PERANCANGAN VISUAL DAKWAH ISLAMI PUBLIC REMINDER MELALUI KONTEN KREATIF ILUSTRASI
Abstract
Perkembangan tekhnologi revolusi industri 4.0 memungkinkan masyarakat secara global menggunakan media sosial dalam berbagai aspek kehidupan. Inovasi dalam penyampaian dakwah kepada masyarakat diperlukan agar metode dakwah dapat berkembang dan mengikuti perkembangan zaman dan tekhnologi yang ada. Perancangan dakwah visual islami melalui konten kreatif ilustrasi akan menggunakan objek Ponpes Az Zahra Mlonggo dengan melihat subjek santri sebagai perbandingan dalam perancangan dakwah islami melalui konten kreatif ilustrasi. Analisis data kualitatif akan menggunakan metode alir dan metode perancangan akan menggunakan metode eksplosing dan glassbox. Hasil dari perancangan dakwah islami melalui konten kreatif ilustrasi merupakan sebuah pembaharuan dalam metode penyampaian dakwah pada masa milenial sekarang dengan menggunakan media kreatif yang diharapakan dapat menjadi public reminder sehingga dapat menambah ilmu, saling mengingatkan, dan merubah individu atau kelompok kepada arah kebaikan.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ardianto, Elvinaro. 2010. Metode Penelitian Untuk Public Relatios Kuantitatif Dan Kualitatif. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.
Azis, Moh Ali. 2004. Ilmu dakwah. Jakarta: Kencana.
Budiman, Kris. (2005). Ikonisitas: Semiotika Sastra dan Seni Visual. Yogyakarta: Buku Baik.
Karl, T. Ulrich & Steven, D. Eppinger. 2001. Perancangan dan Pengembangan Produk. Jakarta: Buku, Salemba Teknik. Diterjemahkan Nora Azmi dan Iveline Ane Marie.
KBBI, 2021, Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), [Online]
Kusrianto, A. (2007). Pengantar desain komunikasi visual.
Ladjamudin, A. B. B. (2005). Analisis dan desain sistem informasi. Yogyakarta: Graha Ilmu, 1, 1-6.
Lubis, Suwardi. 2007. System Komunikasi Indonesia. Medan: Bartong Jaya.
Miles, M.B & Huberman A.M. 1984, Analisis Data Kualitatif. Terjemahan oleh Tjetjep Rohendi Rohidi. 1992. Jakarta, Universitas Indonesia.
Moleong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Munandar, U. (1995). Dasar-Dasar Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat. Jakarta: Depdikbud.
Munawwir, A. W. (1997). Kamus al-Munawwir. Surabaya: Pustaka Progressif.
Munir dan Wahyu Ilahi. 2006. Manajemen Dakwah. Jakarta: Prenada Media.
Pamilu, A. (2007). Mengembangkan Kreativitas dan Kecerdasan Anak. Yogyakarta: Citra Media.
Rachmawati, Y. (2012). Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak. Prenada Media.
Rangkuti, Freddy. 2009. Strategi Promosi yang Kreatif. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Rohidi, T. R. (1984). Lintasan peristiwa & tokoh seni rupa Indonesia baru. IKIP Semarang Press.
Samsul Munir Amin, 2009. IlmuDakwah, Jakarta.
Saputra, Wahidin. 2011. PengantarIlmuDakwah, Jakarta: PT Raja GrafindoPersada.
Sugiyono. 2005. Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: CV. Alfabeta.
Syifaun, Nafisah. 2003. Komputer Grafik. Yogyakarta : Graha Ilmu.
Utami, M. (1992). Mengembangkan bakat dan kreativitas anak sekolah. Jakarta: PT. Gramedia Widiasarana Indonesia.
Ya’qub,Hamzah. 1981. Publistik Islam Teknik Dakwah dan Leader Ship, Bandung : CV. Diponegoro. cet Ke-2,
Jurnal
Aminudin, A. (2018). Konsep Dasar Dakwah. Al-Munzir, Hal 29-46.
Fiki, Septiawan. 2017. Pembuatan konten visual kreatif harian untuk media sosial produk PT. Sinar sosro menggunakan adobe creative cloud 2017Jurusan Teknologi Informatika dan Komputer, Studi Teknik Multimedia dan Jaringan, Politeknik Negeri Jakarta.
Habibi, Muhammad, Optimalisasi dakwah melalui media sosial di era milenial. Jurusan Komunikasi Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin, Adab, dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Pontianak.
Haq Chotib, Sjahidul. 2017. Aplikasi pendidikan dakwah menggunakan media komunikasi visual komik religi. Jurnal Studi Islam, Vol. 4
Ni’mah, Nilman. 2016. Dakwahkomunikasi Visual. Islamic Communication Journal, Vol 1 : 109 - 111
Nirwan Wahyudi. AR . 2017. Dakwah Melalui Desain Grafis (Studi Fenomenologi Aktivitas Dakwah Grafis pada Muslim Designer Community), Dakwah dan Komunikasi, Pascasarjana UIN Alauddin Makassar.
Pranata, Andi. 2016. Desain grafisakunberdakwahsebagai media dakwah (studideskriptifterhadap media sosial line). Komunikasi dan penyiaran islam, Fakultas Dakwah dan Komunikasi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Putra, A. (2012). N., Lakoro, Rahmatsyam. 2012. Perencangan Buku Ilustrasi Musik Keroncong. Jurnal Teknik POMITS, 1
Toybah, Nur Rizky. 2016. “DakwahKomunikasi Visual Melalui Instagram Akun @HADITSKU”Jurnal Al HiwarJurnalIlmu dan TekhnikDakwah, Vol. 04 :
Warda Firdausi Karimah . 2017. EtikaDakwahdalamPesanBerbentuk Desain Komunikasi Visual. Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Muhammadiyah Malang
Zulkarnaini, 2015. Dakwahislam di era modern, JurnalRisalah Vol. 26, No. 3.
DOI: https://doi.org/10.34001/jsuluh.v5i2.3589
Article Metrics
![](https://siakad.unisnu.ac.id/assets/images/icon-graph.png)
![](https://siakad.unisnu.ac.id/assets/images/icon-pdf.png)
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Suluh: Jurnal Seni Desain dan Budaya is lisenced under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Currently this Journal is Indexed
by