Analisis Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Kelas V Materi Siklus Air

Hamiliya Wirdani, Pujiati Pujiati, Septia Nur Fauzia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam materi siklus air. Penelitian ini menggunakan metode meta analisis . Penelitian dilakukan dengan cara menganalisis masalah, kemudian dilanjutkan dengan mmbandingkan dengan penelitian yang relevan. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan menelusuri dari beberapa jurnal yang relevan. Analisis data dilakukan dengan cara deskriptif kualitatif. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa aktivitas belajar mengalami peningkatan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran materi siklus air kelas V menggunakan  model pembelajaran discovery learning

 

 

 


Full Text:

PDF

References


Basri, A. M., Rohana, R., & Pagarra, H. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada MataPelajaran IPA Kelas V SDN 124 Batuasang Kecamatan Herlang Kabupaten Bulukumba. Publikasi Pendidikan, 8(3), 160. https://doi.org/10.26858/publikan.v8i3.5995.

Christina, L. V., & Kristin, F. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Group Investigation (Gi) Dan Cooperative Integrated Reading AndComposition (Circ) Dalam Meningkatkan Kreativitas Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Ips Siswa Kelas 4. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(3), 217-230.

Kristin, F. (2019). Analisis Model Pembelajaran Discovery Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ipa-Biologi. Talenta Conference Series: Science and Technology (ST), 2(2). https://doi.org/10.32734/st.v2i2.532.

Rutonga, R. (2017). Penerapan Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Rudi Rutonga Pendidikan sangat berperan penting dalam pengembagan Sumber Daya Manusia , dengan pembahruan dan peningkatan kecangihan ilmu pengetahuan , saat ini membuat bangsa Indones. Jurnal Ilmia Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(2). https://doi.org/10.31326/jipgsd.v1i02.110.

Saifuddin. (2014). Pengelolaan Pembelajaran Teoretis dan Praktis. Yogyakarta: Deepublish.

Setyowati, E., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2018). Penggunaan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kreativitas Dan Hasil Belajar Siswa Kelas 5 Sd Negeri Mangunsari 07. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 1(1), 76. https://doi.org/10.31764/justek.v1i1.408

Sugiyono. 2016. Model Penelitian Kuantitatif,

Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabet.




DOI: https://doi.org/10.34001/jtn.v3i2.2776

Article Metrics

Abstract view : 173 times
PDF - 298 times

Creative Commons License
Jurnal Tunas Nusantara is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Currently this Journal is Indexed by

1 Google Scholar3 Garuda7 moraref5 BASe