KONSEP PENDIDIKAN AKHLAK MENURUT IBNU ?ARABI

Zubaidi Zubaidi

Abstract


ABSTRAK

Tujuan utama pendidikan dalam Islam adalah membentuk akhlak mulia dalam diri peserta didik. Mengingat begitu pentingnya posisi akhlak/karakter tersebut, maka studi ini bertujuan untuk membahas konsep pendidikan akhlak menurut seorang tokoh besar Islam. Sedangkan tokoh yang dipilih penulis dalam studi ini adalah seorang tokoh Tasawuf, yakni Ibnu Arabi. Kajian ini berusaha untuk menggali pemikiran tokoh klasik tersebut terkait dengan konsep akhlak dan relevansinya terhadap pendidikan karakter khususnya di Indonesia.

Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah library research. Sedangkan pendekatan yang digunakan adalah hermeneutika. Kemudian analisis yang digunakan adalah content analysis. Teks primer yang dikaji di sini adalah kitab Tahzib al-Akhlaq. Sedangkan teks sekundernya adalah beberapa karya orang lain tentang pemikiran Ibnu ?Arabi.

Hasil kajian terhadap beberapa teks terkait adalah bahwa manusia, khususnya peserta didik, harus menggunakan akal dan hatinya sehingga bisa terbedakan dengan binatang. Dengan tuntunan ajaran dari Tuhan, peserta didik bisa berakhlak mulia, baik dalam hubungannya dengan Tuhannya maupun dengan sesama.

Kata-kata kunci: pendidikan Islam, akhlak, akal, Ibnu ?Arabi.

 

 

ABSTRACT

The main purpose of education in Islam is to mold noble character of student. Due to this urgent position of that character, so this study is aimed at discussing the concept of character education according to a great Islamic scholar. The scholar chosen by the writer here is a well- known Sufi in Islamic history, namely Ibnu Arabi. This study tries to explore Ibnu Arabi?s thought related to character concept and its relevance to character education especially in Indonesia.

The research type used here is library research. The approach of analysis used is hermeneutics. Technically, it uses content analysis. The primary text analyzed here is Tahzib al-Akhlaq. The secondary is some other scholars? works about the thought of Ibnu ?Arabi.

The result of study on some text related is that human, especially students must use their aql and heart so that they can be differentiated to animals. With the teachings from God, students can have noble character, both in relation to God and also to fellow-being.

Keywords: Islamic education, character, aql, Ibnu ?Arabi.



DOI: https://doi.org/10.34001/tarbawi.v10i2.184

Article Metrics

Abstract view : 462 times
Abstrak (PDF) - 301 times full text (pdf) - 4953 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View Tarbawi Stats

INDEX BY: