Pembelajaran daring masa pandemi Covid-19 di sekolah Indonesia Kuala Lumpur

Silfiyani Musoffa

Abstract


Abstrak
Pandemi COVID-19 memberikan dampak yang signifikan dalam dunia pendidikan yaitu adanya transformasi pembelajaran yang semula dilakukan secara konvensional beralih menjadi daring. Tujuan Penelitian ini yaitu 1) Untuk mengidentifikasi bagaimana sistem pembelajaran masa pandemi COVID-19, 2) Untuk mengetahui bagaimana implementasi pembelajaran daring masa pandemi COVID-19 di SIKL, dan 3) Untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan dalam pembelajaran daring selama pandemi COVID-19 di SIKL. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, subyek penelitian guru dan kepala sekolah. Pengumpulan data melalui dokumentasi dan wawancara dalam pelaksanaan KKL International Virtual Fieldwork Study di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur yang diselenggarakan oleh Institut Agama Islam Negeri Kudus (IAIN Kudus). Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran daring dilakukan sebagai upaya belajar di rumah (BDR) guna memutus penyebaran COVID-19 membutuhkan kreativitas guru dan pendampingan orang tua, implementasi pembelajaran daring di SIKL direalisasikan dalam bentuk sistem digital seperti blueprint, program unggulan dan feedback laporan dari orang tua, pembelajaran daring di SIKL memiliki kelebihan dalam hal pelaksanaan sistem digital, program unggulan, serta feedback laporan orang tua dan memiliki kekurangan dalam hal keterbatasan akses internet dan kejenuhan siswa dalam belajar.

Kata Kunci: Implementasi, Pembelajaran Daring, COVID-19, SIKL.

Abstract
The COVID-19 pandemic has a significant impact on world education, namely the transformation of conventional learning into courage. The objectives of this study are 1) To find out how the learning system during the COVID-19 pandemic, 2) To see how the implementation of bold learning to face the COVID-19 pandemic in SIKL, and 3) To see the advantages and disadvantages of learning during the COVID-19 pandemic. at SIKL. This study uses qualitative methods, the subject of research is the teacher and the principal. Collecting data through documentation and interviews in the implementation of the KKL International Virtual Fieldwork Study at the Kuala Lumpur Indonesian School organized by the Kudus State Islamic Institute (IAIN Kudus). The results of the study show that bold learning as an effort to learn at home (BDR) to cut the spread of COVID-19 requires teacher creativity and parental assistance, the implementation of learning in SIKL is realized in the form of a digital system such as blueprints, superior programs and report feedback. from parents, brave learning SIKL has advantages in terms of implementing digital systems, superior programs, as well as parental feedback reports and has shortcomings in limited internet access and student boredom in learning.

Keywords: Implementation, Online Learning, COVID-19, SIKL.


Keywords


Implementasi, Pembelajaran Daring, COVID-19, SIKL.

Full Text:

PDF

References


Amelia, A., Hasanah, U., Rahman, H., & Putra, A. M. (2020). Analisis Keefektifan Pembelajaran Online Di Masa Pandemi COVID-19. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2 (1). https://ummaspul.e-journal.id/MGR/article/download/559/313.

Anugrahana, Andi. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Pandemi COVID-19 Oleh Guru Sekolah Dasar, 10 (3). https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/4033.

Asmuni. (2020). Problematika Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi COVID-19 Dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 7 (4). http://ojs.ikipmataram.ac.id/index.php/pedagogy/artoc;e/view/2941.

Atiqoh, Lia Nur. (2020). Respon Orang Tua Terhadap Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi COVID-19. Thufuli: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2 (1). http://www.riset.unisma.ac.id/index.php/thufuli/article/view/6925.

Dewi, Wahyu Aji Fatma. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring Di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2 (1). https://www.edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/89.

Hamdani, A. R., & Priatna, A. M. (2020). Efektifitas Implementasi Pembelajaran Daring (Full Online) Dimasa Pandemi COVID-19 Pada Jenjang Sekolah Dasar Di Kabupaten Subang. Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6 (1). http://journal.stkipsubang.ac.id/index.php/didaktik/article/view/120

Handarini, O. I., Wulandari, S. S. (2020). Pembelajaran Daring Sebagai Upaya Study From Home (SFH) Selama Pandemi COVID-19. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8 (3). https://journal.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/8503.

Kurniasari, A., Pribowo, F. S. P., Putra, D. A., Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (BDR) Selama Pandemi COVID-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6 (3). https://journal.unesa.ac.id/index.php/PD/article/view/10423.

Mansyur, Abd Rahim. (2020). Dampak COVID-19 Terhadap Dinamika Pembelajaran Di Indonesia. Education and Learning Journal, 1 (2). http://jurnal.fai.umi.ac.id/index.php/eljour/article/view/55/0.

Menteri Pendidikan. (2020). Surat Edaran Nomor 3 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Pendidikan dalam Masa Darurat CoronaVirus (COVID-19)

Murhadi, & Ponidi. Pembelajaran Online Yang Efektif Di Masa Pandemi COVID-19 Studi Kasus di SMP Negeri 4 Pakem Sleman. Jurnal INTEK, 3 (1). http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/intek/article/view/568.

Musliyadi. (2020). Potensi Ancaman Bencana Virus Corona di Provinsi Aceh. Serambi Konstruktivis, 2 (2). http://ojs.serambimekkah.ac.id/Konstruktivis/article/view/2202.

Pangondian, R.A., Santosa, P. I., & Nugroho, Eko (2019). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kesuksesan Pembelajaran Daring Dalam Revolusi Industri 4.0: Jurnal Seminar Nasional Teknologi Komputer Dan Sains (SAINTEKS), 1 (1). https://www.prosding.seminar-id.com/index.php/sainteks/article/view/122.

Pohan, Albert Efendi. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah. Purwodadi: CV Sarnu Untung.

Purandiana, I. P. Y., & Winaya, I. M. A. Pendidikan Karakter di Lingkungan Keluarga Selama Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi COVID-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3 (2). http://jayapanguspress.penerbit.org/index.php/cetta/article/view/454.

Putria, Hilna, Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran Dalam Jaringan (Daring) Masa Pandemi COVID-19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4 (4). http://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/460.

Rahmawati, R., & Putri, E. M. I. (2020). Learning From Home Dalam Perspektif Persepsi Mahasiswa Era Pandemi COVID-19. In Prosiding Seminar Nasional Hardiknas. 1. http://proceedings.ideaspublishing.co.id/index.php/hardiknas/article/view/3.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. Biodik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 2 (6). https://online-journal.unja.ac.id/biodik/article/view/9759.

Sobron, A. N., & Bayu, R. (2019). Persepsi Siswa Dalam Studi Pengaruh Daring Learning Terhadap Minat Belajar IPA. Scaffolding: Jurnal Pendidikan Islam Dan Multikulturalisme, 2 (1). https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/index.phpscaffolding/article/view/117.

Suaedi, Falih. (2019). Dinamika Manajemen Strategi Sektor Publik di Era Perubahan. Surabaya: Bening Pustaka.

Sudarsana, I. K., Lestari N. G. A. M. Y., Wijaya, I. K. W. B., Krisdayanthi, A., Andayani, K. Y., Trisnadewi, K., &.Kusmawati, N. A. (2020). COVID-19: Perspektif Pendidikan. Bandung: Yayasan Kita Menulis.

Yuliana, M., Simarmata, J., Susanti, S. S., Mahawati, E., Sudra, R. I., Dwiyhanto, H, Irawan, E., Ardiana, D. P. Y., Muttaqin, & Yuniawati, I. (2020). Pembelajaran Daring Untuk Pendidikan Teori dan Pendidikan. Yayasan Kita Menulis




DOI: https://doi.org/10.34001/tarbawi.v18i1.1654

Article Metrics

Abstract view : 1933 times
PDF - 3556 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View Tarbawi Stats

INDEX BY: