DAMPAK KECANDUAN SMARTPHONE TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA

Wahyu Rikha Rofikhatul Ula

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak dari kecanduan smartphone terhadap prestasi belajar siswa sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Penelitian kualitatif ini dilakukan mengenai dampak nomophobia terhadap anak-anak usia sekolah dasar di Desa Gondangmanis, Kecamatan Bae, Kabupaten Kudus. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian dalam penelitian ini adalah 3 anak usia sekolah dasar yaitu AS, NAD, dan RAW beserta orangtuanya. Sumber data dalam penelitian ini terdiri dari data primer dan data sekunder. Keabsahan data dalam penelitian ini adalah triangulasi sumber, peneliti, teori, dan metode. Teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari pengumpulan data reduksi data, display data, dan verifikasi.

Hasil dari penelitian ini adalah kecanduan smartphone berdampak pada prestasi belajar siswa. AS, NAD, dan RAW tidak bisa terlepas dari smartphone nya, hal ini menjadikan ia prestasi belajar mereka menurun karena malas dalam mengerjakan tugas, merasa selalu ingin cepat-cepat menyelesaikan tugas supaya cepat bermain smartphone lagi, dalam mengerjakan tugas asal selesai tidak pernah dipikirkan dengan sungguh-sungguh, serta ia mengaku seing kesal karena setiap hari mendapatkan tugas sehingga mengurangi waktunya untuk bermain smartphone. Hal ini berdampak pada prestasi belajar siswa yang rendah setelah mengenal smartphone.


Full Text:

PDF

References


Anandio, dkk. 2018. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Kecanduan Gadget dan Interaksi Sosial siswa di Smk Muhammadiyah 2 Pekanbaru, Jom FKIP Volume 5 2018

Ismanto. 2017. Pemanfaatan Smartphone Android Sebagai Media Pembelajaran Bagi Guru SMA Negeri 2 Kota Pekanbaru. Pekanbaru. Jurnal Untukmu Negeri Vol. 1 No 1

Irnawaty. 2019. Smartphone Addiction pada Mahasiswa Pendidikan Sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Makassar. Jurnal Sosialisasi Pendidikan Sosiologi. 2 (1): 41-46.

Jocom, N. 2013. Peran Smartphone dalam Menunjang Kinerja Karyawan Bank Prismadana. Journal Acta Diurna. 1 (1): 1-24.

Mandias, G. 2017. Analisis Pengaruh Pemanfaatan Smartphone terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Ilmu Komputer Universitas Klabat. Cogito Smart Journal. 3 (1): 83-90.

Mendoza, Jessica., Pody, Benjamin., Lee, Seungyeon., Kim, Minsung., MmcDonough. 2018. The Effect of Cellphones on Attantion anad Learning: The Influences of time, distraction and nomophobia. Computers in Human Behavior: 52-60.

Nasution, S. 1996. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Nikmah, Astin. 2010. Dampak Penggunaan Handphone terhadap Prestasi Siswa. E-Jurnal Dinas Pendidikan Kota Surabaya; Volume 4.

Novitasari & Khotimah. 2016. Dampak Penggunaan Gadget terhadap Interaksi Sosial Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal PAUD Teratai, 5 (3): 182-186.

Pratiwi I A, et al. 2020. Identification of Nomophobia in Primary School Age Children and its Consequences for Friendly Character Behavior. ICONECT, 2 (22): 1-11.

Ramadhani, IR, Faturohman, I & Fardani,MA.. 2020. Efek Penggunaan Smartphone Berkelanjutan pada Masa Pandemi Covid-19 terhadap Perilaku Anak. Jurnal Amal Pendidikan, 1 (2): 96-105.

Salman, Nofri. 2012. Dampak Penggunaan Handphone pada Anak Sekolah Dasar Negeri 006 Langgini Bangkinang Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar.

Wirawan. 2002. Profesi dan Standar Evaluasi. Jakarta: Yayasan & UNHAMKA PRESS

Yildiz, D. 2018. What Would You do Without Your Smartphone? Adolescents Social Media Usage, Locus of Control, and Lionelliness as a Predictor of Nomophobia. The Turkish Journal on Addictions. 5 (3): 1-16




DOI: https://doi.org/10.34001/jtn.v3i1.2140

Article Metrics

Abstract view : 3784 times
PDF - 3602 times

Creative Commons License
Jurnal Tunas Nusantara is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

We are Proud Member of

Currently this Journal is Indexed by

1 Google Scholar3 Garuda7 moraref5 BASe