Analisis Kajian Metodik Didaktik Pembelajaran PPKn di Sekolah Dasar
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Abdulkarim, A. (2007). Pendidikan Kewarganegaraan: Membangun Warga Negara yang Demokratis. PT Grafindo Media Pratama.
Banjarnahor, D. N. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning dalam Meningkatkan Sikap Demokratis Siswa. PENDIPA Journal of Science Education, 5(3), 316–321.
Barr, R., Barth, J. L., & Shermis, S. S. (1978). The Nature of the Social Studies: with Forew. by Edgar B. Wesley. ETC Publ.
Bevevino, M. M., Dengel, J., & Adams, K. (1999). Constructivist theory in the classroom internalizing: Concepts through inquiry learning. The Clearing House, 72(5), 275–278.
Budimansyah, D. (2010). Penguatan Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Membangun Karakter Bangsa. Widya Aksa Press.
Depdiknas. (2006). Permendiknas No 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi. Depdiknas.
Dewi, N. P. C. P. (2020). Buku ajar mata pelajaran sekolah dasar pkn dan pancasila. Nilacakra.
Faza, A. W., Attalina, S. N. C., & Widiyono, A. (2022). Analisis Dampak Game Online Pada Interaksi Sosial Anak Usia Sekolah Dasar di Desa Bawu RT 06 RW 01. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(3), 534-541.
Garcia, R. L. (1982). Teaching in a pluralistic society: concepts, models. Strategies, 126.
Hendracipta, N. (2021). Model Model Pembelajaran SD. Multikreasi Press.
Hendrizal. (2019). Permasalahan Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sd Dan Solusinya. Jurnal PPKn & Hukum, 14(2), 54–62.
Joyce, B., Weil, M., & Calhoun, E. (2003). Models of teaching.
Karsidi. (2018). Pendidikan Kewarganegaraan di Perguruan Tinggi. Pustaka Pelajar.
Kurniawan, M. I. (2018). Buku Ajar Pendidikan Kewarganegaraan di SD. UMSIDA Press.
Lubis, M. A. (2020). Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan:(PPKN) DI SD/MI: Peluang Dan Tantangan Di Era Industri 4.0. Prenada Media.
Madiong, B., Mustapa, Z., & Chakti, A. G. R. (2018). Pendidikan Kewarganegaraan Civic Education. Makasar: Celebes Media Perkasa.
Magdalena, I., Haq, A. S., & Ramdhan, F. (2020a). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar Negri Bojong 3 Pinang. Jurnal Pendidikan Dan Sains, 2(3), 418–430.
Magdalena, I., Haq, A. S., & Ramdhan, F. (2020b). Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar Negri Bojong 3 Pinang. Bintang, 2(3), 418–430.
Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2009). Analisis Data Kualitatif. Translated by TR Rohidi. Universitas Indonesia Press. Jakarta.
Nurmalasari, D., Munir, M. M., & Widiyono, A. (2022). Pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi terhadap Kinerja Guru pada Masa Pandemi Covid-19 di Sekolah Dasar. Journal on Teacher Education, 3(3), 337-344.
Putera, R. F., & Qalbi, Z. (2020). Penggunaan Model GI (Group Investigation) pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan. Https://Doi. Org/10.31258/Jp, 11, 20–32.
Putra, P. G. N., Margunayasa, I. G., & Wibawa, I. M. C. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) Berbasis Lesson Study Terhadap Penguasaan Konsep IPA. Jurnal Pedagogi Dan Pembelajaran, 1(2), 84–93.
Quigley, C. N. (1998). Civic education: Recent history, current status, and the future. Alb. L. Rev., 62, 1425.
Rahayu, M. (2007). Pendidikan kewarganegaraan. Grasindo.
Rahmayani, R. R. (2016). Implementasi Manajemen Pembelajaran Ppkn Kurikulum 2013. Manajer Pendidikan, 10(2).
Ruminati. (2007). Pengembangan Pendidikan Kewarganegaraan SD. Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.
Rusman. (2016). Model-model Pembelajaran. Rajawali Press.
Santoso, G., Al Muchtar, S., & Abdulkarim, A. (2015). Analysis SWOT Civic Education curriculum for senior high school year 1975-2013. JURNAL CIVICUS, 15(1).
Shoimin, A. (2014). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-ruz Media.
Slavin, R. E. (1983). When does cooperative learning increase student achievement? Psychological Bulletin, 94(3), 429.
Slavin, R. E. (1989). Research on cooperative learning: An international perspective. Scandinavian Journal of Educational Research, 33(4), 231–243.
Slavin, R. E. (2011). Instruction based on cooperative learning. Handbook of Research on Learning and Instruction, 358–374.
Somantri, M. N. (2001). Menggagas Pembaharuan Pendidikan PKn. Remaja Rosda Karya dan PPS UPI.
Thoyyibah, D., Attalina, S. N. C., & Widiyono, A. (2022). Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Terhadap Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Kelas IV SDN 01 Bugel Kedung Jepara Di Era New Normal. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(3), 516-522.
Wicaksono, B., Sagita, L., & Nugroho, W. (2017). Model Pembelajaran Group Investigation (Gi) Dan Think Pair Share (Tps) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. AKSIOMA: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 8(2), 1–8.
Widiyono, A. (2020). Kemampuan Pengelolaan Kelas Guru Terhadap Proses Pembelajaran Di Sdn 02 Banjaran Jepara. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(2), 55-63.
Yani, A. (2019). Pendidikan Kewarganegaraan. Universitas Esa Unggul, 85–86. https://doi.org/10.31219/osf.io/8xbm2
DOI: https://doi.org/10.34001/jtn.v4i2.4585
Article Metrics
Abstract view : 622 timesPDF - 906 times
Jurnal Tunas Nusantara is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
We are Proud Member of
Currently this Journal is Indexed by