Perkawinan Masyarakat Samin dalam Perpektif Sosiologis dan Teologi

Kamto Kamto

Abstract


Artikel ini hendak mendiskusikan mengenai masyarakat samin serta kebudayaan yang ada di dalamnya. Salah satu bentuk kebudayaan masyarakat samin dapat terlihat dalam adat perkawinan mereka. Komunitas masyarakat samin di tanah air adalah salah satu dari heteroganitas bangsa yang kaya akan budaya dan corak kehidupan yang memiliki makna dan pesan-pesan filosofis untuk kalangan mereka. Inti ajaran samin ingin mengajak kepada manusia untuk memahami nilai-nilai kehidupan yakni penuh kejujuran serta kesederhanaan dan apa adanya, tanpa ada paksaan. Berlaku baik dan jujur merupakan syarat utama orang yang hidup di dunia ini, bahkan sikap tersebut bisa menjadi teladan bagi anak keturunannya. Ajaran Samin juga merupakan gerakan kebatinan dengan menggunakan Agama Nabi Adam sebagai legalitasnya. Pernikahan yang di praktekkan oleh masyarakat Samin tersebut merupakan tradisi atau kebudayaan yang berlaku secara turun temurun sebagai bagaian dari kekayaan kebudayaan bangsa. Keunikan dari tradisi pernikahan ala Samin ini terlihat pada kesepakatan calon suami dan istri yang saling menyatakan padha dhemene ( saling suka sama suka ) dan tanpa intervensi sedikitpun dari orang tua serta pengambilan jodoh dari dalam kelompok sendiri.


Keywords


Samin community, marriage, culture

Full Text:

PDF

References


Fathurrohman, Deden, 2003, Hubungan Pemerintah dengan Komunitas Samin:dalam Agama Tradisional.

Hutomo,Suripan Sadi,1996, Tradisi Blora,Semarang:Citra Almamater.

Kartodirdjo, Sartono,1984, Pemberontakan Petani Banten 1888, Kondisi, Jalan Peristiwa, dan Kelanjutannya (Terjemah Hasan Basri), Jakarta: Pustaka Jaya.

Mumfangati, Titi, et.al,2004, Kearifan Lokal di Lingkungan Masyarakat Samin, Kabupaten Blora Jawa Tengah, Yogyakarta: Jarahnitra

Pemkab Blora, 2016. “Samin Surontiko dan Ajarannya”,

dalam http://www.pemkabblora.go.id/sej arah-smin.htm, diakses tanggal 2 Oktober 2016

Sastroatmodjo, R.P.A Soerjanto,2003, Masyarakat Samin Siapakah Mereka?, Jogjakarta: Penerbit Narasi.

Suyami,2007, Kearifan Lokal di Lingkungan Masyarakat Samin Kabupaten Blora Jawa Tengah, Yogykarta: Kantor Pariwisata dan Kebudayaan Blora .




DOI: https://doi.org/10.34001/istidal.v3i2.688

Article Metrics

Abstract view : 287 times
PDF - 566 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c)



 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Creative Commons License

Isti'dal: Jurnal Studi Hukum Islam is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View My Stats