PENGEMBANGAN MANEJEMEN KURIKULUM PONDOK PESANTREN MODERN ADH-DHUHAA BERBASIS YATIM & DU'AFA

naryo Sunaryo Putro

Abstract


This study aims to describe the implementation of curriculum management development Adh-Dhuhaa Sukoharjo Islamic Boarding School. This study uses qualitative methods with interactive data analysis techniques with data reduction, data presentation, and drawing conclusions or verification. Research informants are boarding school caregivers, principals, teachers, guardians of students. The results of the study revealed that the development of Adh-Dhuhaa boarding school curriculum management began with a plan that involved all elements of the pesantren and schools; in the curriculum planning stage all the interests of santri education and its potential were included in the planning. The implementation of curriculum management development went well, although there was an unwritten curriculum that could run because of assistance from the santri organization (OSPA) and the evaluation of curriculum management development followed the official program, the Ministry of Religion and the local curriculum.

 

Keywords: development, curriculum, Islamic boarding school

 

 

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan pengembangan manajemen kurikulum Pondok Pesantren Adh-Dhuhaa Sukoharjo. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik analisis data interaktif dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Informan penelitian adalah pengasuh pesantren, kepala sekolah, guru, wali santri. Hasil penelitian diketahui bahwa pengembangan manajemen kurikulum pondok pesantren Adh-Dhuhaa diawali dengan perencanaan yang melibatkan semua unsur pesantren dan sekolah, dalam tahapan perencanaan kurikulum semua kepentingan pendidikan santri dan potensinya di masukkan ke dalam perencanaan. Pelaksanaan pengembangan manajemen kurikulum ini berjalan dengan baik, meskipun ada kurikulum yang tak tertulis bisa berjalan karena bantuan dari organisasi santri (OSPA) dan evaluasi pengembangan manajemen kurikulum ini mengikuti program dinas, kemenag dan kurikulum lokal.

 

Kata Kunci: pengembangan, kurikulum, pondok pesantren


Keywords


pengembangan; kurikulum; pondok pesantren

Full Text:

PDF

References


Abdul Kosim, N. F. (2018). Pendidikan Agama Islam Sebagai Core Ethical Values Untuk Perguruan Tinggi Umum (2018th ed.). Jakarta: Remaja Rosdakarya.

Futaqi, S. (2018). Konstruksi Moderasi Islam (Wasathiyyah) Dalam Kurikulum Pendidikan Islam. Konstruksi Moderasi Islam Wasathyyah Dalam Kurikulum Pendidikan Islam, April, 521–530.

Jauharoh, W. (2010). Telaah Kurikulum di Program Khusu Keagamaan MAN 1 Surakarta.

Muliawan, J. U. (2015). Ilmu Pendidikan Islam:Studi Kasus Terhadap Ilmu, Kurikulum,Metodologi dan Kelembagaan Pendidikan Islam. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Putri, M. S. (2003). UU Sisdiknas Tahun 2003. In Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Raharjo, S. B. (2010). Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Menciptakan Akhlak Mulia. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, Vol. 16, Nomor 3, Mei 2010 Pustaka, 16, 229–238.

Sanjaya, W. (2008). Kurikulum dan pem- belajaran: teori dan praktik pengembangan kurikulum tingkat satuan pendidikan (KTSP). Bandung: Prenada Media Group.

Sukmadinata, N. S. (2012). Pengembangan kurikulum: teori dan praktek. Jakarta: PT.Remaja Rosdakarya.

Veithzal Rivai Zainal, F. B. (2015). Islamic Education Management. Jakarta: Raja Grafindo Persada




DOI: https://doi.org/10.34001/tarbawi.v17i1.1109

Article Metrics

Abstract view : 264 times
PDF - 1028 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View Tarbawi Stats

INDEX BY: