Implementasi dan Pembiasaan Karakter Kepedulian Lingkungan dalam Pembelajaran PAI di MAN Yogyakarta II

Noorrela Ariyunita

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, dengan mengambil latar MAN Yogyakarta II sebagai tempat penelitian. Subyek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru PAI, dan siswa MAN Yogyakarta II. Sedangkan obyek penelitiannya adalah penerapan nilai kepedulian lingkungan dalam pembelajaran PAI di MAN Yogyakarta II. Pengumpulan data dilakukan dengan mengadakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologis. Metode berfikir dalam analisis data penelitian bersifat induktif dengan menghimpun dan menggabugkan kata-kata khusus menjadi kesatuan informasi serta digabungkan dengan teknik triangulasi data. Hasil penelitian menunjukkan:(1) Nilai kepedulian lingkungan akan  masuk pada diri peserta didik dan akan menjadi nilai karakter apabila diajarkan secara terus menerus dan dikerjakan bersama-sama secara serentak dengan semua warga sekolah dan keluarga. Peran PAI dalam penerapan nilai peduli lingkungan juga sangat berpengaruh terhadap cara berfikir dan cara bersikap siswa di kehidupan sehari-hari diluar maupun didalam lingkungan sekolah. (2) faktor penghambat implementasi nilai kepedulian lingkungan adalah (a) waktuyang relativ singkat, (b) Perbedaan karakter siswa, (c) kurangnya pengawasan diluar sekolah. Sedangkan faktor pendukungnya adalah: (a)visi dan misi madrasah, (b) APeL (Agen Peduli Lingkungan), (c) Reward and Punishment, dan (e) kegiatan ekstrakurikuler.

Keywords


karakter, kepedulian lingkungan, Pembelajaran PAI

Full Text:

PDF

References


Abdul-Matin, Ibrahim, Greendeen Inspirasi Islam dalam Menjaga dan Mengelola Alam, Jakakarta: Zaman, 2010.

Haidi Hajar, Relasi Alam dan Agama (Sebuah Upaya Penyelarasan antara Budaya Mistis dengan Pelestarian Lingkungan) , Yogyakarta: Jurnal Esensia jurnal ilmu

hukum Ushuluddin Vol. XIII No. 2, Juli 2012.

Maksudin, Pendidikan Nilai Komprehensif Teori dan Praktik, Yogyakarta: UNY Press,

Marzuki, Prinsip Dasar Akhlak Mulia: Pengantar Studi Konsep-Konsep Dasar Etika dalam Islam, Yogyakarta: Debut Wahana Press-FISE UNY, 2009 )

Muchlis, Mansur, Pendidikan KArakter Menjawab Tantangan Krisisi Multidimensional, Jakarta: Bumi Aksara, 2012

Nasution, S. Metode Research (Penelitian Ilmiah), Jakarta: PT Bumi Aksara, 2006.

Nawawi, Hadari Metode Penelitian Bidang Sosial, Yogyakarta: Gajah Mada University Press, 2007.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Gramedia, 2008

Shihab, Quraish Tafsir Al Misbah (Pesan, Kesan dan Keserasian Al -Qur’an) Volume 5, Jakarta: Lentera Hati, 2004.

Suyadi. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2013

Syaodih, Nana. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2010.

Zakiyah, Qiqi Yuliati dan Rusdiana. Pendidikan Nilai (Kajian Teori dan Praktik di Sekolah), Bandung: Pustaka Setia, 2014




DOI: https://doi.org/10.34001/tarbawi.v16i1.1003

Article Metrics

Abstract view : 155 times
PDF - 88 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
Tarbawi : Jurnal Pendidikan Islam is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

View Tarbawi Stats

INDEX BY: