PENDIDIKAN BERWAWASAN FEMINISME ; DALAM QS. AL-AHZAB (33): 53, 59 DAN AN-NUR (24): 31

Muhammad Nashrul Haqqi

Abstract


ABSTRAK

 

Tulisan ini berupaya menemukan suatu pembacaan yang holistik dan proporsional terhadap QS. al-Ahzab (33): 53, 59 dan an-Nur (24): 31, yang ditujukan untuk mengurai indikasi ketidaksesuaian (mismatch) di  antara ketiga ayat tersebut atas eksistensi perempuan. Tidak hanya dalam aras pemahaman atau pengungkapan nilai-nilai objektif, tetapi juga pada aspek penerapan dalam realitas dan berbagai konteks yang melingkupi. Dalam upaya   itu   terungkap   bahwa    platform   etika    atau  moralitas  serta perlindungan  bagi  laki-laki  dan  perempuan   secara berimbang dalam segala bentuk interaksinya adalah nilai fundamental QS. al-Ahzab (33): 53, 59 dan an-Nur  (24): 31, yang dapat diterapkan sesuai dengan  norma, budaya dan tradisi yang ada. Seharusnya perempuan dapat lebih memiliki hak kebebasan dan perlindungan untuk mengaktualisasikan dirinya dalam berbagai aspek kehidupan. Namun di sisi lain,  ketimpangan, kekerasan dan pelecehan seksual masih terjadi karena  kompleksitas kondisi yang tidak hanya terkait dengan pelaku dan   korbannya, melainkan juga melibatkan  keluarga,  lingkungan,  masyarakat,  pendidikan  dan  kondisi sosial-ekonomi  yang  melingkupi.  Di sanalah adagium universalitas  al- Qur?an sebagai basis yang melandasi pendidikan Islam itu kemudian diuji, karena jika dipahami secara holistik, QS. al-Ahzab (33): 53, 59 dan an-Nur (24):  31 itu  justru menegaskan upaya pembebasan  terhadap  segala bentuk belenggu terhadap perempuan.

Kata Kunci: al-Qur?an, feminisme, ketimpangan, pendidikan

ABSTRACT

This paper attempts to read QS. al-Ahzab (33): 53, 59 and an-Nur (24): 31 holistic and proportionate. The goal is to parse indication of a  mismatch between the verses in contemporary women?s reality. Not only in the area of understanding or disclosure of objective values, this paper also attempt to uncover aspects of the application of these verses in reality and various sorrounding contexts. In that effort, it was revealed that the platform of ethics or morality as well as protection for both men and women equally in all forms of interaction is a fundamental value of QS. al-Ahzab (33): 53, 59 and an-Nur (24): 31. The values can be applied in accordance  with the norms, culture and traditions. It should be more women have the right to freedom and protection to actualize herself in various contexts of life. But on other hand, inequality, violence and sexual harrasment still occur due the complexity of the condition which is not  only related to the offender and the victim, but also involves to the family, neighborhood, community, education and socio-economic conditions. That?s where the universality of al-Qur?an as the basic of  Islamic education was tested, because if It is understood in a holictic manner, It actually confirms QS. al-A hzab (33): 53, 59 and an-Nur (24): 31 leberation efforts against all forms of shackles on women.

Keywords: al-Qur?an, feminism, imbalance, education



DOI: https://doi.org/10.34001/tarbawi.v11i1.191

Article Metrics

Abstract view : 199 times
Abstrak (PDF) - 80 times full text (pdf) - 1262 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View Tarbawi Stats

INDEX BY: