URGENSI PELAKSANAAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Budiarti, M., & Sos, S. (2017). Bimbingan Konseling di Sekolah Dasar. CV. Ae Media Grafika.
Farozin, M., Suherman, U., Triyono, Purwoko, B., Hafina, A., Yustiana, Y. R., & Sukmaja. (2016). Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling Sekolah Dasar (SD). Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga
Hikmawati, F. (2016). Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rajawali Pers Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Moleong, R. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Prayitno., & Amti, E. (2019). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta
Rofiqoh, N & Zumrotun, E. (2023). Bimbingan dan Konseling dalam Pendidikan. Semarang: Cahya Ghani Recovery
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Yusuf, S. (2016). Landasan Bimbingan. Yogyakarta: Remaja Rosdakarya
Translation of book:
Creswell, J. W. (2014). Penelitian Kualitatif dan Desain Riset. Yogyakarta: Pustaka Pelajar
From the Journal:
Amala, A. K., & Kaltsum, H. U. (2021). Peran Guru sebagai Pelaksana Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Menanamkan Kedisiplinan Bagi Peserta Didik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5213-5220.
https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1579
Batubara, H. H., & Ariani, D. N. (2018). Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(4), 447-452.
http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i4.10744
Kurniawan, K., Awalya, Nusantoro, E., Saraswati, S., Utami, D. W., & Kencana, T. I. (2019). Peningkatan Pelayanan BK di SD melalui Teknik Empty Chair bagi Guru SD KKG Gugus Pandanaran UPTD Pendidikan Kecamatan Semarang Tengah. Jurnal Layanan Masyarakat, 1(1), 1-9. https://doi.org/10.24176/mjlm.v1i1.3106
Mufidah, E. F., Wirstania, A., & Pravesti, C. A. (2021). Studi Kasus: Permasalahan yang Sering Ditangani Guru Bimbingan dan Konseling Di Sekolah Dasar dan Sekolah Mengangah Pertama. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 6(1), 7-12.
Ridwan, A. (2018). Peran guru agama dalam bimbingan konseling siswa sekolah dasar. Risâlah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 4(1, March),1-13. https://doi.org/10.31943/jurnal_risalah.v4i1.47
Suryahadikusumah, A. R., & Dedy, A. (2019). Implementasi layanan bimbingan dan konseling di sekolah dasar untuk mengembangkan kemandirian siswa. Premiere Educandum: Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(1), 44.
https://doi.org/10.25273/PE.V9I1.4225
Collection of research abstracts or proceedings:
Juwita, N. R. (2015). Implementasi Layanan Bimbingan Konseling di SD Muhammadiyah Program Khusus Kottabarat Surakarta. Prosiding Seminar Nasional dan Call for Paper Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta
From the Internet:
Fauziah, M. (2022). KPAI: 207 Anak Jadi Korban Kekerasan Seksual, Mayoritas di Sekolah Berasrama. https://nasional.kompas.com/read/2022/01/05/08133181/kpai-207-anak-jadi-korban-kekerasan-seksual-mayoritas-di-sekolah-berasrama
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2014). Bimbingan Dan Konseling Pada Pendidikan Dasar Dan Pendidikan Menengah.
Komisi Perlindungan Anak Indonesia. (2019). KPAI: 67 Persen Kekerasan Bidang Pendidikan Terjadi di Jenjang SD. https://www.kpai.go.id/publikasi/kpai-67-persen-kekerasan-bidang-pendidikan-terjadi-di-jenjang-sd
DOI: https://doi.org/10.34001/jtn.v5i1.4997
Article Metrics
![](https://siakad.unisnu.ac.id/assets/images/icon-graph.png)
![](https://siakad.unisnu.ac.id/assets/images/icon-pdf.png)
Jurnal Tunas Nusantara is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
We are Proud Member of
Currently this Journal is Indexed by