Problematika dan solusi pendidikan agama Islam (PAI) di perguruan tinggi umum (PTU)

Muhammad Nurul Mubin

Abstract


Pendidikan Agama Islam (PAI) Pada dasarnya tujuan pendidikan adalah membentuk kepribadian muslim yang utuh dan mengembangkan segenap potensi manusia lahir dan batin. Terkait Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi, nama MPK diubah lagi menjadi MKWU (Mata Pelajaran Wajib Umum). PAI berharap penyelenggara perguruan tinggi dapat memahami dan mewujudkan mata kuliah pendidikan agama sebagai mata pelajaran wajib yang menjadi ruh pembinaan kepribadian mahasiswa dan landasan spiritual bagi pengembangan bidang ilmunya masing-masing. Perkembangan filosofi yang terstagnasi dalam Pembelajaran Agama Islam (PAI) telah melahirkan Beberapa cendikiawan, pejabat, tokoh masyarakat, pendakwah, dan orang-orang kredibel lainnya memang berlandaskan nilai-nilai Islam. Sejauh ini, ide mengembangkan PAI diabaikan karena tidak ada yang bisa menggugah semangat dan motivasi menciptakan Islam untuk meningkatkan ilmunya. Dalam penyelesaian masalah dalam artikel ini menggunakan pendekatan dikrepansi, yang artinya, mencari kesenjangan antara kondisi ideal implementasi pembelajaran berpendekatan saintifik dengan kondisi nyata yang terjadi di lapangan. Menyelesaikan masalah dengan mempertimbangkan juga pertimbangan teori, filosofis, dan literatur yang sesui dengan kondisi, lapagan. Diharapkan artikel ini menjadi letarasi yang berkontribusi dalam dunia akademik, sebagai pertimbangan teoritis dan menyelesaikan masalah dimasa yang akan datang.

 


Keywords


Solusi; Problem; PAI; PTU

Full Text:

PDF

References


A. Rifqi Amin. 2012. “System Pembelajaran PAI di Perguruan Tinggi Umum”. Yogyakarta: Deepublish.

Abdul Munip. 2008. “Perkuliahan Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Negeri”. Jurnal Pendidikan Islam Vol. V No.1 23-24.

Anggi Fitri. 2018. “Pendidikan Karakter Prespektif Al-Quran Hadits”. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam Vol.1 No.2 Juli (1-2).

Darodjat, Wahyudhiana. 2015. “Model Evaluasi Program Pendidikan”. ISLAMADINA, Volume XIV , No. 1 , Maret. 1-28

Hasan Baharun, dkk. 2017.”PENGEMBANGAN KURIKULUM: TEORI DAN PRAKTIK Konsep, Prinsip, Model, Pendekatan dan Langkah-langkah Pengembangan Kurikulum PAI“. Yogyakarta: Pustaka Nurja.

Indah Fitriya. 2020. “Menumbuhkan Sikap Karakteristik Islam dalam Dunia Pendidikan Pesantren Maupun di Luar Pendidikan Pesantren di Indonesia”. Jurnal Tasyri’: Vol 27, Nomor 1, April

M. Iqbal Hasan. 2002.”Pokok-pokok Materi Metodologi Penelitian dan Aplikasinya”. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Miftahuddin. 2020. “Pengembangan Kurikulum Pendidikan Islam: Teoretis dan Praktis” .Semarang: The Mahfud Ridwan Institute.

Muhaimin. 2005. “Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam di Sekolah, Madrasah dan perguruan Tinggi”. Jakarta : Raja Grafindo Persada. Muhammad Zaki. 2015. “Pendidikan Agama Islam Di Perguruan Tinggi Umum Berbasis Multikulturalisme”. Nur El-Islam, Volume 2, Nomor 1, April

Nur Saidah. 2007. “Pendidikan Agama Islam, Problem Dan Tantangannya Sebagai Komponen Matakuliah Pengembangan Kepribadian (MPK)”. Jurnal Pendidikan Agama Islam Vol. N, No. 1,

Oemar Hamalik. 2003. “Manajemen Belajar di Perguruan Tinggi: Pendekatan Sistem Kredit Semester (SKS)”, Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Rifqi Amin, 2012. “System Pembelajaran PAI di Perguruan Tinggi Umum”. (Yogyakarta: Deepublish.

Tatik Safiqo. 2020. “Pendidikan Afektif Dan Penerapannya Dalam Pembelajaran Di Sekolah”. Jurnal Tasyri’: Vol 27, Nomor 2, Oktober. “Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 tentang System Pendidikan Nasional 2003 beserta penjelasannya”. 2003. Jakarta: Cemerlang.

Wina Sanjaya. 2008. “Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan”. Jakarta: Kencana,

Zainul Muhibbin, 2012. “PAI: Membangun Karakter Madani“. Surabaya: ITS Press.




DOI: https://doi.org/10.34001/tarbawi.v18i2.1992

Article Metrics

Abstract view : 1527 times
PDF - 2151 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View Tarbawi Stats

INDEX BY: