Theoretical Framework, Falsafah dan Prinsip-prinsip Dasar Ilmu Manajemen Pendidikan

Nur Khoiri

Abstract


Tulisan ini merupakan refleksi pemberdayaan bagi pengelola pendidikan dalam menerapkan kebijakan kurikulum pendidikan bagi anak inklusi. Tantangan dan hambatan dalam implementasi pendidikan inklusi menjadi tanggung jawab bersama yaitu pemerintah, dinas pendidikan, kepala sekolah, guru, orang tua, dan masyarakat. Karena itu diperlukan pengelolaan yang komprehensif mulai dari kurikulum, pendidik, tenaga kependidikan, dan sarana prasarana sekolah. Kurikulum di sekolah inklusi harus memperhatikan kebutuhan dasar anak yang beraneka ragam, tidak bisa disamakan kemampuan anak regular dengan anak berkebutuhan khusus sehingga perencanaan pembelajaran yang disusun oleh guru harus dapat mengakomodir hal tersebut.

Keywords


Manajemen Pendidikan Islam, Teori, Falsafah dan Prinsip.

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman Saleh Abdullah. (1994). Teori-teori Pendidikan Berdasarkan Al Quran.Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S., & Lia Yuliana. (2012). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media.

Danim, S., & Suparno. (2009). Manajemen dan Kepemimpinan Transformasional Kekepalasekolahan, Visi dan Strategi Sukses Era Teknologi, Situasi Krisis, dan Internasionalisasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Darmono. (2001). Manajemen dan Tata Kerja Perpustakaan Sekolah. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Duhou, I. A. (2004). School Based Management. Jakarta: Kencana.

Fatah, N. (2009). Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: RosdaKarya.

Gomes, F. C. (2003). Manajemen Sumber Daya Manusia. Yoyakarta: PT. Andi Offset.

Hadari Nawawi. (2005). Manajemen Strategik, Organisasi Non Profit Bidang Pemerintahan dengan Ilustrasi Bidang Pendidikan. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Hamalik, O. (2012). Manajemen Pengembangan Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Imam al-Mawardi. (1955). Adab al-Dunya wa al-Din. Cairo: Al-Matba`ah al-Amiroh.

Luwis R. Benston. (1972). Supervision and Management. New York: McGraw Hill Book Company.

M, H. S. (2003). Kapita Selekta Manajemen Pendidikan. Bandung: CV. Alfabeta.

Malayu S.P. Hasibuan. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Mamduh M. Hanafi. (1997). Manajemen. Yogyakarta: Unit Penerbitan dan Percetakan Akademi Manajemen Perusahaan YKPN.

Muhammad Ja’far Nashir. (2006). Sejarah Perkembangan Manajemen Pendidikan di Indonesia. Magelang: Universitas Muhammadiyah Magelang Press.

Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Murtadha Muthahhari. (2010). Pengantar Epistemologi Islam: Sebuah Pemetaan dan Kritik Epistemologi Islam atas Paradigma Pengetahuan Ilmiah dan Relevansi Pandangan Dunia. Jakarta: Sadhra Press.

Mustaqim. (n.d.). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Pidarta, M. (2004). Manajemen Pendidikan Indonesia. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Purwanto, N. (1991). Administrasi dan Supervisi Pendidikan. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.

Siagian, S. P. (2008). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Sondang P. Siagian. (1985). Filsafat Administrasi. Jakarta: Gunung Agung.

Sukamto Reksohadiprodjo. (1996). Dasar-Dasar Manajemen. Yogyakarta: BPFE.

Sulistyorini. (2009). Manajemen Pendidikan Islam. Yogyakarta: Teras.

Suparman Syukur. (2007). Etika Religius. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Tunggal, A. W. (1993). Manajemen Suatu Pengantar. Jakarta: Rineka Cipta.

William J. Bailey. (1991). School-Site Management Applied. Lancaster-Basel: Technomic Publishing CO.INC.

Winardi, J. (2004). Manajemen Perilaku Organisasi. Jakarta: Kencana.

Winfred F. Hill. (2009). Theories of Learning. Bandung: Nusa Media.




DOI: https://doi.org/10.34001/tarbawi.v16i1.1004

Article Metrics

Abstract view : 200 times
PDF - 136 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View Tarbawi Stats

INDEX BY: