APLIKASI BERBASIS AUGMENTED REALITY SEBAGAI UPAYA PENGENALAN BANGUN RUANG BAGI SISWA SEKOLAH DASAR

Dian Mursyidah, Erwin Rahayu Saputra

Abstract


Perkembangan teknologi informasi saat ini sangat penting khususnya dalam bidang pendidikan untuk melakukan hal-hal baru yang dapat menunjang kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menguji keefektifan penggunaan aplikasi berbasis Augmented Reality sebagai upaya pengenalan bangun ruang bagi siswa SD. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pengembangan dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data terdiri dari metode wawancara, observasi dokumentasi dan studi pustaka. Dipandang dari aspek kognitif, siswa merasa kesulitan dalam memahami objek bangun ruang 3D, karena tanpa alat peraga mereka hanya mampu membayangkan saja atau mengimajinasikan sendiri obyek bangun ruang 3D tersebut. Aplikasi yang digunakan dalam penelitian ini yaitu aplikasi Bangun Ruang AR yang menerapkan teknologi Augmented Reality (AR) sehingga bangun ruang dapat divisualisasikan secara nyata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Bangun Ruang AR dapat membantu siswa untuk memahami konsep bangun ruang dan meningkatkan motivasi belajar siswa karena dapat memberikan pengalaman bermakna bagi siswa. Selain itu, dengan pengenalan aplikasi Bangun Ruang AR ini diharapkan dapat menjadi alat bantu bagi para guru dalam menyampaikan materi bangun ruang 3D pada pembelajaran matematika di SD.
Kata Kunci: Alat bantu pembelajaran, Augmented Reality, Bangun ruang


Full Text:

PDF

References


Direktorat Sekolah Dasar. 2021. Anak-anak Indonesia Perlu dilatih Kecakapan Hidup Abad 21. Diakses secara online pada 17 Desember 2021 melalui link https://ditpsd.kemdikbud.go.id/

Mareta, A. 2015. Implementasi Media Ajar Bangun Ruang Berbasis Augmented Reality Pada SMPN 2 Selomerto Kabupaten Wonosobo (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG).

Mustaqim, I., & Kurniawan, N. 2017. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality. Jurnal Edukasi Elektro, 1 (1), 36-48.

Negara, A. C., & Huda, N. 2020. Penerapan Augmented Reality Pada Pengembangan Media Pembelajaran Pemodelan Bangun Ruang 3D Untuk Siswa Sekolah Dasar Berbasis Android. In Bina Darma Conference on Computer Science (BDCCS) (Vol. 2, No. 4, pp. 145-152).

Pangestu, A., Susanti, E., & Setyaningrum, W. 2019. Pemanfaatan media pembelajaran berbasis augmented reality (AR) pada penalaran spasial siswa. In Prosiding Seminar Pendidikan Matematika dan Matematika (Vol. 1, pp. 205-210).

Sigit Ady P. 2014. Augmented Reality Tata Surya sebagai Sarana Pembelajaran Interaktif Bagi Siswa Sekolah Dasar Berbasis Android. Laporan Penelitian. Universitas Muhammadiyah Surakarta

Sugiyarto, W.A., & Irsyad, A.A. 2018. Media Pembelajaran Geometri Ruang Berbasis Augmented Reality (AR). Universitas Negeri Yogyakarta

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suharso, A. 2012. Model Pembelajaran Interaktif Bangun Ruang 3d Berbasis Augmented Reality. 11 (24)

Sujadi, H. dkk. 2015. Implementasi Augmented Reality (AR) Pada Pengembangan Media Pembelajaran Pemodelan Bangun Ruang 3D Untuk Siswa Sekolah Dasar. Universitas Majalengka

Wijayanti, R., & Rachmawati. 2021. Pengaruh Acak Efektivitas Penggunaan Perangkat Matematika Augmented Reality Pada Materi Bangun Ruang. Prismatika: Jurnal Pendidikan dan Riset Matematika, 3 (2), 162-171.




DOI: https://doi.org/10.34001/jtn.v4i1.2941

Article Metrics

Abstract view : 1721 times
PDF - 1224 times

Creative Commons License
Jurnal Tunas Nusantara is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

We are Proud Member of

Currently this Journal is Indexed by

1 Google Scholar3 Garuda7 moraref5 BASe