GERAKAN PENUMBUHAN BUDI PEKERTI UNTUK MENINGKATKATKAN SIKAP TANGGUNG JAWAB BAGI SISWA SD NEGERI 2 BANGSRI
Abstract
Karya ini bertujuan memaparkan tentang gerakan penumbuhan budi pekerti untuk meningkatan sikap tanggung jawab. Berdasarkan analisis raport mutu bahwa pada dimensi sikap perlu adanya peningkatan sikap tanggung jawab sehingga dapat menciptakan sekolah yang berbudaya mutu. Gerakan penumbuhan budi pekerti dilakukan di SD Negeri 2 Bangsri tahun pelajaran 2018/2019. Teknik pengumpulan data dengan cara monitoring dan evaluasi. Teknik monitoring untuk mengetahui apakah program penumbuhan budi pekerti berjalan dengan baik. Teknik evaluasi menggunakan lembar observasi sikap tanggung jawab. Untuk indikator kinerja dalam gerakan penumbuhan budi pekerti minimal 70% meningkat pada sikap tanggung jawab. Instrumen penilaian diperoleh berdasarkan indikator sikap tanggung jawab. Dari hasil analisis data, rata-rata nilai sikap tanggung jawab adalah 80% atau berada pada kategori baik. Selain itu, siswa merespon positif terhadap gerakan penumbuhan budi pekerti. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan bahwa gerakan penumbuhan budi pekerti dapat meningkatkan sikap tanggung jawab bagi siswa SD Negeri 2 Bangsri.
Full Text:
PDFReferences
Kemdikbud, 2016. Buku Panduan Pelaksanaan Gerakan Penumbuhan Budi Pekerti. Jakarta.
Parmi, Isnu, 2011. Pengembangan Pendidikan Karakter Budaya dan Karakter Bangsa Melalui Pembelajaran Matematika di SD. PPPPTK
Kemdikbud, 2010. Kerangka acuan Pendidikan Karakter Tahun Anggaran 2010. Jakarta
DOI: https://doi.org/10.34001/jtn.v1i1.1594
Article Metrics
Abstract view : 192 timesPDF - 328 times
Jurnal Tunas Nusantara is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
We are Proud Member of
Currently this Journal is Indexed by