EFEKTIVITAS MODEL PBL MENGGUNAKAN MEDIA LAGU RUMUS MATEMATIKA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR

Wulan Sutriyani, Herwin Widyatmoko

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model pembelajaran Problem Based Learning menggunakan media lagu rumus matematika dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas V Sekolah Dasar dan untuk menguji perbedaan antara efektifitas penggunaan model pembelajaran Problem Based Learning media lagu rumus matematika pada kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen semu (quasi experiment research).Sempel penelitian ada 30 siswa yaitu, 15 siswa sebagai kelompok eksperimen dan 15 siswa sebagai kelompok kontrol.Dari uji t yang telah dilakukan pada hasil belajar matematika, dapat diketahui bahwa hasil kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. T hitung  3,469> T tabel 2,145 dapat disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini berarti ada perbedaan rata-rata hasil belajar antara kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Sehingga, ada perbedaan efektivitas yang signifikan antara penggunaan model pembelajaran PBL dengan model konvensional untuk meningkatkan hasil belajar dalam mata pelajaran Matematika pada Siswa Kelas V SD N Tahunan Tahun Pelajaran 2019/2020.


Full Text:

PDF

References


Aizid, R. 2011.Sehat dan Cerdas dengan Terapi Musik.Yogyakarta: Laksana.

Alfian, dkk. 2015. Efektivitas Pembelajaran Model PBL Menggunakan AudioVisual untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Mapel IpaKelas VII.Unnes Physics Education Journal.http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/upej. ISSN 2252-6935

Astari, Fajar Ayu, Suroso, dan Yustinus. 2018. Efektivitas Penggunaan Model Discovery learning dan Model Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas 3 SD. .Jurnal basicedu prodi PGSD FIP UPTT 2018.Vol. 2 No.(1) 1-10.

Gustiana, Andri, Nurhayati, dan Budi Mulyanto. 2015. Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X SMA Negeri 5 Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2015/2016. Lubuklinggau

Hariyati, Endang, Mardiyana, Budi Usodo. 2013. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI) dan Problem Based Learning (PBL) pada Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Multiple Intelligences Siswa SMP Kabupaten Lampung Timur Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. Vol. 1 No.(7) 721-731.

Heller dan Heller. 2010. Pedagogi pemecahan masalah. http://sondangrina.blogspot.com/2013/03/pedagogi-pemecahan-masalah.html diakses 9 mei 2013

Nestri Indah Wulandari, Astuti Wijayanti, Widodo Budhi. 2018. Efektivitas Model Pembelajaran Problem Based Learning terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau dari Kemampuan Berkomunikasi Siswa.jurnalfkip.unram.ac.id/index.php/JPM/article/view/538.Vol.13 No.1.

Parasamya, Cut Eka dan Agus Wahyuni. 2017.Upaya Peningkatan Hasil Belajar Fisika Siswa melaluiPenerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL),” jurnal ilmiah mahasiswa (jim). Vol 2 No. (1) 42–49.

Siswanto, Maridi, dan Marjono. 2012. Pengaruh Model Problem Based Learning ( PBL ) terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa Kelas VII SMP Negeri Surakarta Tahun 2011/2012.Vol. 4 No. (2) 53-59.

Susanto.2015.Meningkatkan Kemampuan Kreativitas Berpikir denganModel Pembelajaran Problem Based Learningpada Pelajaran Kewirausahaan.Universitas Negeri Surabaya..https://www.koranmuria.com/2015/06/30/6924/banyak-siswa-sd-di-jepara-yang-tinggal-kelas.html

Wijayanti, Ari, dan Taat Wulandari. 2016. Efektivitas Model CTL dan Model PBL terhadap Hasil Belajar IPS. Jurnal Pendidikan IPS. Vol. 3 No. (2) 112-124.




DOI: https://doi.org/10.34001/jtn.v2i2.1502

Article Metrics

Abstract view : 538 times
PDF - 560 times

Creative Commons License
Jurnal Tunas Nusantara is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Currently this Journal is Indexed by

1 Google Scholar3 Garuda7 moraref5 BASe