Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Cyber KineMaster pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar

Putri Esa Lestari

Abstract


Memasuki abad ke-21, inovasi terkait dengan teknologi akan terus dikembangkan untuk memberikan fasilitas dan manfaat bagi manusia terutama dalam bidang pendidikan. Untuk itu, guru mempunyai tugas menciptakan kondisi belajar yang dapat menarik perhatian peserta didik dan membantunya dalam memahami materi yang diajarkan. Anak usia sekolah dasar merupakan usia yang menyukai bermain dibandingkan belajar dan IPA merupakan pelajaran yang seringkali dianggap sebagai pelajaran yang rumit dan membosankan. Untuk mengubah paradigma tersebut, salah satu alternatif yang bisa dilakukan guru ialah mengembangkan media pembelajaran berbasis audio visual melalui aplikasi Cyber KineMaster. Pengembangan media ini diharapkan mampu mengatasi masalah yang ada di dunia pendidikan, khususnya terkait dengan monotonnya penyampaian guru dalam mengajar dan minimnya variasi media pembelajaran. Adapun tujuan diadakannya penelitian ini yaitu untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis Cyber Kinemaster pada mata pelajaran IPA kelas 4 SD dan mengetahui kualitas dan keefektifan dari media ini. Metode yang digunakan adalah metode reseach and development dengan model pengembangan 4D, yaitu: define, design, develop, dan disseminate dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun hasil penelitian ini menurut respon dan tanggapan dari peserta didik menunjukkan bahwa sebanyak 94% peserta didik menjawab setuju dari semua aspek pertanyaan yang diberikan. Dengan demikian, kualitas dan keefektifan produk media pembelajaran ini tergolong sangat baik.

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.34001/jtn.v4i1.2945

Article Metrics

Abstract view : 347 times
PDF - 339 times

Creative Commons License
Jurnal Tunas Nusantara is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

We are Proud Member of

Currently this Journal is Indexed by

1 Google Scholar3 Garuda7 moraref5 BASe