Minat belajar siswa takhassus tahfidz dan non tahfidz terhadap mata pelajaran PAI di SMA Ali Maksum

Tutik Dinur Rofiah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan minat belajar siswa/santri Takhassus Tahfidz dan non tahfidz terhadap mata pelajaran PAI di SMA Ali Maksum Krapyak Yogyakarta. Selain itu juga untuk mengetahui seberapa besar nilai perbedaan minat belajar siswa/santri takhasus tahfidz dan non tahfidz pada mata pelajaran PAI di SMA Ali Maksum. Penelitian ini menggunanakan jenis penelitian analitis komparatif, yaitu membandingkan dua atau lebih kelompok data terdapat perbedaan aspek atau variabel yang telah diteliti dengan menggunakan uji independent t-test dikarenakan variabel dalam penelitian ini adalah 2 variabel bebas dan tidak berkorelasi. Pada penelitian ini menggunakan tiga metode pengumpulan data yaitu Angket, wawancara dan observasi. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa Nilai rata-rata minat belajar siswa Takhasus Tahfidz sebesar 109,54 sedangkan rata-rata nilai minat anak non tahfidz sebesar 93,4 dengan besar t hitung sebesar -4.728 karena t hitung lebih besar dari t table dengan signifikasi 0,05 maka H0 ditolak dan Ha diterima disimpulkan bahwa minat belajar anak tahfidz lebih besar dari pada anak non tahfidz dengan nilai beda/ Mean Difference sebesar

-16.14286


Full Text:

PDF

References


Abdul Rahman Shaleh dan Muhbib Wahab. (2014). Psikologi. Prenada Media.

Dalyono. (2009). Psikologi Pendidikan. Rineka Cipta.

Djodi Restyo Putro. (2011). Studi Komparasi Penggunaan Metode Ceramah Dan Diskusi Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran PKN. Universitas Negeri Yogyakarta.

hairiyah. (2017). Pengaruh Kompetensi Sosial Guru Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak Kelas VII Di Madrasah Tsanawiyah Negeri Model Makassar,” L VIII. Jurnal Kependidikan, l VIII, 139.

Muhibbin Syah. (2007). Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Rineka Cipta.

S Margono. (2010). Metodologi Penelitian Pendidikan. Rineka Cipta.

Siti Nur Chasanah& A. Sobandi. (2016). Minat Belajar Sebagai determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, I, 18–135.

Slameto. (1990). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Rineka Cipta.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Alfabeta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Rineka Cipta.

Suharsimi Arikunto dkk. (2004). Evaluasi Program Pendidikan. Bumi Aksara.

Sukardi. (2014). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bumi Aksara.

Susanto Ahmad. (2002). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Rineka Cipta.

SYAIFUL SAGALA. (2005). KONSEP DAN MAKNA PEMBELAJARAN. ALFABETA.

Triyanto. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. UII Press.




DOI: https://doi.org/10.34001/tarbawi.v18i1.1282

Article Metrics

Abstract view : 313 times
PDF - 203 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View Tarbawi Stats

INDEX BY: