PENDIDIKAN KARAKTER DALAM PARADIGMA PROPHETIC PARENTING SEBAGAI UPAYA MENGATASI DEGRADASI MORAL ANAK DI INDONESIA

Rahmatika Layyinah, Ikke Pradima Sari, M Nurul Ikhsan Saleh

Abstract


Fenomena degradasi moral di Indonesia dalam level mencemaskan dan berbahaya. Belakangan, banyak anak-anak dan remaja bukan lagi hanya sebagai korban kejahatan tetapi mereka sudah banyak yang menjadi pelaku dari berbagai kejahatan. Sebagian dari mereka terlibat dalam tawuran, kekerasan fisik, kekerasan psikis, kekerasan verbal, kejahatan seksual, narkoba, dan pembunuhan. Penelitian ini bertujuan untuk menggali pendekatan pendidikan karakter dalam paradigma prophetic parenting untuk mengatasi fenomena degradasi moral di Indonesia. Menggunakan penelitian kajian pustaka, penelitian ini mengeksplorasi metode pendidikan karakter bagi anak yang diajarkan Nabi Muhammad SAW sebagai upaya untuk membangun generasi muda yang berakhlakul karimah. Peneliti mengumpulkan beragam literatur bacaan seperti buku, journal, majalah, dan berita dalam beberapa tahun terakhir. Penelitian ini menemukan bahwa prophetic parenting merupakan suatu ajaran dan konsep mendidik anak dengan berkiblat pada cara-cara yang dilakukan oleh Rasulullah SAW yang didalamnya mencakup proses pengajaran, pendidikan, dan penanaman nilai-nilai karakter. Pendekatan pendidikan karakter menggunakan paradigma propthetic parenting meliputi penanaman adab, menanamkan sikap jujur, mengajarkan sikap amanah, mendidik anak untuk menjauhi sifat iri dan dengki, dan mendidik anak melalui keteladanan.

Keywords


Karakter; Prophetic Parenting; Degradasi Moral

Full Text:

PDF

References


Abdul Mustaqim. (2005). Menjadi Orang Tua Bijak. Bandung: Al-Bayan Mizan.

Azizah, H. (2018). Mendidik Buah Hati ala Rasulullah. Qultum Media.

Catatan Ann Grinnel. (2012). Pembacaan Wajib PAK Remaja-Pemuda. Makassar: STT Jaffray.

Chairan M. Nur. (2015). Reformulasi Konsep Pendidikan Anak Berbasis Prophetic Parenting. Banda Aceh: Copernicus Publications.

Elsyana nelce Wadi, E. S. (2016). Peran Orang Tua Sebagai Keluarga Cyber Smart dalam Mengajarkan Pendidikan Kristen pada Remaja GKII Ebenhaezer Sentani Jayapura Papua. Jurnal Jaffray, 14(1).

Gustia, T. (2015). Sinergitas Ilmu dan Adab. Jurnal Adabiyah, XV, 1829.

Hasyim, M. (2015). Konsep Pendidikan karakter Perspektif Umar Baradja dan Relevansinya dengan Pendidikan Nasional. CENDIKIA; Jurnal Studi Keislaman, 1, 159.

Inten, D. N. (2017). Penanaman Kejujuran Pada Anak Dalam Keluarga. Jurnal Family Edu, III(1).

Kemdikbud. Panduan Pelaksanaan pendidikan Karakter, oleh Kementerian Pendidikan Nasional Badan Penelitian Dan Pengembangan Pusat Kurikulum Dan Perbukuan 2011 diakses 6 September 2020

Kemdikbud. Penguatan Pendidikan Karakter Jadi Pintu Masuk Pembenahan Pendidikan Nasional. Diakeses melalui https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2017/07/penguatan-pendidikan-karakter-jadi-pintu-masuk-pembenahan-pendidikan-nasional pada 7 September 2020

Makin, B. dan M. (2011). Pendidikan Humanistik (Konsep, Teori dan Psikis dalam Dunia Pendidikan). Yogyakarta: Ar Ruz Media.

Maulana Musa Ahmad Olgar. (2000). Mendidik Anak Secara Islami, Terjemahan Supriyanto Abdullah Hidayat. Yogyakarta: Ash-Shaff.

Nikmah, N. &. (2018). Konsep Pendidikan Islam Berwawasan Kerukunan pada Masyarakat Multikultural. Millah; Jurnal Studi Agama, 2(17), 337378.

Norlena, I. (2015). KERJASAMA ORANG TUA DAN SEKOLAH DALAM PEMBINAAN ANAK. Tarbiyah Islamiyah; Jurnal Ilmiyah Pendidikan Agama Islam, 5, 3960.

Pusat Kurikulum (2010) Pelatihan Penguatan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa oleh Pusat Kurikulum Departemen Pendidikan Nasional, 2010, diakses 6 September 2020 https://www.worldcat.org/title/bahan-pelatihan-penguatan-metodologi-pembelajaran-berdasarkan-nilai-nilai-budaya-untuk-membentuk-daya-saing-dan-karakter-bangsa-pengembangan-pendidikan-budaya-dan-karakter-bangsa/oclc/731009978

Rakhmaningrum, C. (2019). Krisis Moral Generasi Muda, Orang Tua Perlu Sekolah Juga.

Saifullah. (2017). Konsep Pembentukan Karakter Siddiq dan Amanah pada Anak melalui Pembiasaan Puasa Sunat. Jurnal Mudarrisuna; Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 7, 77102.

Styawati, Y. (2016). Prophetic Parenting Sebagai Paradigma Pendidikan Karakter. Didaktika Religia, 4.

Sudrajat, A. (2011). Mengapa pendidikan karakter?. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1).

Suwaid, M. N. A. H. (2009). Prophetic Parenting; Cara Nabi Mendidik Anak. Yogyakarta: Pro U Media.

Syafi'ie, Imam. (2020). Konsep Ilmu Pengetahuan dalam Alquran: Yogyakarta: UII Press

Yulia, H. (2016). Prophetic Parenting Sebagai Model Pengasuhan dalam Pembentukan Karakter (akhlak) Anak. Jurnal Studia Insania, 4(1), 7994.




DOI: https://doi.org/10.34001/tarbawi.v19i1.2037

Article Metrics

Abstract view : 231 times
PDF - 121 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View Tarbawi Stats

INDEX BY: