Sistem pendidikan pesantren berbasis takhassus An-Nasyri untuk mengembangkan pendidikan karakter siswa

Zaki Mubarok

Abstract


Pondok Pesantren Darul Falah memiliki kegiatan-kegiatan yang bernuansa keagamaan, yang paling terkenal adalah kegiatan riyadhoh puasa dalail khairot. Seakan-akan Pondok Pesantren Darul Falah memiliki jimat yang kiranya perlu diteliti agar segala proses yang diterapkan oleh Podok Pesantren Darul Falah bisa di publikasikan sebagai acuan dan pertimbangan bagi peneliti sendiri secara pribadi dan masyarakat luas pada umumnya. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana langkah-langkah sistem pendidikan pesantren berbasis takhassus an-nasyri dan faktor apa saja yang mendukung dan yang menghambat terhadap keberhasilan pengasuh pondok pesantren dalam mengembangkan pendidikan karakter di pondok pesantren Darul Falah Jekulo Kudus. Oleh karena itu peran pesantren dan juga sistem pendidikannya sangat menentukan bagi terciptanya lulusan yang mempunyai jiwa berkarakter. Hasil penelitian menunjukkan bahwasanya santri maupun alumni yang sudah tamat dari pendidikan Takhassus di Pondok Pesantren Darul Falah tidak hanya memiliki bekal keilmuan yang matang akan tetapi jiwa karakter seperti cinta tuhan beserta ciptaannya, karakter percaya diri, jiwa kepemimpinan dan toleransi terhadap perbedaan yang melekat pada dirinya.


Keywords


Sistem Pendidikan, Takhassus , Mengembangkan Pendidikan Karakter

Full Text:

PDF

References


Adisusilo, Sutarjo, 2013, Pembelajaran Nilai Karakter, Jakarta: PT Radja Grafindo Persada.

Asnawi, 2009, Pedoman Penyelenggaraan Pesantren Takhassus, Jakarta: Departemen Agama RI.

Fahham, Achmad Muchaddam, 2015, Pendidikan Pesantren, Yogyakarta: Azza Grafika.

Fahham, Achmad Muchaddam, Pendidikan Pesantren, 2015, Pola Pengasuhan, Pembentukan Karakter dan Perlindungan Anak, Yogyakarta: P3DI Setjen DPR RI dan Azza Grafika.

Fatah, Rohadi Abdul,dkk, 2008, Rekonstruksi Pesantren Masa Depan, Jakarta: PT Listafariska.

Hasyim, M. Affan, 2003, Menggagas Pesantren Masa Depan, Yogyakarta: Qirtas.

Kemendiknas, Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa, 2010, Jakarta : Puskur.

Lina, Neneng dan Sarbini, 2011, Perencanaan Pendidikan, Bandung: CV Pustaka Setia.

Lirboyo, Santri, 2015, Kajian dan Analisis Ta’lim Muta’alim, Kediri: Santri Salaf Press.

Matsuki dkk, 2008, Manajemen Pondok Pesantren, Jakarta: Diva Pustaka.

Munirah, 2015, ‘’Sistem Pendidikan Di Indonesia: Antara Keinginan dan Realita,’’ Auladuna Jurnal Pendidikan Dasar Islam Vol 2 no. 2.

Rahman, Muhammad Aulia, 2002, Pengantar Ilmu dan Metodologi Pendidikan Islam, Jakarta: PT.Intermasa.

Rochaety, Eti, 2005, Sistem Informasi Manajemen Pendidikan, (Jakarta: PT Bumi Aksara.

Rusdiana, dan A. Qiqi Yuliati Zakiyah, 2014, Pendidikan Nilai Kajian Teori dan Praktik di Sekolah, CV Bandung: Pustaka Setia.

Said, Nur, 2016, Santri Membaca Zaman, Kudus: Santri Menara Pustaka.

Syabiti, Ibi & Nizar Ali, 2009, Manajemen Pendidikan Islam: Ikhtiar Menata Kelembagaan Pendidikan Islam, Bekasi: Pustaka Isfahan.

Usman, H. Kahar, Sosiologi Pendidikan, Buku Daros

Wibowo, Agus, 2013, Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah (Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yasin, Fattah, 2010, Dimensi-dimensi Pendidikan Islam, Malang: UIN Malang Press.




DOI: https://doi.org/10.34001/tarbawi.v18i1.1445

Article Metrics

Abstract view : 521 times
PDF - 663 times

Refbacks



Creative Commons License
Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View Tarbawi Stats

INDEX BY: