Analisis Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V Materi Siklus Air
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam materi siklus air. Penelitian ini menggunakan metode meta analisis . Penelitian dilakukan dengan cara menganalisis masalah, kemudian dilanjutkan dengan mmbandingkan dengan penelitian yang relevan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan menelusuri dari beberapa jurnal yang relevan. Analisis data dilakukan dengan cara deskriptif kualitatif. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar mengalami peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran materi siklus air kelas V menggunakan model pembelajaran discovery learning
Full Text:
PDFReferences
Basri, A. M., Rohana, R., & Pagarra, H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada MataPelajaran IPA Kelas V SDN 124 Batuasang Kecamatan Herlang Kabupaten Bulukumba. Publikasi Pendidikan, 8(3), 160. https://doi.org/10.26858/publikan.v8i3.5995.
Christina, L. V., & Kristin, F. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Group Investigation (Gi) Dan Cooperative Integrated Reading AndComposition (Circ) Dalam Meningkatkan Kreativitas Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas 4. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(3), 217-230.
Kristin, F. (2019). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ipa-Biologi. Talenta Conference Series: Science and Technology (ST), 2(2). https://doi.org/10.32734/st.v2i2.532.
Rutonga, R. (2017). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Rudi Rutonga Pendidikan sangat berperan penting dalam pengembagan Sumber Daya Manusia , dengan pembahruan dan peningkatan kecangihan ilmu pengetahuan , saat ini membuat bangsa Indones. Jurnal Ilmia Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2). https://doi.org/10.31326/jipgsd.v1i02.110.
Saifuddin. (2014). Pengelolaan Pembelajaran Teoretis dan Praktis. Yogyakarta: Deepublish.
Setyowati, E., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 Sd Negeri Mangunsari 07. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(1), 76. https://doi.org/10.31764/justek.v1i1.408
Sugiyono. 2016. Model Penelitian Kuantitatif,
Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet.
DOI: https://doi.org/10.34001/jtn.v3i2.2776
Article Metrics
Abstract view : 550 timesPDF - 724 times
Jurnal Tunas Nusantara is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
We are Proud Member of
Currently this Journal is Indexed by