, Agus. 2019. “Pendidikan Karakter Pada Peserta Didik Di Masa Pandemi Covid-19 Berbasis Keluarga.” Jurnal Ilmiah Mandala Education 7 (1) : 319–327. http://ejournal.mandalanursa.org/index.php/JIME/indexterakreditasiPeringkat4.

Tafsir Web. Qur’an Surat Al-Ahzab Ayat 43, n.d.

Wirianto, Dicky. 2013. Merentas Pendidikan Karakter Perspektif Ibn Miskawaih Dan John Dewey. Banda Aceh: Yayasan Pena Banda Aceh.




DOI: https://doi.org/10.34001/tarbawi.v20i2.2244

Article Metrics

Abstract view : 13 times
PDF - 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View Tarbawi Stats

INDEX BY: