PENDIDIKAN BERWAWASAN FEMINISME ; DALAM QS. AL-AHZAB (33): 53, 59 DAN AN-NUR (24): 31
Abstract
Tulisan ini berupaya menemukan suatu pembacaan yang holistik dan proporsional terhadap QS. al-Ahzab (33): 53, 59 dan an-Nur (24): 31, yang ditujukan untuk mengurai indikasi ketidaksesuaian (mismatch) di antara ketiga ayat tersebut atas eksistensi perempuan. Tidak hanya dalam aras pemahaman atau pengungkapan nilai-nilai objektif, tetapi juga pada aspek penerapan dalam realitas dan berbagai konteks yang melingkupi. Dalam upaya itu terungkap bahwa platform etika atau moralitas serta perlindungan bagi laki-laki dan perempuan secara berimbang dalam segala bentuk interaksinya adalah nilai fundamental QS. al-Ahzab (33): 53, 59 dan an-Nur (24): 31, yang dapat diterapkan sesuai dengan norma, budaya dan tradisi yang ada. Seharusnya perempuan dapat lebih memiliki hak kebebasan dan perlindungan untuk mengaktualisasikan dirinya dalam berbagai aspek kehidupan. Namun di sisi lain, ketimpangan, kekerasan dan pelecehan seksual masih terjadi karena kompleksitas kondisi yang tidak hanya terkait dengan pelaku dan korbannya, melainkan juga melibatkan keluarga, lingkungan, masyarakat, pendidikan dan kondisi sosial-ekonomi yang melingkupi. Di sanalah adagium universalitas al- Qur?an sebagai basis yang melandasi pendidikan Islam itu kemudian diuji, karena jika dipahami secara holistik, QS. al-Ahzab (33): 53, 59 dan an-Nur (24): 31 itu justru menegaskan upaya pembebasan terhadap segala bentuk belenggu terhadap perempuan.
Kata Kunci: al-Qur?an, feminisme, ketimpangan, pendidikan
ABSTRACT
This paper attempts to read QS. al-Ahzab (33): 53, 59 and an-Nur (24): 31 holistic and proportionate. The goal is to parse indication of a mismatch between the verses in contemporary women?s reality. Not only in the area of understanding or disclosure of objective values, this paper also attempt to uncover aspects of the application of these verses in reality and various sorrounding contexts. In that effort, it was revealed that the platform of ethics or morality as well as protection for both men and women equally in all forms of interaction is a fundamental value of QS. al-Ahzab (33): 53, 59 and an-Nur (24): 31. The values can be applied in accordance with the norms, culture and traditions. It should be more women have the right to freedom and protection to actualize herself in various contexts of life. But on other hand, inequality, violence and sexual harrasment still occur due the complexity of the condition which is not only related to the offender and the victim, but also involves to the family, neighborhood, community, education and socio-economic conditions. That?s where the universality of al-Qur?an as the basic of Islamic education was tested, because if It is understood in a holictic manner, It actually confirms QS. al-A hzab (33): 53, 59 and an-Nur (24): 31 leberation efforts against all forms of shackles on women.
Keywords: al-Qur?an, feminism, imbalance, educationDOI: https://doi.org/10.34001/tarbawi.v11i1.191
Article Metrics
Abstract view : 199 timesAbstrak (PDF) - 80 times full text (pdf) - 1262 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
INDEX BY: