PENDIDIKAN KARAKTER SISWA MELALUI PENDEKATAN BEHAVIORAL MODEL OPERANT CONDIT/ON/N6

Sunan Baedowi

Abstract


Pendidikan karakter di sekolah merupakan cerminan dari tabiat siswa, semakin baik pendidikan karaktemya, maka akan semakin baik pula perilaku siswa tersebut. Pendekatan yang bisa dilakukan dalam proses pendidikan karakter oleh para pendidik bisa bermacam-macam. Salah satu pendekatan yang bisa digunakan adalah behavioral model operant conditioning. Proses aplikasi model operant conditioning ini adalah melalui beberapa strategi, diantaranya yaitu dengan menentukan jadwal penguatan (schedule of reinforcement), pembentukan (shaping), kemudian stimulant aversif, serta modifikasi perilaku (behavior modification). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana cara mengimplementasikan pendidikan karakter siswa melalui pendekatan behavioral model operant conditioning. Pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sedangkan teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendekatan behavioral model operant conditioning dapat diterapkan dalam pendidikan karakter siswa dengan menggunakan beberapa strategi yang bisa dilakukan antara lain: penentuan jadwal penguatan (schedule of reinforcement) dengan cara memberikan penguatan positif seperti contoh memberikan penghargaan kepada siswa setiap siswa mengerjakan tugas dengan benar. Kemudian shaping dapat diaplikasikan pada pembentukan sikap berani kepada siswa dengan cara melatihnya secara kontinyu untuk presentasi di depan kelas. Selanjutnya stimulan aversif seperti contoh tidak memberikan nilai apabila siswa tidak mengumpulkan tugas. Strategi modifikasi perilaku (behavior modification) seperti memperketat lingkungan sekolah agar siswa yang sering membolos menjadi tidak bisa membolos lagi.

Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Behavioral, Operant Conditioning

98 I Jurnal Tarbawi Vol. II. No. 2. Juli - Desember 2014

ABSTRACT

Character education in schools is a reflection of the nature of the student, good educational character, it will make good behavior. The approach, could be in the process of character education, can vary. One approach that can be used is a model of operant conditioning behavioral. The application process operant conditioning models are through several strategies, among which the decisive reinforcement schedule, shaping, then stimulant aversive, and modification of behavior. The purpose of this study was to determine how to implement character education through a behavioral approach; operant conditioning models. The approach used in this study is a qualitative approach. While the data collections, which were used, were observation and documentation. The results showed that the model of operant conditioning behavioral approach can be applied in character education by using several strategies that can be done include:


determination of reinforcement schedule by providing positive reinforcement as an example of giving awards to students properly . Then shaping can be applied to the formation of bold attitude to students in a way to train continuously for presentation to the class. Furthermore aversive stimuli such examples do not provide value if the student does not collect duties. Behavior modification strategies as tighten the school environment so that students can often become truant again.

Keywords: Character Education, Behavioral, Operant Conditioning



DOI: https://doi.org/10.34001/tarbawi.v11i2.218

Article Metrics

Abstract view : 1477 times
Abstrak (PDF) - 277 times full text (pdf) - 3327 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View Tarbawi Stats

INDEX BY: