IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER MELALUI GERAKAN PRAMUKA SEBAGAI EKSTRAKURIKULER WAJIB PADA KURIKULUM 2013 SEKOLAH DASAR DI MASA PANDEMI COVID-19

Queen Elvina Sevtivia Asrivi

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui dan mendeskripsikan pendidikan karakter melalui ekstrakurikuler Pramuka di masa pandemi Covid-19 di SDN Rembul 2 Kecamatan Bojong berikut faktor pendukung dan hambatannya. Kebijakan ditiadakan ekstrakurikuler Pramuka selama pandemi dengan alasan kesehatan dan keselamatan stakeholder sekolah. Selain itu faktor geografis dan jarak sekolah dengan rumah siswa yang jauh. Penanaman nilai disiplin dan tanggung jawab dilaksanakan pada pembelajaran terutama pelaksanaan 3M (Mencuci tangan, Menggunakan Masker dan Menjaga jarak) dengan pengawasan guru. Selain itu kegiatan Madrasah Ibtidaiyah (MDA) dilaksanakan setelah pulang sekolah berkontribusi membentuk karakter siswa dan membentuk akhlak mulia. Faktor pendukung ekstrakurikuler Pramuka diantaranya SDM guru dan sarana yang mencukupi untuk latihan dan mengikuti Jamran Penggalang Pramuka. Faktor penghambat yaitu penanaman nilai yang belum seutuhnya diterima siswa. Hal tersebut diatasi dengan pendekatan apresiasi atas usaha yang diperoleh oleh guru yang merangkap sebagai pembina Pramuka sehingga siswa semangat mengikuti ekstrakurikuler dan membentuk kepercayaan diri. 

Kata Kunci: Ekstrakurikuler Pramuka, Pendidikan Karakter, Madrasah Diniyah, Covid-19


Full Text:

PDF

References


Aji, A. H. (2016). Pendidikan Karakter dalam Ekstrakurikuler Pramuka di SMP Negeri 1 Yogyakarta. Kebijakan Pendidikan, V(1), 82–96.

Arumdani, A. S. (2018). Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa melalui Kegiatan Ekstrakurikuler. Pedagogi, XVIII(1), 1–9.

Dahliyana, A. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter melalui Kegiatan Ekstrakurikuler di Sekolah. Jurnal Sosioreligi, 15(1), 54–64.

Damanik, S. A. (2014). Pramuka Ekstrakurikuler Wajib di Sekolah. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 13(2), 16–21.

Farikha Rahayuningrum. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter melalui Kegiatan Pramuka pada Anak Kelas Atas di SD 3 Tenggeles Mejobo Kudus. Skripsi PGSD UMS, 2(2), 65–72.

Heri, Zulfan Saam, I. (2018). Pengelolaan Program Ekstrakurikuler di Sekolah Dasar Negeri 005 Binuang Kecamatan Bangkinang Kabupaten Kampar. Jurnal Manajemen Pendidikan Penelitian Kualitatif, 2(3), 333–339.

Inriyani, Y., Wahjoedi, W., dan Sudarmiatin, S. (2016). Peran Kegiatan Ekstrakurikuler untuk Meningkatkan Prestasi Belajar IPS. Prosiding Seminar Nasional Mahasiswa Kerjasama Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kemendikbud, 1, 1–7.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2010 Tentang Gerakan Pramuka, Undang-Undang Republik Indonesia (2010).

Khairunnisa, Yusuf Nasir, T. (2018). Pengelolaan Kegiatan Ekstrakurikuler di SD Negeri Cot Meuraja Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 3(1), 46–54.

Lickona, T. (2015). Educating for Character Mendidik untuk Membentuk Karakter. Bumi Aksara: Jakarta.

Muhammad. (2010). Pembentukan Karakter Anak SD/MI Melalui Pendidikan Pramuka. Elementary: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 1(2), 10–17.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No 63 Tahun 2014 tentang Pendidikan Kepramukaan, 1 (2014).

Rosyadi, A. R., Mujahidin, E., dan Muchtar, A. (2013). Kebijakan Pemerintah Daerah tentang Wajib Belajar Madrasah Diniyah Awaliyah di Kabupaten Pandeglang. Ta’dibuna: Jurnal Pendidikan Islam, 2(1), 1.

Saepudin, J. (2018). Integrasi Pembelajaran Madrasah Diniyah Takmiliyah Ke Sekolah. Jurnal SMaRT (Studi Masyarakat Dan Tradisi), 04(02), 231–246.

Sugiyono.(2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suryanti, I., Arafat, Y. (2018). Implementasi Pendidikan Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab di SD Negeri 18 Air Kumbang. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 3(2), 200–206.

Suyahman. (2020). Pelaksanaan Pendidikan Karakter melalui Gerakan Pramuka di Era Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan, 29(2), 169–176.

Ulfah, I. A. (2017). Identifikasi Kegiatan Pramuka dalam Mengembangkan Karakter Disiplin Siswa di SD Negeri 01 Bolong Karanganyar. Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta, 1–14.

Wiyani, N. A. (1970). Format Kegiatan Kepramukaan sebagai Ekstrakurikuler Wajib di Madrasah Ibtidaiyah Dalam Kurikulum 2013. INSANIA : Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan, 19(1), 148–168.

https://radartegal.com/suspect-seribu-lebih-jumlah-kasus-covid-19-kabupaten-tegal-capai-862-orang.8445.html




DOI: https://doi.org/10.34001/jtn.v2i2.1483

Article Metrics

Abstract view : 2451 times
PDF - 1789 times

Creative Commons License
Jurnal Tunas Nusantara is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Currently this Journal is Indexed by

1 Google Scholar3 Garuda7 moraref5 BASe